RSS

Alien Card (1 – Pengajuan Alien Card)

13 Sep

Waduh, judul postingnya seperti memprovokasi, hahaha. Kali ini aku akan membahas tentang yang namanya Alien Card, sebuah kartu yang harus dimiliki oleh foreigner alias orang asing yang tinggal di Korea selama lebih dari 90 hari. Namanya juga orang asing, jadi kita diperlakukan seperti alien, alias makhluk asing di sini, wkwkwk, g deng bercanda. Aku juga cukup heran dengan pemberian nama “Alien Card”, haha, anyway, that’s the Alien Card.

Seperti aku sudah singgung di atas, bahwa orang asing yang stay di Korea selama lebih dari 90 hari, dia harus apply yang namanya Alien Card, istilahnya KTP buat orang asing lah kalo istilah di Indonesia mah. Proses apply alien card ini harus dilakukan dalam 90 hari sejak kedatangan di Korea. Jadi g boleh telat ya, ntar kena denda lho, hahaha. Orang asing yang mau extend alias memperpanjang waktu stay-nya di Korea juga harus apply alien card. Jadi misal kamu yang awalnya adalah visa turis yang hanya 90 hari di Korea, kemudian karena beberapa alasan, misal mendapat pekerjaan di sini, atau sekolah di sini, pasti harus mengubah visa kan? Nah, selain mengubah visa, kamu juga harus apply yang namanya Alien Card (karena akan tinggal lebih dari 90 hari).

Alien card juga punya waktu expire alias masa berlaku. Itu tergantung dengan visanya. Kalau visanya bilang dua tahun (seperti contoh diriku yang ambil Master di sini, yang berjangka waktu 2 tahun), maka Alien card akan habis masa berlakunya selama 2 tahun. Kalau mau perpanjang lagi bisa, asalkan jangan telat dari tanggal masa berlakunya, ntar kena denda lagi, hahaha.

Untuk memperoleh alien card, kita harus datang langsung ke kantor imigrasi yang ada di tiap-tiap provinsi atau kota metropolitan (kalau kamu berdomisili di daerah Gyeonggi-do, lokasi kantor imigrasi adalah di Suwon, deket banget dengan tempat tinggalku sekarang, hahaha). Mengenai lokasinya bisa dilihat di sini. Namun bagi kamu yang ada dalam kondisi berikut: (i) di bawah 17 tahun; (ii) dalam perawatan medis; (iii) tidak bisa datang karena urusan yang emergency dan darurat, bisa tidak datang ke kantor imigrasi. Terms and condition mengenai hal ini bisa dilihat di sini.

Yap, sekarang apa saja yang dibutuhkan untuk membuat alien card?

  • Application forms (bisa didownload di sini, atau datang langsung ke sana dan tulis sendiri di sana).
  • Passport (yang sudah ada visa tentunya di dalamnya).
  • Pas foto berwarna (selama 6 bulan terakhir) 3×4 sebanyak 3 buah.
  • Enrollment letter dari universitas jika berstatus mahasiswa (bisa minta ke student center).
  • Surat keterangan dari pabrik/kantor jika berstatus sebagai pekerja.
  • Dokumen keterangan lain yang mungkin dibutuhkan tergantung visanya (bisa lihat di sini).
  • Uang sejumlah 10.000 Won.

Setelah semua dokumen di tangan, datanglah ke kantor imigrasi. Meskipun bukanya tertulis jam 9.00, namun kalau bisa lebih depat datang lebih baik, karena sudah pasti bakal banyak antrian. Aku masih ingat ketika datang jam setengah 9 namun antrian sudah mengular meski pintu belum dibuka!

Setelah dokumen kita diverifikasi oleh petugas imigrasi dan dinyatakan oke, maka kita akan diberi surat yang menyatakan kalau kita sudah lolos verifikasi beserta tanggal pengambilan alien card. Dibutuhkan waktu sekitar 2-3 minggu. Dulu aku sekitar 14 hari atau 2 minggu waktu tunggunya. So sabar ya ^_^

Exemption (sumber: http://www.immigration.go.kr):

  • Pemegang visa A-1, A-2, atau A-3,
  • Considered a person who has been engaged in critical diplomatic, industrial, or national defense services, or deemed to specially deserve the exemption by the Justice minister (termasuk anggota keluarganya juga).
  • Foreigners from Canada planning to stay for less than six months, and who hold one of the following visas – Culture/Arts (D-1), Religious Works (D-6), Visit & Stay with family (F-1), Family dependency (F-3), others (G-1).
 
9 Comments

Posted by on 13 September 2012 in Diary, Korea, Korean's Life, Travelling

 

Tags: , , , , ,

9 responses to “Alien Card (1 – Pengajuan Alien Card)

  1. abenk

    23 March 2015 at 18:57

    Pa …mau tanya …
    Apakah bisa kita datang ke korea pakai visa turis dan disana kita mendapat pekerjaan terus kita rubah ijin tinggal bekerja ???
    d tunggu balesannya
    atau via email abenk.simanjuntak@gmail.com

     
    • Mujiya Ulkhaq

      1 August 2015 at 19:47

      bisa tapi tidak saya sarankan

       
  2. eka dwi

    1 August 2015 at 17:24

    punya email gk? soalnya saya mau tanya2… ttg korea

     
  3. eka dwi

    3 August 2015 at 22:47

    oke mksh

     
  4. eka dwi

    3 August 2015 at 22:53

    harus pake visa dulu ya? syarat2nya apa aja?

     
  5. Danny

    30 September 2016 at 11:51

    Hallo pak, mau tanya.
    Bila kita sudah punya Alien Card dan masa berlaku sampai 2018. Trus kita pulang ke Indonesia liburan dan kembali lagi ke Korea. Apakah kita harus apply Visa lagi atau cukup dengan alien card untuk masuk ke Korea?
    Terima kasih sebelumnya.

     
    • Mujiya Ulkhaq

      2 October 2016 at 10:44

      cukup dg alien card.. asalkan masih berlaku alien cardnya
      saya pernah kaya gt

       

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: