RSS

Pasar Taman Puring – Berbelanja Murah dengan Kualitas yang Tak Kalah

07 Jul

Sebenarnya sudah lama aku ingin pergi ke Pasar Taman Puring (disebut Taman Puring atau Tampur aja ya biar singkat, hehe). Kata temen si, udah di Jakarta, rugi kalau g pernah mengunjungi Taman Puring. Memang apa si istimewanya si Taman Puring ini. Dulu si kata temenku dari Jakarta, kalau dia mau beli sepatu dia ke Taman Puring, katanya di sana banyak sepatu-sepatu bagus dari merk-merk terkenal namun dengan harga miring. Heum.. patut dicoba itu. Aku memang lagi pengen hunting barang-barang buat nanti aku ke Korea. Katanya kalau beli di sana, mahal sangat, sepatu aja bisa sampe 500.000 Won alias hampir empat juta! Doeng… Plus aku udah bokek ni, sekarat, kantong kempis, gara-gara ngurus ini-itu, yah.. namanya juga perjuangan, hehehe.

sumber gambar: detik.travel

Dan akhirnya aku kesampaian juga ke Taman Puring. Dengan ditemani temenku, kita berangkat ke sana. Sebelumnya aku yang belum pernah ke sana terus terang bingung, soalnya tidak ada jalur busway ke sana. Mentok sampe di Blok M. Dan akhirnya kita nyari tahu dulu angkot atau bus yang ke arah Taman Puring. Ternyata dari Blok M banyak bus yang ke arah Taman Puring. Cari aja yang arah Gandaria atau Ciledug, itu lewat Taman Puring. Di antaranya: Metromini S 69; Metromini S 70; Metromini S 71; Metromini S 73; Metromini S 74; Metromini S 618; Kopaja S 608; Kopaja S 609; dan Bus P 28.

Setelah aku searching, ternyata Taman Puring sudah eksis sejak tahun 1960an. Antara tahun 1980-1990an, Taman Puring sempat dijauhi masyarakat karena menjadi pasar gelap, di mana para kriminal menjual barang hasil jarahannya. Namun, kini Taman Puring sukses berbenah diri. Sejak terbakar pada tahun 2002, Taman Puring berbenah dan berhasil membunuh image negatifnya. Dan kini, Taman Puring menjadi destinasi belanja yang favorit untuk warga Jakarta dan sekitarnya. Taman Puring terdiri dari dua lantai. Lantai satu untuk kios penjual, sedangkan lantai dua lebih didominasi untuk service, seperti service alat-alat elektronik.

Satu produk yang tampaknya sangat mendominasi Taman Puring adalah sepatu, meski selain sepatu ada pula produk lain yang dipasarkan, antara lain: jam tangan, tas, dan onderdil sepeda motor & mobil. Berragam jenis sepatu dijajakan di sini, mulai dari sepatu kulit, sepatu gunung, sepatu futsal, hingga sepatu gaul khas anak muda. Sepatu cowok tampaknya lebih mendominasi di sini. Berragam merk ternama, mulai dari Adidas, Caterpillar, Nike, Reebok, Karrimor, Vans, hingga Converse tersedia dalam berbagai model dan warna.

Yang membuat pasar ini sangat diminati oleh warga adalah harga barang-barang yang miring. Sepatu-sepatu bermerk tersebut dijual dengan harga rata-rata 200-300 ribu rupiah saja! Sepatu merk Caterpillar dibanderol dengan harga Rp 350.000, sedang Adidas rata-rata Rp 200.000! Bandingkan dengan harga aslinya yang bisa mencapai satu juta! Harga yang relatif murah ini dikarenakan barang-barang yang dijual memang bukan asli. Kebanyakan barang yang dijual di sini adalah KW, atau kualitas di bawah barang asli. Namun, kualitasnya bagus dan tentu saja buatan negeri sendiri! Ada juga barang yang tidak lolos QC dari perusahaan aslinya. Entah itu berserabut, cacat dikit, macem-macem lah item cacatnya. Akupun beli sepatu Adidas dengan Harga Rp 160.000, dan itu disertai dengan perjuangan yang sangat. Jadi, keahlian menawar sangat diperlukan di sini. Hehehe

Walaupun didominasi oleh barang-barang khusus lelaki, pasar ini juga menjual barang khusus wanita. Ada tas, sepatu, hingga beragam aksesori seperti gelang, kalung, dan jam tangan. Beberapa kios juga menjual ‘sepatu cantik’ seperti flat shoes, wedges, juga high heels. Tentunya, harganya sama murah dengan barang-barang lainnya.

Salah satu hal yang jadi kekurangan mungkin adalah luas areanya yang tergolong sempit. Letak para penjual satu dengan lainnya sangat dekat, sehingga dempet-dempetan bukanlah menjadi hal yang langka. Alhasil, panas dan gerah menjadi santapan para pemburu produk murah di sini. Para penjual juga kadang tidak mempunyai stock barang. Jadi mereka memajang semua produknya, ketika ditanya, Bang ada yang lain g, atau minta yang masih di dalam, mereka akan menjawab kalau mereka tidak punya. Semua produk sudah dipajang dan tidak ada yang disimpan.

So, bila mau berbelanja murah namun dengan kualitas yang tak kalah, Pasar Taman Puring patut dijadikan referensi. Dan yang tidak ketinggalan adalah jangan lupakan seni menawar.πŸ˜€

 
11 Comments

Posted by on 7 July 2012 in Belanja, Diary, Travelling

 

Tags: , , , ,

11 responses to “Pasar Taman Puring – Berbelanja Murah dengan Kualitas yang Tak Kalah

  1. awang

    2 March 2013 at 01:40

    kalau beli disana,ada struk bon nya kagak ya boy?

     
    • Mujiya Ulkhaq

      2 March 2013 at 10:38

      kurang tahu, ya, gw beli beberapa kali g pernah dapet. mungkin karena g minta kali ya.. mungkin kalo kiosnya agak gedhe and minta bakal dikasih… coba aja, hehehe

       
  2. winnymarch

    16 May 2013 at 11:12

    sepatu unutk ceweknya bgus gk gan?

     
    • Mujiya Ulkhaq

      16 May 2013 at 15:49

      kebanyakan buat cowok si, hehehe
      yang cewek,, wah tergantung seleranya ya, kkk

       
      • winnymarch

        16 May 2013 at 16:03

        yg cewek sedikit ya

         
      • Mujiya Ulkhaq

        17 May 2013 at 00:33

        iyup

         
  3. renoluvian

    10 January 2014 at 19:59

    disana ada toko2 laptop ga ya.. sapa tau ada laptop BM murah wkwkwk..

     
    • Mujiya Ulkhaq

      14 January 2014 at 12:03

      setahuku cuman sepatu and tas..

       
  4. UKHY

    1 December 2014 at 23:23

    10000 WON BERAPAH RUPIAH

     
    • Mujiya Ulkhaq

      2 January 2016 at 13:48

      ini salah komen ya harusnya di post ttg money changer…
      lihat kursnya dong ukhy

       

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: