RSS

Korean Journey (2 – At Bandara Soekarno Hatta)

26 Aug

Part 2: At Bandara Soekarno Hatta

Sampai di Bandara Soetta sekitar pukul 16.00. Cepet si perjalanan, cuma sekitar 45 menit, beda kalau naik kereta bisa delapan jam, atau naik bus yang bisa 12 jam! Ketika sang pesawat sudah landing, so dan maka, kita ya harus turun, masak mau di dalam terus, hehe. Turun dari pesawat, bagi yang pertama kali naik pesawat, pokoknya ikuti saja rombongan orang-orang dan petunjuk arah yang ada. Gampang koq. Dan karena aku membawa bagasi, so kita harus mengambil bagasi tersebut di area baggage claim.

Sebelum-sebelumnya aku belum pernah ke area ini, soalnya kalau ke naik pesawat Jakarta g pernah bawa koper yang dimasukin bagasi. Dan… ternyata seperti ini suasana di area baggage claim. Ada semacam konveyor atau ban berjalan yang nantinya akan ada koper di atasnya. Kita diminta nunggu sambil mantengin kopor kita apakah sudah lewat apa belum. Ini yang lama. Lama banget malah. Dibutuhkan waktu lebih dari satu jam hanya untuk nunggu koper! Untung ada Endah, jadi ada temen ngobrol. Parahnya ruangan ini g  ber-AC. Jadi bayangkan lautan manusia yang menunggu bagasi berkumpul jadi satu, betapa gerahnya. Awalnya area ini tidak begitu ramai karena hanya melayani penumpang dari Semarang, Medan, dan Palembang. Namun time goes by, jadi bertambah karena ada penumpang-penumpang lain yang berdatangan dan juga mengambil bagasi di sini. Hedeh. Peluh sudah membanjiri tubuh nih., ini beneran lho, panas dan gerah banget di sini. Ada kejadian agak lucu sebenernya. Pas nunggu koper kita keluar, ada artis nongol, kalau g salah Herjunot Ali namanya. Yah, namanya artis ye, dateng dengan muka “songong”, eh gtw apa emang mukanya gitu, wkaka, sambil ngunyah permen karet dan berdesak2an agar dapat tempat di depan, biar enak ngeliyat kopornya. But, gelagatnya itu g digubris oleh orang. Kalau ada artis kan ngebayangin ia akan dikerubutin, dimintai tanda tangan, foto. Tapi ini enggak, dicuekin, malah g dikasih tempat buat maju, didesek2in segala. Wkakaka, jadi lucu ngeliyatnya. Berarti ente kurang populer tuh mas bro.

Akhirnya setelah sekian lama (lebih dari satu jam) koporku keluar juga. Diambil masukkan ke dalam trolly. Barang bawaan ane emang “lebay”, kopernya gedhe banget. Wkaka, maklum lah, pindahan, lho. Setelah itu kita keluar lewat Pintu Keluar Terminal Dua. Di sana sudah ada Tiwi yang nungguin di KFC. Ngobrol bentar, Endah pamitan mau pulang. Then, dua temenku datang lagi, Ulya dan Slamet. Si Ulya ini kerja sebagai CS di Bank Syariah Mandiri, dan si Slamet kerja di Bea Cukai Bandara Soekarno Hatta. The lucky man I am. Hahaha. Sambil nego ala konco, di bilang, entar kalau pulang dari Korea bilang sama dia, bakal dimudahin urusan bea cukai terutama kalau bawa barang-barang elektronik. Hahaha.

Setelah melepas rindu dengan mereka semua aku akhirnya masuk juga buat check-in sekitar jam setengah delapan (19.30). Untuk penerbangan ke Korea khususnya Korean Air ada di Terminal E: Gate E-3. But karena letaknya paling ujung, aku masuk lewat Gate D, yang lebih deket, hwehehe. Sama seperti di Bandara Ahmad Yani, kita harus memasukkan semua barang bawaan kita melewati pemindai X-Ray. Setelah itu kita cari Maskapai kita (kalau aku Korean Air) untuk menukar tiket elektronik menjadi Boarding Pass. Koper ditimbang dan dimasukkan ke bagasi. Beratnya 23,1 kg. Pas. Beratnya nambah karena si temen-temenku tadi ngasih kado spesial, hahaha. Untung koperku masih muat. Setelah tuker tiket, kita harus melewati bagian Imigrasi untuk dicek kelengkapan, seperti boarding pass dan visa. Cukup mudah di sini (katanya ada yang dipersulit), mas-masnya yang jaga enak, diajakin ngobrol, nanya mau ke mana, urusan apa, aku jawab kuliah S2 dapet beasiswa dari DIKTI, calon dosen, bla bla bla. Dia bilang, sukses ya, bawa nama bangsa dan negara. Kata-kata itu yang aku inget, selain… (sebelumnya dia ngomong kaya gini, eh liyat cewek tadi g, dia juga student tapi masih S1, mau ke Inggris, masih muda, tapi bohay gitu ya, gih samperin siapa tahu bisa kenalan +_=).

Setelah melewati bagian imigrasi, kita harus mencari lagi Maskapai kita di mana dan “pintu keluar” nya di mana, aku lupa namanya apa, pokoknya pintu yang langsung nyambung ke badan pesawat. Ada petunjuknya selepas kita dari imigrasi. Dan Korean Air itu di E7. Langsung aje ke sana meski jam masih lama, sekitar 2 jam lagi, hehehe. Mau masuk ke sana juga diperiksa lagi, tentang barang bawaan yang boleh masuk ke dalam kabin pesawat. Hati-hati kalau membawa cairan lebih dari 100ml, akan disita, benda-benda tajam semacam gunting, silet, juga g boleh. Amannya masukkan ke kopor. Setelah itu, masuklah kita ke ruang tunggu. Ada pengalaman unik ketika mbak-mbak penjaga ruang tunggu Korean Air sedang berlatih bahasa Inggris, aku dijadiin kelinci percobaan mereka atau partner ya lebih kerennya, hahaha. G jelas. Lama banget nunggunya. Aku harap akan ketemu pelajar Indonesia lain yang mungkin mau ke Korea naik Korean Air. Tapi koq kayaknya g ada ya. Hampir Korea semuanya. Katanya si Korean Air pasarnya bukan mahasiswa, mahal banget euy, kalau mahasiswa biasanya Lion Air, Malaysian Air, Cathay, atau mentok-mentok Garuda.

Mendapat berita pesawat akan delay itu rasanya gimana gitu. Dan ini yang aku takutkan dan kejadian! Soalnya aku diperingatin akan adanya bahaya badai taifun yang menyerang Korea bagian Selatan, khususnya Jeju dan sebagian Busan. Hiya.. But lamanya delay membuat lega, soalnya delay hanya 15 menit. Wkakaka. Kalau di Indonesia itu bukan delay, tapi ngaret. Hahaha. Jadi yang harusnya berangkat pukul 22.05 ditambah 15 menit lagi berangkatnya.

Selamat Tinggal Indonesia, dengan Semua Memori dan Kenangannya. Insya Allah, aku akan kembali lagi ke sini, mengabdikan hidupku di Negeri Tercinta ini. Dan..masih ada perjalanan selanjutnya.. Korea.. I’m coming.
Bersambung…

 
1 Comment

Posted by on 26 August 2012 in Beasiswa, Diary, Travelling

 

Tags: , , ,

One response to “Korean Journey (2 – At Bandara Soekarno Hatta)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: