RSS

Shalat Sunnah Rawatib

16 Sep

Salah satu hal yang aku suka ketika berkumpul (shalat) dengan teman-teman dari Timur Tengah adalah kebiasan mereka yang tidak pernah meninggalkan shalat sunnah rawatib. Salut banget, di mana di Indonesia, shalat sunnah rawatib masih dianggap sebagai ibadah “kelas atas” (semoga ini hanya pikiranku saja). Namun di sini, khususnya bagi teman-temanku dari Timur Tengah, sholat sunnah rawatib sudah seperti shalat fardhu. Sungguh sangat salut.

Sesungguhnya Attathowwu` (ibadah tambahan) di dalam ibadah shalat yang paling utama adalah shalat sunnah rawatib. Rasulullah s.a.w. senantiasa mengerjakannya dan tidak pernah sekalipun meninggalkannya dalam keadaan mukim (tidak bepergian jauh). Dikarenakan keutamaan yang sangat besar inilah, aku di sini berusaha sharing tentang shalat sunnah rawatib. Semoga dengan ini aku juga bisa istiqamah mengerjakan shalat sunnah rawatib. Amin.

Jumlah shalat sunnah rawatib yang diutamakan (muakkad) menurut beberapa hadis bermacam-macam. Ada hadits yang mengatakan bahwa shalat sunnah rawatib jumlahnya sepuluh rakaat, dengan masing-masing adalah: dua rakaat sebelum shubuh, dua rakaat sebelum dan sesudah dhuhur, dua rakaat sesudah maghrib, dan dua rakaat sesudah isya. Hal ini berdasarkan hadits dari ‘Abdullah bin ‘Umar r.a.:

حَفِظْتُ مِنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَشْرَ رَكَعَاتٍ رَكْعَتَيْنِ قَبْلَ الظُّهْرِ وَرَكْعَتَيْنِ بَعْدَهَا وَرَكْعَتَيْنِ بَعْدَ الْمَغْرِبِ فِي بَيْتِهِ وَرَكْعَتَيْنِ بَعْدَ الْعِشَاءِ فِي بَيْتِهِ وَرَكْعَتَيْنِ قَبْلَ صَلَاةِ الصُّبْحِ

“Aku menghafal sesuatu dari Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam berupa shalat sunnat sepuluh rakaat, yaitu: dua raka’at sebelum shalat zuhur, dua rakaat sesudahnya, dua rakaat sesudah shalat maghrib di rumah beliau, dua rakaat sesudah shalat isya’ di rumah beliau, dan dua rakaat sebelum shalat subuh.” (H.R. Bukhari No. 937, 1165, 1173, 1180 dan Muslim No. 729)

Ada pula hadits yang menambahkan shalat sunnah rawatib empat rakaat sesudah sebelum shalat asar sebagai berikut (hadits berasa dari Ibnu Umar):

رَحِمَ اللَّهُ امْرَأً صَلَّى قَبْلَ الْعَصْرِ أَرْبَعًا

“Semoga Allah merahmati seseorang yang mengerjakan shalat (sunnah) empat raka’at sebelum Asar.” (H.R. Abu Daud No. 1271 dan At-Tirmizi No. 430)

Mungkin di antara hadist tersebut yang cukup populer (yang juga diamini oleh teman-temanku Timur Tengah dan insha Allah diriku juga) adalah hadits yang mengatakan jumlah shalat sunnah rawatib adalah berjumlah dua belas rakaat sebagai berikut.

Dari Ummu Habibah (isteri Rasulullah s.a.w.), beliau berkata, Aku mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

مَا مِنْ عَبْدٍ مُسْلِمٍ يُصَلِّي لِلَّهِ كُلَّ يَوْمٍ ثِنْتَيْ عَشْرَةَ رَكْعَةً تَطَوُّعًا غَيْرَ فَرِيضَةٍ إِلَّا بَنَى اللَّهُ لَهُ بَيْتًا فِي الْجَنَّةِ

“Tidaklah seorang muslim mendirikan shalat sunnah ikhlas karena Allah sebanyak dua belas rakaat selain shalat fardhu, melainkan Allah akan membangunkan baginya sebuah rumah di surga.” (H.R. Muslim no. 728)

Dalam riwayat At-Tirmizi dan An-Nasai, ditafsirkan ke-12 rakaat tersebut. Beliau bersabda:

مَنْ ثَابَرَ عَلَى ثِنْتَيْ عَشْرَةَ رَكْعَةً مِنْ السُّنَّةِ بَنَى اللَّهُ لَهُ بَيْتًا فِي الْجَنَّةِ أَرْبَعِ رَكَعَاتٍ قَبْلَ الظُّهْرِ وَرَكْعَتَيْنِ بَعْدَهَا وَرَكْعَتَيْنِ بَعْدَ الْمَغْرِبِ وَرَكْعَتَيْنِ بَعْدَ الْعِشَاءِ وَرَكْعَتَيْنِ قَبْلَ الْفَجْرِ

“Barangsiapa menjaga dalam mengerjakan shalat sunnah dua belas rakaat, maka Allah akan membangunkan rumah untuknya di surga, yaitu empat rakaat sebelum zhuhur, dua rakaat setelah zhuhur, dua rakaat setelah maghrib, dua rakaat setelah isya` dan dua rakaat sebelum subuh.” (H.R. At-Tirmizi no. 379 dan An-Nasai No. 1772 dari Aisyah r.a.)

Dari ketiga hadits tersebut aku tidak akan membahas panjang lebar, karena ini bukanlah kapasitasku untuk membahasnya, tapi insha Allah ketiganya shahih (correct me if I’m wrong), jadi silakan diamalkan yang mana saja, insha Allah akan barakah. Amin.

 
Leave a comment

Posted by on 16 September 2012 in Diary, Islam

 

Tags: , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: