RSS

Shalat Jumat Pertama di Korea Selatan

31 Aug
sumber gambar: lamunansenja.wordpress.com

sumber gambar: lamunansenja.wordpress.com

Sholat Jumat merupakan kewajiban bagi setiap umat muslim laki-laki. Namun ada syarat untuk dapat melaksanakan sholat Jumat, salah satunya yakni mengenai jumlah minimal jamaah dalam shalat Jumah. Ada yang mengatakan minimal 50 orang (Imam Ahmad), 40 orang (pendapat Imam Syafi’i dan Hambali), bahkan 12 orang (Imam Maliki). Di sini aku tidak akan membahas mengenai jumlah minimal jamaah dalam sholat Jumat karena sudah banyak literatur yang membahas hal ini. Di sini aku akan menceritakan mengenai pengalamanku shalat Jumat di Korea Selatan.

Salah satu pertanyaan yang terlontar sebelum aku datang ke Korea adalah bagaimana nanti kalau mau shalat Jumat? Ada tidak ya masjid yang dekat (kalau masjid sudah pasti ada), biar g repot gitu, hehehe. Ketika aku bertanya dengan Mbak Vita mengenai hal ini, dia menjawab, ada koq, di Kyung Hee, dia bilang. Alhamdulillah, ternyata ada. Jadi, komunitas muslim di sini (terutama orang Pakistan dan Bangladesh) meminjam ruang kelas pada jam sholat Jumat untuk melaksanakan sholat Jumat. Tempat sholat Jumat ada di Gedung College of Electronics Information and Applied Science, yang ada di sebelah Perpustakaan (lihat peta Kyung Hee di sini).

Aku kemudian dikenalkan dengan teman muslim Bangladesh yang bernama Nasir Uddin, yang dengan baik hatinya mau menemaniku ke tempat sholat Jumat. Oke, masalah tempat sudah selesai. Yang kedua adalah bagaimana memberitahu si Prof. Karena “sing mbau rekso” di sini adalah Professor, maka segala kegiatanku saat ada di lab harus dengan izin Professor. Jumat adalah hari lab meeting, di mana semua lab member mempresentasikan progress research-nya. Dengan izin ini, maka aku akan “mengganggu” lab meeting kan? Oke bismillah, semoga beliau mengerti.

Dan Alhamdulillah-nya beliau mengerti dan memberikan izin kepadaku. Plong rasanya, mengingat pernah diceritain kalau ada seorang teman yang tidak diberi izin untuk melaksanakan sholat Jumat dengan alasan tempat yang sangat jauh (akhirnya dia hanya melaksanakan sholat dhuhur). Oke, dengan begini semua masalah sudah selesai. Dan aku bisa lega melangkahkan kaki melaksanakan sholat Jumat.

Sekitar jam 13.15 aku ditunggu Nasir di Halte Bus Kyung Hee di depan College of Foreign Language. Jadi di Kyung Hee enaknya tidak seperti di kampus Korea yang lain. Kalau mau ke mana-mana di dalam Kyung Hee Suwon kita bisa naik bus yang biasa kita naiki kalau pergi ke mana-mana tanpa harus bayar! Keren! So, dari Halte College of Foreign Language, kita naik bus ke dalam dan berhenti di halte kedua, namanya 사색의 광장 (Penzee Plaza), atau ada yang menyebut Perpustakaan. Sesampai di situ, kita jalan ke arah College of Electronics Information and Applied Science, tempat sholat Jumat berlangsung. Tempatnya ada di Ruang 103.

Sesampai di tempat, aku diantar Nasir ke toilet di lantai 5 karena aku belum melaksanakan wudhu. Oke, buat pengalaman, kalau mau sholat Jumat berarti harus wudhu dulu biar tidak repot dan merepotkan, hehehe. Khotbah disampaikan dalam bahasa Arab dan hanya berlangsung selama 3 menit! Aku menganggap mungkin agar tidak mengganggu kegiatan perkuliahan mengingat ruang yang dipakai adalah ruang kelas. Selain itu persiapan sebelum sholat Jumat dan setelah sholat Jumat sudah memakan waktu yang lama, jadi kalau khotbahnya pun lama, maka waktu yang dibutuhkan tambah lama, sungguh keputusan yang bijak. Bagiku ini tidak masalah asalkan syarat khotbah sudah terpenuhi.

Sebagai informasi, bagi yang ada di kawasan Seoul, sholat Jumat dilaksanakan di Masjid Itaewon, masjid terbesar di Korea yang didirikan atas bantuan dari Raja Arab.

 
2 Comments

Posted by on 31 August 2012 in Diary, Islam, Korea, Korean's Life

 

Tags: , ,

2 responses to “Shalat Jumat Pertama di Korea Selatan

  1. viaakyu

    22 April 2013 at 04:09

    subhanallah🙂 Islam masih merambah tempat2 diKorea ^^

    postingannya sangat menambah pengetahuan sy ^^
    salam kenal cingu ..

    sy viaa ..

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: