RSS

Belajar Bahasa Korea (1 – Introduction)

10 Sep

Bahasa adalah faktor utama dalam proses komunikasi, karena memang itulah fungsi utama dari bahasa. Terus terang bisa dikatakan aku nekat ke Korea karena aku tidak mengerti bahasa korea. Orang-orang yang mau pindah dalam waktu yang lama sudah pasti akan persiapan dalam hal bahasa. But aku g melakukan itu, hehehe. Aku bukanlah pecinta K-Pop awalnya, jadi aku buta sama sekali dengan yang namanya bahasa Korea. Kira-kira satu bulan sebelum aku ke Korea aku baru menyempatkan belajar bahasa korea, itu pun secara otodidak dengan lewat internet, youtube dan artikel yang ditulis oleh seseorang. Dan ini g cukup!

Bahasa Korea terkenal dengan kesulitannya, namun di sini aku lebih suka mengatakan kalau bahasa Korea itu unik. Dalam keluarga bahasa, bahasa Korea diklasifikasikan sebagai isolated language atau bahasa yang tidak memiliki kerabat. Unik memang, di antara isolated language yang lain, mungkin hanya bahasa Korea-lah yang merupakan bahasa major (bahasa resmi) dari suatu negara, yang lain adalah bahasa Ainu (di tuturkan di utara Jepang), bahasa Basque (Spanyol), bahasa Bangime (Afrika), dan beberapa bahasa lain yang tidak dikenal. Para ahli bahasa pernah mencoba memasukkan bahasa Korea ke dalam rumpun bahasa Altai, satu rumpun dengan bahasa Turki, Mongolia, dan Tungus, atau malah ke dalam rumpun bahasa Jepang! But menurutku, it doesn’t make any sense, g ada kekerabatan yang erat antara kedua rumpun itu dengan bahasa Korea, dan ini juga masih menjadi kontroversi sampai sekarang. But anyway, sampai saat ini usaha untuk memasukkan bahasa Korea ke dalam rumpun bahasa manapun tergolong sia-sia, oleh karena itu ia (bahasa Korea) masih bertahan dengan status “isolated language”.

Keuntungan belajar bahasa Korea tidaklah banyak, karena bahasa Korea hanya dituturkan oleh sekitar 78 juta jiwa saja, dan hanya di Korea Utara, Korea Selatan, Daerah Administrasi Yanbian (China), dan sedikit daerah di Rusia. Praktis kalau kamu bukan penggemar K-Pop, belajar bahasa Korea tidaklah masuk akal. Namun kalau kamu mau ke Korea namun tidak tahu bahasa Korea, jangan harap bisa menggunakan kemampuan bahasa Inggrismu di sini. Orang Korea terkenal dengan nasionalismenya, sangat sedikit orang Korea yang bisa berbahasa Inggris dengan lancar kecuali mereka yang bersekolah di luar negeri atau yang memang kuliahnya ambil jurusan bahasa Inggris, hehehe. Anekdot orang Korea g bisa berbahasa Inggris itu bukanlah bahan bercandaan, tapi itu NYATA.

Nama resmi bahasa Korea di Korea Selatan adalah 한국말 (Hangungmal), atau secara formal adalah 한국어 (Hangugeo), atau 국어 (Gugeo), yang secara literal bermakna bahasa nasional. Sedangkan orang Korea Utara dan Yanbian menamakannya 조선말 (Chosŏnmal), atau secara formal 조선어 (Chosŏnŏ). Penutur bahasa Korea di Rusia yang menamakan dirinya 고려사람 (Koryo-saram) atau 고려인; 高麗人 (Goryeo-in), atau secara literal bermakna orang Goryeo, menamakan bahasa Korea sebagai 고려말 (Goryeomal). Nama Korea sendiri berasal dari kata “Goryeo”, yang merupakan nama dinasti di Korea yang pertama dikenal oleh bangsa barat.

Sebenarnya, bahasa Korea mempunyai beberapa macam dialek atau 말 (mal), yang tersebar di Semenanjung Korea. Bahasa “standar” Korea di Korea Selatan umumnya menggunakan dialek Seoul, sedangkan di Korea Utara menggunakan dialek  P’yŏngyang. Macam-macam dialek tersebut hampir sama satu dengan lainnya, namun ada satu yang berbeda jauh, yaitu dialek Jeju (yang dituturkan di Pulau Jeju), malahan ada yang beranggapan kalau dialek Jeju adalah “bahasa tersendiri” terlepas dari bahasa Korea.

Di sini aku tidak akan memaparkan mengenai sejarah Korea, karena sudah banyak literatur yang menyebutkan hal itu. Di sini dan untuk selanjutnya, aku akan memposting tentang bahasa Korea, pengalamanku belajar bahasa Korea, just sebagai pengingat saja, karena aku tergolong yang “buruk” dalam belajar bahasa. Hehehe.

Note: Semua posting-an yang berkaitan dengan Belajar Bahasa Korea ditulis dengan pemahaman Bahasa Korea dialek Seoul, bukan Bahasa Korea yang dituturkan di Korea Utara, dialek Busan, ataupun dialek-dialek yang lain.

 
2 Comments

Posted by on 10 September 2012 in Bahasa Korea, Diary, Korea

 

Tags: , , , , ,

2 responses to “Belajar Bahasa Korea (1 – Introduction)

  1. Palupi Cah Ayu

    13 February 2013 at 17:26

    terima kasih……………………………………………

     
  2. rizal luthfi

    26 February 2015 at 10:45

    start learning

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: