RSS

Puasa Sunnah Senin-Kamis, Keutamaan dan Keberkahannya

12 Jul

Postingan kali ini berkaitan dengan pertanyaan seorang teman yang menanyakan keutamaan berpuasa pada Hari Senin dan Kamis. Nah, mumpung ini adalah hari kamis dan pas aku juga sedang menjalankan ibadah puasa sunnah senin-kamis, so kiranya cocok kalau aku posting yang berkaitan dengan hal ini. Semoga postingan kali ini, yang aku sarikan dari beberapa sumber, dapat menjadi referensi yang bermanfaat bagi siapa saja yang membacanya, syukur-syukur dapat mengajak kita semua Umat Islam untuk mengamalkan ibadah puasa sunnah Senin dan Kamis yang banyak sekali faedahnya. Amin.

Pertama adalah mengenai waktu: Mengapa hari Senin dan Kamis? Apa sih keutamaan dua hari itu, mengapa kita disunnahkan berpuasa padai hari itu?

Ada beberapa hadist terkait dengan hal ini.

  1. Dari Abu Qotadah Al Anshori r.a., Rasulullah s.a.w. pernah ditanya mengenai puasa pada hari Senin, lantas beliau menjawab,
    ذَاكَ يَوْمٌ وُلِدْتُ فِيهِ وَيَوْمٌ بُعِثْتُ أَوْ أُنْزِلَ عَلَىَّ فِيهِ
    yang artinya, “Hari tersebut adalah hari aku dilahirkan, hari aku diutus atau diturunkannya wahyu untukku.” (HR. Muslim)
  2. Dari Abu Hurairah r.a., Rasulullah s.a.w. bersabda,
    تُعْرَضُ الأَعْمَالُ يَوْمَ الاِثْنَيْنِ وَالْخَمِيسِ فَأُحِبُّ أَنْ يُعْرَضَ عَمَلِى وَأَنَا صَائِمٌ
    yang artinya “Berbagai amalan dihadapkan (pada Allah) pada hari Senin dan Kamis, maka aku suka jika amalanku dihadapkan sedangkan aku sedang berpuasa.” (HR. Tirmidzi).
  3. Dari ‘Aisyah, r.a., beliau mengatakan,
    إِنَّ رَسُولَ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- كَانَ يَتَحَرَّى صِيَامَ الاِثْنَيْنِ وَالْخَمِيسِ
    yang artinya, Rasulullah s.a.w. biasa menaruh pilihan berpuasa pada hari Senin dan Kamis.” (HR. An Nasai dan Ibnu Majah)

Kedua adalah mengenai keutamaan dan keberkahannya.

  1. Pintu-pintu surga di buka pada dua hari tersebut. Pada saat inilah orang-orang Mu`min diampuni, kecuali dua orang Mu`min yang sedang bermusuhan. Dalil yang menguatkan hal ini adalah hadits yang termaktub dalam shahih Muslim dari Abu Hurairah r.a., bahwa Rasulullah s.a.w. bersabda, “Pintu-pintu surga di buka pada hari Senin dan Kamis. Maka semua hamba yang tidak menyekutukan Allah dengan sesuatu apapun akan diampuni dosa-dosanya, kecuali seseorang yang antara dia dan saudaranya terjadi permusuhan. Lalu dikatakan, ‘Tundalah pengampunan terhadap kedua orang ini sampai keduanya berdamai, tundalah pengampunan terhadap kedua orang ini sampai keduanya berdamai, tundalah pengampunan terhadap orang ini sampai keduanya berdamai.’ ” (HR. Muslim).
  2. Keutamaan dan keberkahan berikutnya adalah bahwa amal-amal manusia diperiksa di hadapan Allah pada kedua hari ini. Sebagaimana yang terdapat dalam shahih Muslim dari Abu Hurairah r.a., dari Rasulullah s.a.w. bersabda, “Amal-amal manusia diperiksa di hadapan Allah dalam setiap pekan (Jumu’ah) dua kali, yaitu pada hari Senin dan Kamis. Maka semua hamba yang beriman terampuni dosanya, kecuali seorang hamba yang di antara dia dan saudaranya terjadi permusuhan…” (HR. Muslim).
    Karena itu, selayaknya bagi seorang Muslim untuk menjauhkan diri dari memusuhi saudaranya sesama Muslim, atau memutuskan hubungan dengannya, ataupun tidak memperdulikannya dan sifat-sifat tercela lainnya, sehingga kebaikan yang besar dari Allah Ta’ala ini tidak luput darinya.

Wallahu a’lam bish showab.

Semoga bermanfaat ^_^

 
Leave a comment

Posted by on 12 July 2012 in Diary, Islam

 

Tags: , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: