RSS

Menjadi Pribadi yang Berpengaruh

14 Jul

Hari ini aku diminta untuk mengisi materi Leadership Training (LT) di Program Studi D3 Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro. Acara ini merupakan acara tahunan dari Himpunan Mahasiswa D3 Teknik Elektro. Acara ini merupakan program kerja rutin dari Departemen Pengembangan Sumber Daya Manusia (PSDM). Sebenarnya sudah sekitar dua tahun aku meninggalkan dunia organisasi kampus, tapi ternyata masih laku juga. Hahaha.

Acara ini sendiri dilaksanakan selama tiga hari dua malam, dari Hari ini, Sabtu, 14 Juli 2012 sampai Senin, 16 Juli 2012. LT merupakan kegiatan yang ditujukan kepada mahasiswa yang menjadi fungsionaris suatu organisasi, bisa di Himpunan Mahasiswa, BEM, atau pun organisasi yang lain. Jadi bukan untuk mahasiswa baru, atau secara tepatnya, untuk mahasiswa semester 3. Aku kebagian materi Menjadi Pribadi yang Berpengaruh. Waktu yang diberikan sekitar 90 menit: 60 menit untuk materi dan 30 menit untuk tanya jawab. TOR-nya adalah sbb:

  1. Menjelaskan pentingnya berperan aktif dalam kegiatan;
  2. Memotivasi peserta untuk tidak hanya berpartisipasi namun juga berkontribusi bagi Jurusan, Fakultas, dan Universitas;
  3. Membuka wawasan untuk berfikir kritis, tanggap, dan solutif;
  4. Memberikan pemahaman bagaimana menjadi pribadi yang dapat menarik perhatian secara positif;
  5. Menjelaskan bagaimana memusatkan komunikasi dengan baik;
  6. Memberikan simulasi menjadi pemimpin yang dapat membuat perubahan positif bagi lingkungan organisasi.

Aduh, absurd banget si menurutku TOR-nya. Lagian materi ini tu juga aneh, judulnya juga ruwet, wes g ada jluntrungannya lah kalo menurutku. Sebagai catatan, ketika jadi aktivis dulu, aku bukan tipe aktivis yang suka memberi motivasi dan berretorika. Terus terang, itu g guwe banget. Jadi, ketika aku mengisi suatu kegiatan, aku pastikan kalau peserta mendapatkan “sesuatu”, pengetahuan baru lah, g hanya materi yang isinya teriak-teriak, ngacungin tangan, dan isinya udah pada tahu semua. Hehehe. Jadi, aku tanya tuh pada si Ketua-nya anak-anak butuhnya apa.

Ketika sharing, terkuaklah kalau salah satu problematika ketika jadi aktivis adalah prestasi akademis yang jeblok atau secara kasarnya, IP-nya buruk. Oh gitu, ya sudah aku nanti akan masuk ke situ. So, nanti ketika melihat materiku, g ada nyambung2nya sama Menjadi Pribadi yang Berpengaruh, hahaha. Untuk “penghubung”, ya aku hubung2in aja di depan. Wakakaka. Intinya dan tujuan utamaku adalah agar peserta memahami cara agar berprestasi, terutama di bidang akademis, biar imbang gitu, antara kegiatan ekstra dengan kegiatan intra kampus, yakni kuliah. Soalnya aku miris kalau melihat aktivis yang, maaf kalau ada yang tersinggung, IP-nya jelek. Terus terang aku merasa malu, dulu ketika menjadi aktivis, IP-nya buruk. Malu lah, berkoar-koar kalau “kopong” alias g ada intinya. Jadi, kalian kalau ada yang sebagai aktivis, please, jangan pernah nyepelein yang namanya kuliah, IP jangan sampai jeblok. Lagian kalian akan bangga kan kalau aktivis plus punya prestasi akademis. Iya kan?

Berikut adalah materi yang aku sampaikan. Semoga bermanfaat๐Ÿ™‚.

 
2 Comments

Posted by on 14 July 2012 in Diary, Lain-lain

 

Tags: , , , ,

2 responses to “Menjadi Pribadi yang Berpengaruh

  1. Intan Fithria

    29 September 2012 at 20:43

    tengkyu materinya ka’, its very useful๐Ÿ™‚

     
    • Mujiya Ulkhaq

      19 October 2012 at 09:03

      yup sama2….

       

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: