RSS

Belajar Bahasa Korea (10 – Hangeul-Aturan Traffic Light)

21 Sep

examplehangulKemaren kita sudah belajar merangkai huruf Hangeul dengan aturan yang pertama, yaitu aturan Segitiga. Sekarang kita akan belajar aturan merangkai huruf Hangeul yang kedua, yaitu aturan Traffic Light atau Lampu Lalu Lintas. Mengapa disebut aturan traffic light? Karena cara merangkai huruf Hangeul yang satu ini sama seperti lampu lalu lintas, bukan seperti warnanya yang merah-kuning-hijau, namun seperti tata letaknya, yaitu atas-tengah-bawah (merah di atas, kuning di tengah, dan hijau di bawah). Sebenarnya ada banyak benda yang mengikuti aturan ini, namun aku memilih traffic light agar gampang diingat saja, tidak ada maksud apa-apa. Hehehe.

hh

Seperti pada gambar di samping, kira-kira seperti itulah cara merangkai huruf Hangeul dalam aturan traffic light. Jadi huruf konsonan pertama diletakkan di sebelah atas, kemudian huruf vokal ada di bawahnya (tengah), dan konsonan selanjutnya ada di bagian paling bawah. Ingat sekali lagi jangan pernah menempatkan huruf vokal sebagai huruf pertama (ingat aturan KV, KVK, dan KVKK!). Contoh yang aku berikan di samping kiri adalah untuk yang KVK, konsonan ᄅ /rieul/ sebagai konsonan pertama diletakkan di bagian paling atas, kemudian vokal ᅮ /u/ diletakkan di bawahnya (bagian tengah) dan yang terakhir konsonan ᄆ diletakkan di bagian paling bawah. So, terbentuklah rangkaian ketiga huruf tersebut (dibaca /rum/).

mmTidak semua huruf vokal dan konsonan dapat dibentuk menggunakan aturan traffic light. Sembilan huruf vokal memenuhi aturan segitiga, sedangkan untuk aturan traffic light, hanya lima huruf vokal yang memenuhi, yaitu: ᅮ /u/, ᅲ /yu/, ᅩ /o/, ᅭ /yo/, ᅳ /eu/. Untuk huruf konsonan, semua basic dan aspirated consonants (konsonan dasar dan aspirasi) dapat memenuhi aturan tersebut, dan ia boleh ditempatkan di atas (sebagai konsonan awal) atau di bawah (sebagai konsonan akhir), konsonan tersebut adalah: ᄀ /g/, ᄂ /n/, ᄃ /d/, ᄅ /r/, ᄆ /m/, ᄇ /b/, ᄉ /s/, ᄋ, ᄌ /j/, ᄒ /h/ , ᄎ /ch/, ᄏ /k/, ᄐ /t/, ᄑ /p/. Untuk konsonan glottal atau ganda, semuanya bisa ditempatkan di atas (sebagai konsonan awal), yaitu: ㄲ /kk/, ㄸ /tt/, ㅃ /pp/, ㅆ /ss/, ㅉ /jj/, namun hanya konsonan ㄲ dan ㅆ yang bisa ditempatkan di bawah (sebagai konsonan akhir), mengingat tidak ada kata dalam bahasa Korea yang menggunakan konsonan ganda lain sebagai huruf akhir. Dan konsonan yang terakhir, konsonan kombinasi, hanya bisa ditempatkan di bawah (sebagai konsonan akhir), yaitu: ㄳ /ks/, ㄵ /nj/, ㄶ /nh/, ㄺ /rk/, ㄻ /rm/, ㄼ /rb/, ㄽ /rs/, ㄾ /rt/, ㄿ /rp/, ㅀ /rh/, dan ㅄ /bs/.

Contoh: 믄 /meun/, 숧 /sulh/, 쥼 /jyum/, 봉 /bong/, 꿈 /kkum/, 춒 /chyop/

Sama seperti pembahasan sebelumnya, pertanyaan bolehkah kita hanya merangkai dua huruf Hangeul dengan konsonan dan vokal saja (KV) akan aku jawab dengan boleh. Untuk merangkai dua huruf Hangeul dengan aturan traffic light, cukup hilangkan bagian bawahnya saja, dan ditulis seperti biasa, dari atas ke bawah, contohnya adalah: 구 /gu/, 류 /ryu/, 쿄 /kyo/, 쁘 /ppeu/, dan 노 /no/.

Sama seperti dalam aturan segitiga, kita bisa membuat rangkaian Hangeul yang berawalan dengan huruf vokal dengan menempatkan konsonan ᄋ sebagai konsonan awal. Contohnya kata /yun/ cara merangkainya adalah sebagai berikut 윤 /yun/, kemudian 옴 /om/, 요 /yo/, dan 은 /eun/.

So, so far kita sudah bisa merangkai kata dalam Hangeul dengan dua aturan, yaitu aturan segitiga yang telah kita bahas kemarin dan aturan traffic light yang kita bahas hari ini. Ada berapa kombinasi? Mari kita berhitung, hehehe. Di atas kita bisa menempatkan semua konsonan kecual konsonan kombinasi (total ada 19). Di tengah kita hanya  bisa menempatkan 5 huruf vokal, dan di bawah kita bisa menempatkan semua konsonan dasar dan aspirasi (14), dua konsonan ganda (ㄲ dan ㅆ), 11 konsonan kombinasi, serta satu lagi kita bisa tidak menempatkan apa-apa alias tanpa huruf di bawah, total ada 28. Kalau ditotal kita bisa membuat 19x5x28 kombinasi alias 2.660 kombinasi! WoW! Kalau digabung dengan aturan segitiga yang telah kita pelajari sebelumnya, total kita bisa membuat 7.438 kombinasi!

Mari Berlatih!

  1. Coba tuliskan kata berikut dalam Hangeul!
    “myung” – “nyuks” – “jup” – “deubs” – “to” – “eunj” – “son” – “gyu” – “jjeung” – “ssu”
  2. Coba tuliskan kata berikut dalam romanisasi!
    뮹 – 뉷 – 줖 – 듮 – 토 – 읁 – 손 – 규 – 쯩 – 쑤
 
2 Comments

Posted by on 21 September 2012 in Bahasa Korea, Diary, Korea

 

Tags: , , , , ,

2 responses to “Belajar Bahasa Korea (10 – Hangeul-Aturan Traffic Light)

  1. andy mulyani

    26 October 2015 at 02:27

    Untuk semua persyratan ny apa ajh untuk bisa belajar bhs.korea,dan pndaftran ny apa bisa di cbang LPK trdkat,,????

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: