RSS

Akhirnya ke 명동 (Myeong-dong)

01 Sep

20120901_135644Akhirnya aku ke 명동 (Myeng-dong) juga, yang kata orang merupakan pusat salah satu distrik perbelanjaan terbesar di Seoul (tentu saja ini harus diverifikasi kebenarannya, hehehe). Sebelumnya aku g tahu apa-apa tentang Myeong-dong, karena memang awalnya aku tidak begitu tertarik dengan Korea dan seisinya, hehehe, jadi y g tahu apa itu Myeong-dong, dan di sana ada apa. And, kali ini aku akan posting tentang pengalamanku pertama kali ke Myeong-dong.

Kata “dong” yang melekat di belakang Myeong sebenarnya berarti pemukiman, atau desa kalau di Indonesia (eh g juga deng, beda lah, pembagian administratif di Korea, ntar kapan-kapan aku posting deh, hehehe). Jadi sebenarnya nama dari daerah ini adalah “Pemukiman Myeong” (eo dibaca o seperti dalam kata  “tong”). Myeong-dong berada dalam daerah administratif Jung-gu, di Kota Seoul. Wilayahnya mencakup 0,91 km² dengan populasi 2.986 jiwa, dan sebagian besar wilayahnya adalah distrik komersil dan bisnis.

Seperti aku bilang tadi, Myeong-dong merupakan salah satu distrik perbelanjaan terbesar di Seoul yang diperuntukkan bagi kalangan ekonomi menengah ke atas. Di sini terdapat ritel dari brand-brand internasional, seperti: Lacoste, Polo Ralph Lauren, Forever 21, Bulgari, dan Louis Vuitton. Selain itu, brand-brand ternama Korea juga ada, seperti Nature Republic, Missha, The Face Shop, dan Skin Food. Tidak hanya, ritel, di sini juga terdapat departemen store alias mall yang gedhe, yaitu: Lotte Department Store, Shinsegae Department Store, Migliore, M Plaza, dan Noon Square.

Di sini rame banget, tidak hanya weekend, but also in weekdays. Pengunjung banyak yang dari luar negeri, turis-turis asing bejubel di sini. Tapi jangan harap bisa pake bahasa Inggris di sini. Orang Korea sangat bangga dengan bahasa mereka sendiri. Jadi siap-siap pake bahasa tarzan kalau mau beli-beli. Sepanjang jalan banyak sekali orang-orang yang menjajakan barang dagangannya. Barang yang dijajakan paling banyak adalah fashion, alias baju, celana, aksesoris, semacam syal, kalung, gantungan HP, dan sebagainya. Mengenai harga,,,, jangan tanya, karena yang datang ke sini adalah turis-turis asing yang notabene “berduit”, so harga di sini lebih mahal dari harga di pasaran. Kalau memang mau niat beli, banyak, jangan di sini saranku, apalagi yang jual-jual di jalanan. Wuih, bisa mahal gila, mending ke departemen store, yang harganya memang segitu. Aku saja cuman beli makan, g beli apa-apa (fashion), hahaha, ngirit cuy, nasib mahasiswa. But kalau memang mau beli “something” di Myeong-dong sebagai oleh-oleh, boleh lah ya… (tapi oleh-oleh apaan, g ada yang khas di sini, kalau beli baju di Myeong-dong orang mungkin g percaya, soalnya baju di Myeong-dong bisa diperoleh di toko mana aja, wkakaka, sedih banget).

But yang jelas, di sini tempatnya asik buat jalan-jalan, melepas lelah, sekadar melihat-lihat (sight-seeing), window-shopping, begitulah. Bagi yang memang doyan belanja, Myeong-dong tempat yang recommended, but not in price, hahaha.

Transportasi
Dan, bagaimanakah transportasi kalau mau ke Myeong-dong? Tenang saja, di sini ada Seoul Subway system alias kereta bawah tanah. Area utara Myeong-dong, dekat dengan Stasiun #203, Stasiun Euljiro 1-ga, di Line 2, sedangkan area selatan, dekat dengan Stasiun 424, Stasiun Myeng-dong, di Line 4. Aku lebih suka turun di Stasiun Myeong-dong karena sangat dekat, keluar Exit 6 sudah langsung berhadapan dengan “pasar’ Myeong-dong.

 
3 Comments

Posted by on 1 September 2012 in Belanja, Diary, Korea, Korean's Life, Travelling

 

Tags: , ,

3 responses to “Akhirnya ke 명동 (Myeong-dong)

  1. wulan

    13 January 2014 at 11:31

    Saya renc ke korea akhir maret 30 -10 april udaranya gmn mas masih dingin? Trus mending bli coat n boot di indo/kor?

     
    • Mujiya Ulkhaq

      13 January 2014 at 13:35

      akhir maret? mungkin g begitu dingin (pengalaman tahun lalu), semoga winter tahun ini g sampe maret, hahaha. Awal maret udah spring (again, pengalaman tahun lalu)
      Klo mau bawa coat ya dipkirin itu kan berat dan makan tempat, klo g masalah dengan bagasi/luggage si g masalah, hahaha
      Klo beli di korea si mahal, but bisa jadi oleh2 gtu, hahaha (klo uang g jadi masalah si gpp, hahaha)

       

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: