RSS

Pengurusan SP Setneg (4)

16 Jul

Setelah Jumat kemaren aku ke Rektorat dengan sia-sia, kali ini, Senin, aku berangkat ke Semarang dengan optimisme serta perasaan harap-harap cemas. Optimisme karena aku yakin kali ini suratnya sudah selesai, perasaan harap-harap cemas karena waktunya udah mepet sekali. Deadline pengumpulan berkas untuk pengumpulan SP Setneg di DIKTI adalah 20 Juli, sedangkan tanggal 18-20 Juli, Mbak Citra, dikabarkan akan tugas di luar kota. Waduh, kalau begitu mau tidak mau hari ini harus kelar dan sorenya harus berangkat ke Jakarta buat nyerahin semua berkas kelengkapan (berangkat hari ini besok sampai Jakarta, langsung ke DIKTI, hedeh).

Aku naek bus dari Kudus sekitar pukul 05.15, pagi banget emang. Kalau mau naik Nusantara emang harus pagi banget, biar dapet tempat duduk plus g ketinggalan bus. Di Semarang sampai sekitar pukul 07.00, dan langsung aku naik bus kota ke arah Tembalang. Buset, sekarang tarif bus kota dari Terminal Terboyo ke Tembalang Rp 6.000, mahal amat, masa sama dengan tarif bus Kudus-Semarang, heran deh. Tahu gitu mending aku naik Bus Solo berhenti di depan ADA Srondol cuma 3000 perak😦.

Sesampai di Rektorat, ternyata Mbak Yolanda belum ngapa2in, hedeh. Pas aku dateng, dia kelabakan dan bilang, “Bentar ya Mas”, sambil ngeberesin surat-surat dan baru mau ngeprint. Owowow, Oke mbak, ya udah aku tungguin aja, biar kerja, wakakaka. Tak lama, si Nela menyusul datang ke Rektorat, dan akhirnya kita berdua nongkrong di ruang Bagian Kerjasama nungguin Mbak Yolanda yang mondar-mandir nyari ngurusin surat kita berdua, hehehe.

Sambil menunggu itu, kita berdua sepakat untuk mesen tiket bus ke Jakarta sore nanti, langsung. Kalau beli tiket kereta via IndoMaret kan minimal harus satu hari sebelumnya, sedang kalau mau ke Stasiun males, lama, dan jauh. Mending naik bus saja, yang lebih deket plus bisa mesen via telepon, hehehe. And finally, aku telepon Agen Bus Kramat Jati, dan pesen tiket untuk tiga orang: aku, Nela, dan satu temennya Nela yang juga mau ke Jakarta. Berangkatnya dari Terminal Banyumanik, deket, jadi g perlu ke bawah, seperti kalau naik bus lain yang ke arah Jakarta.

Akhirnya, sekitar jam 12 siang surat kami sudah jadi. Ternyata banyak juga suratnya. Mbak Yolanda memberi lima amplop surat, yang kelimanya ditujukan ke: DIKTI (Dir. Diktendik & Kasubdit Kualifikasi), BP&KLN, serta tembusan ke Dekan dan aku pribadi. Isinya adalah surat pengantar dari Universitas Diponegoro yang ditandatangani oleh PR I yang isinya memohonkan izin pengurusan SP Setneg bagi aku yang akan melanjutkan tugas belajar S2 ke Kyung Hee University, Rep. of Korea. Selain itu, juga dilampirkan sebagai bahan pertimbangan: surat izin dari rektor (melalui PR I), LoA (Letter of Acceptance), Daftar Riwayat Hidup, Fotocopy KTP, pernyataan tidak menerima beasiswa dari lembaga mana pun, Guarantee Letter, Surat Perjanjian Bermaterai, semua itu dilampirkan sebanyak 4 rangkap (satu asli), dan pas foto ukuran 4×6 background putih sebanyak 8 lembar. Semua ini sudah pernah aku bahas pada postingan yang lalu. Karena Guarentee Letter (GL)-ku belum aku terima, maka secara otomatis aku memang harus ke DIKTI ketemu dengan Mbak Citra untuk mendapatkan GL-ku tersebut (katanya si sudah jadi) untuk melengkapi berkasku tersebut.

Setelah urusan di Rektorat kelar, kami (aku dan Nela) langsung ke Dekanat untuk memfotocopy semua berkas plus memberikan surat tembusan ke Dekan. Karena saat itu Dekanat sedang istirahat dan waktu kami sangat berharga, hehehe, maka ya aku titipkan saja suratku ke Ketua Bagian Tata Usaha, Bu Sukasmi. Aku kemudian diberi tahu agen bus kalau bus telat datangnya, yang seharusnya datang pukul 18.30 kemungkinan akan datang pukul 22.00, Masya Allah. So, sampai di Jakarta kemungkinan pukul 09.00 pagi. Yasudah lah, yang penting sampe Jakarta, masalah kecil kaya gini mah kagak jadi soal. Hehehe. Jakarta, We’re coming…

 
Leave a comment

Posted by on 16 July 2012 in Beasiswa, Diary

 

Tags: , , , ,

Leave a Reply

 
