RSS

Pengurusan SP Setneg (5)

17 Jul

Sekitar jam sembilan pagi kami baru sampe di Jakarta. Maklum, bus yang kita tumpangi baru meluncur dari Semarang sekitar pukul sepuluh malam. Sampe Jakarta dapet macetnya, huh, biasanya kan jam lima udah sampe dan jam segitu bukanlah jam macet. Heum.. Yasudah lah nikmati saja, yang penting sampe Jakarta, ada tugas penting yang kita emban, hehehe.

Karena baru jam sembilan sampe, secara otomatis kita ke DIKTI-nya siang. Mandi dulu, beres-beres, Makan, dll. Yah, kita (aku dan Nela) sepakat ke DIKTI siang, sekita jam satu, ya g masalah lah ketika jam segitu para karyawan sedang istirahat. Yang penting kita udah sampe di DIKTI. Hehehe. Maksud kedatangan kita ke DIKTI adalah untuk memberikan berkas-berkas kelengkapan untuk mendapatkan SP Setneg. Namun, sebelum itu, tentu saja kita harus mendapatkan surat pengantar ke BP&KLN (seperti sudah aku posting di Pengurusan SP Setneg (1)). Plus sebagai tambahan, untuk aku pribadi aku akan mengambil GL (Guarantee Letter) yang merupakan “surat sakti” yang menunjukkan kalau DIKTI akan membiayai kuliahku plus biaya hidupku selama aku di Korea kelak. Surat ini akan sangat berarti tatkala akan apply visa.

Sekitar jam satu kurang aku sudah sampai ke DIKTI, dan benar saat itu sedang jam istirahat. Okelah aku akhirnya menunggu di luar. Aku sms dan telepon si Nela tapi hp-nya tidak aktif, kenapa ya ni anak. Yasudah aku sms mbak Citra menanyakan keberadaan beliau apakah di DIKTI apa tidak, plus apakah GL-ku bisa diambil. Selang beberapa menit mbak Citra keluar dan mengatakan sebentar ya. And then.. akhirnya GL-ku berada di tangan. Aku diberi lima GL asli (ada tanda tangan dan stempel DIKTI). Hore..

Segera setelah GL di tangan, aku langsung ke bawah untuk meng-copy GL tersebut sebanyak 15 sebagai arsip pribadi. Aku tidak mau ketika ada apa-apa aku tidak mempunyai GL di tangan. Ketika meng-copy di bawah, akhirnya aku ketemu Nela dkk. Dia dengan di Cepy, temennya dari Teknik Sipil yang baru lulus, dan si Wildan, pacarnya yang selalu setia menemaninya. Ketika aku tanya kenapa koq HP-nya g bisa dihubungi, jawabannya adalah HP-nya mati. Dan usut punya usut ternyata mereka belum mandi! Hahaha. Dari tadi pagi di Terminal Rawamangun sampe sekarang siang, ternyata mereka muter-muter nyari kos-kosan mau nginep di mana (maksudnya nyari kos-kosan temen yang mau ditebengin, hahaha).

Kami pun langsung bareng-bareng ke DIKTI lagi, ke Gedung C Lantai 5. Di sana kami ketemu Mas Agung untuk menyerahkan semua berkas sebagai kelengkapan mendapatkan surat pengantar dari DIKTI ke BP&KLN. Berkas tersebut adalah: Surat Pengantar dari PR I, Surat izin dari rektor (melalui PR I), LoA (Letter of Acceptance), Daftar Riwayat Hidup, Fotocopy KTP, pernyataan tidak menerima beasiswa dari lembaga mana pun, Guarantee Letter, Surat Perjanjian Bermaterai, semua itu dilampirkan sebanyak 4 rangkap (satu asli), dan pas foto ukuran 4Γ—6 background putih sebanyak 8 lembar. Ternyata ada satu lagi yang kurang, yaitu Surat Perjanjian antara Penerima Beasiswa dengan DIKTI, tapi hanya sebanyak 1 lembar. Namun karena aku hanya punya satu, dan gawat banget kalau aku g punya lagi, maka, langsung aja aku ke bawah lagi untuk meng-copy itu, dan si Nela pun ikut-ikutan karena dia juga sama, hanya punya satu, hahaha.

Si Nela juga punya “agenda” pribadi, yaitu meminta SPPD Perguruan Tinggi, soalnya ketika tanda tangan kontrak pas pembekalan, dia tidak datang (dia tanda tangan di DIKTI). Setelah itu didapat dan kita kumpulkan berkas-berkas tersebut, kita mendapatkan tanda terima. Yah, ini yang dibutuhkan, karena berkas di DIKTI sering ilang. Ketika kita mendapatkan tanda terima, berarti akan menjadi bukti kalau kita sudah mengumpulkan dan berkasnya hilang di DIKTI alias bukan kesalahan kita. And then kita tanya ke Mas Agung, kira-kira jadinya kapan si surat pengantar itu, dan dia bilang sambil agak ketawa kecut, ya, masih lama, bisa sampe dua minggu! Alamak. Selama itu kah kita menunggu….😦

 
Leave a comment

Posted by on 17 July 2012 in Beasiswa, Diary

 

Tags: , ,

Leave a Reply

 
