RSS

Tombol Fn Tidak Berfungsi [Laptop Toshiba Satellite L510]

13 Jul

Seharusnya pada hari ini aku kembali ke Rektorat untuk mengambil Surat Izin Rektor yang kemaren dijanjikan oleh Mbak Yolanda, Bagian Kerja Sama UNDIP. Oke, pagi-pagi aku sudah siap dan berangkat ke Semarang. Namun sesampai di sana, ternyata suratnya belum jadi :-(. Beruntunglah si Nela yang g jadi ke Semarang karena katanya lagi sakit. Sakit membawa berkah. Hahaha.

Yasudah, akhirnya diriku menyambangi kampusku dulu, sekadar untuk “maen”. Sebenarnya g cuma maen si, ada maksud di balik itu, hehehe. Karena di sana ada Lab. Komputer, maka aku mau me-“reparasi” laptopku. G tahu kenapa ketika aku utak-atik dulu (suka utak-atik tapi kadang g bisa balikin :-p) tiba-tiba tombol Fn tidak berfungsi. Tapi kasus di laptopku ini aneh, tombol Fn sebenarnya masih bisa berfungsi, soalnya ketika dipencet, nyala lampu kuning di bawah tombol F11. Namun, ada beberapa fungsi yang tidak bisa, seperti untuk menyalakan wireless dan bluetooth, sedangkan untuk brightness masih bisa berfungsi. Untungnya ketika saat aku utak-atik dan si Fn ngambek, wireless sudah nyala, jadi ya malah kebalik: nyala terus g bisa mati.

Awalnya aku pikir, install ulang saja lah, daripada repot-repot. Tapi ternyata itu bukanlah solusi yang tepat. Aku g tahu kenapa ya, tapi ketika aku install ulang, si laptop koq “masih sama saja” dengan yang dulu, hanya bedanya semua program ilang. Seharusnya kan wireless mati alias g nyala karena tidak ada drivernya, tapi koq ini masih nyala dan g mati. Begitulah, akhirnya aku hampirkan ni laptop yang bermasalah ke Lab. Komputer.

Aku akan sharingkan di sini, siapa tahu ada yang mengalami hal yang sama dengan diriku. Sebagai catatan laptopku adalah Toshiba Satellite L510.

Pertama, setelah laptop di install ulang, cari dulu driver-drivernya. Soalnya, kadang tidak ada backup driver pada CD install, bahkan untuk windows yang asli. Dan itu terjadi pada diriku. Kita bisa mendowload drivernya di sini. Situs itu tidak hanya terbatas pada Laptop Toshiba seri Satellite L510, tapi untuk semua seri koq. Driver-driver yang penting seperti Webcam, LAN, Bluetooth, Card Reader, Audio, dan Touchpad mutlak harus di download. Sebagai catatan, ada berbagai macam driver untuk satu fungsi, misalnya untuk Audio, ada Atheros, Realtek, maupun Intel. Dan itu untung-untungan, maksudnya seperti ini, download saja semuanya, dan install satu per satu,  soalnya kadang ada yang tidak match.

Kedua, untuk Laptop merk Toshiba, harus menginstall Toshiba Value Added Package (VAP). Fungsinya adalah untuk mengaktifkan tombol Fn. Kadang ada yang sudah menginstall VAP tapi tetap masih tidak bisa. Kalau seperti ini kasusnya, install juga Toshiba Hot Key Utilities (HKU). Fungsinya sama seperti VAP, untuk mengaktifkan tombol Fn. Download aja keduanya, search aja, dengan tipe Laptop serta OS-nya, ada banyak koq. Insya Allah setelah itu tombol Fn sudah bisa berfungsi lagi. Hehehe.

Normalnya, setelah tombol Fn ditekan, akan muncul seperti “floating menu” yang letaknya di atas, seperti ini:

Nah, untuk kasusku yang “aneh”, ketika tombol Fn dipencet, tidak akan muncul floating menu seperti di atas. Nah, stres kan gw, kenapa g muncul, tapi lampu kuning di bawah F11 hidup, yang menandakan kalau tombol Fn berfungsi dan tidak rusak. Setelah browsing (di-browsing-in temenku si di Lab. Komputer, hehehe), ternyata ada satu lagi, yaitu kita harus me-restart Flash Cards. Letak dari Flash Cards ini ada di:
Start -> All Programs -> TOSHIBA -> Utilities -> Restart Flash Cards.

Nah, yang jadi masalah lagi adalah, apakah kita harus me-restart Flash Cards setiap kali kita menyalakan laptop? Itu bisa diatasi dengan menempatkan Restart Flash Cards pada menu Startup, sehingga setiap kali Laptop dinyalakan, secara otomatis akan merestart sendiri. Pindahkan saja Shortcutnya di Startup, di:
C:\Users\XXX\AppData\Roaming\Microsoft\Windows\Start Menu\Programs\Startup

*Ket: XXX isi dengan nama User Anda.

Untuk jaga-jaga saja, lebih baik Laptopnya direstart juga.
Semoga Membantu :-).

 
17 Comments

Posted by on 13 July 2012 in Diary, IT, Tips

 

Tags: , , , , ,

17 responses to “Tombol Fn Tidak Berfungsi [Laptop Toshiba Satellite L510]

  1. ARa

    7 October 2012 at 01:39

    Laptop Thoshiba Satellite L510 ane lebih sedih lagi gan….tiap mau maen game harus intal lagi driver VGAnya……kalok gak….pada “not responding” mua……..
    ane intal Windows 7 Ultimate….suport gak gan?????

     
    • Mujiya Ulkhaq

      16 October 2012 at 17:51

      setahuku support deh.. soalnya itu kan versi ter”atas” dari win.7

       
  2. Syafri Waldi

    5 December 2012 at 00:03

    di laptop ane tak ada restart flash cards nya om..,gmana donk…?
    laptop ane toshiba satellite L745..
    kasusnya sama dg yg si om alami…..

     
  3. yenri

    13 March 2013 at 17:19

    mas, mau nanya neh.. laptop ane merk byon, lampu indikator wirelessnya tidak menyala, pas di tekan Fn+F3(tombol mengaktifkan wireless) tidak aktif. saya cek di device manager, device/hardwarenya tidak terdeteksi. saya sudah install ulang drivernya semua, install ulang windows juga tetap aja ga ngaruh. tolong dibantu y mas…

     
    • Mujiya Ulkhaq

      22 March 2013 at 16:38

      bisa jadi drivernya g pas.. itu driver bawaan apa download sendiri

       
  4. irfan

    5 April 2013 at 20:17

    gan,,download toshiba hot key utility nya kog gk ad di situs toshiba-asia.com?

     
  5. Mujiya Ulkhaq

    6 April 2013 at 09:12

    heum…. coba googling aje… gw juga dulu g ngambil dari situs toshiba koq

     
  6. rafi

    19 May 2013 at 19:39

    kak, laptop Toshiba sama kyk sma postingan . .. , tpi d utilities gag ad restart flash cardnya??
    gmna donk?

     
    • Mujiya Ulkhaq

      1 June 2013 at 21:00

      heu…? lha koq bisa gmana,, kkkk

       
  7. Rayyan Hayat

    27 June 2013 at 22:46

    Bro..ane ada masalah nieh,laptop ane l745,dia klo panas kadang mati sendiri,tp klo d standby d ac mau nyala brp hari jg ga mati,waktu ane shutdown dan masih ane kasih standby jg d ac,tau2 pagi2 itu laptop berair kena embun ac,trus ane jemur dan masih bs nyala,tp kasusnya waktu ane mau kerja d word,beberapa tombol d keyboard ada yg ga berfungsi dan ada jg yg ngaco,itu knp ya bro?thanks sebelumnya..

     
    • Mujiya Ulkhaq

      5 July 2013 at 14:30

      waduh, overheat ya mungkin, fan-nya bermasalah. itu sering dipake di atas kasur ya,, biasanya klo gitu karena panas di dalam laptop g keluar.
      klo masalah tombol keyboard g bisa mungkn g ada hubunganya kali y dg overheat.bisa jadi kotor dalemnya…

       
  8. kadek

    12 September 2013 at 14:04

    aq ud nyoba buka situs ttg restart flash card yang ga ada di start up.kok ga bisa juga ya?laptopku satellite L510, toshiba utilitiesnya ga ada restart flash card. fn lap top ku g fungsi.gmn bos?

     
    • Mujiya Ulkhaq

      17 September 2013 at 12:22

      udah download driver di situs toshiba? kemudian download and reinstall toshiba value added package?
      then cari flash di “Start” (ketik flash), you should see ‘Restart Flash Cards’ and ‘Settings for Flash Cards’.
      click ‘Restart Flash Cards’,
      then ulangi lagi tapi sekarang clik ‘Settings for Flash Cards’ and make sure there is NOT a check mark on ‘Disable all function keys’, click ‘Apply’ and ‘OK’.
      Restart…. Then try the ‘Fn+Fx’ keys again.

      Hopefully membantu ^_^

       
  9. Bobby

    20 September 2013 at 18:10

    Thanks Masukannya

     
  10. yudha

    17 July 2014 at 20:30

    gan laptop saya toshiba l745 abis di flash ulang , saat di tekan fn tidak muncul flash cardnya , saat instal driver flash card toshiba gagal terus,,solusinya gimana?? apa harus instal toshiba value added package

     
    • Mujiya Ulkhaq

      24 July 2014 at 17:30

      iya coba di-install

       

Leave a Reply

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

