RSS

Belajar Bahasa Korea (11 – Hangeul-Aturan WA)

24 Sep

examplehangulYuk lanjut lagi belajar bahasa Koreanya. Setelah kemaren kita belajar merangkai Hangeul dengan aturan Segitiga dan Traffic Light, sekarang kita akan belajar aturan merangkai Hangeul yang terakhir, yaitu aturan WA. Aku memisahkan aturan WA dengan yang lain karena menurutku aturan WA ini agak “berbeda”. Cara merangkainya tidak seperti aturan segitiga yang menempatkan vokal “di samping” konsonan, atau seperti aturan traffic light yang menempatkan vokal “di bawah” konsonan. Dalam aturan WA, huruf vokal seperti menjadi “pangkon” (dalam aksara Jawa). Mengapa aku namakan aturan WA? Karena bingung aja mau namain apa, hehehe. Mungkin karena huruf vokal yang memenuhi aturan ini adalah huruf vokal yang bunyinya diawali dengan “w”.

waSeperti pada gambar di samping, kira-kira seperti itulah cara merangkai huruf Hangeul dalam aturan WA. Seperti sudah aku tuliskan di atas bahwa huruf vokal berfungsi sebagai “pangkon” dalam aksara Jawa. Waduh apa pula itu, yang bukan orang Jawa sudah pasti g tahu, bahkan yang orang Jawa pun belum tentu tahu, hehehe. Jadi huruf konsonan pertama diletakkan di sebelah kiri, kemudian huruf vokal ada “di bawah sampai ke kanan” dan konsonan selanjutnya ada di bawah. Aku masih akan mengingatkan aturan KV, KVK, dan KVKK (jangan pernah menempatkan huruf vokal sebagai huruf pertama). Contoh yang aku berikan di samping kiri adalah untuk yang KVK, konsonan ㅇ /ngieung/ sebagai konsonan pertama diletakkan di sebelah kiri, kemudian vokal ㅝ /wo/ diletakkan di sebelah bawah sampai ke kanan dan yang terakhir konsonan ᄂ diletakkan di bawah. So, terbentuklah rangkaian ketiga huruf tersebut (dibaca /won/).

wawaTidak semua huruf vokal dan konsonan dapat dibentuk menggunakan aturan traffic light. Kalau sembilan huruf vokal memenuhi aturan segitiga, dan lima untuk traffic light, maka tersisa tujuh huruf vokal yang memenuhi aturan WA, yaitu: ㅘ /wa/, ㅚ /oe/, ㅙ /wae/, ㅝ /wo/, ㅞ /we/, ㅟ /wi/, dan ㅢ /ui/. Untuk huruf konsonan, semua basic dan aspirated consonants (konsonan dasar dan aspirasi) dapat memenuhi aturan tersebut, dan ia boleh ditempatkan di atas (sebagai konsonan awal) atau di bawah (sebagai konsonan akhir), konsonan tersebut adalah: ᄀ /g/, ᄂ /n/, ᄃ /d/, ᄅ /r/, ᄆ /m/, ᄇ /b/, ᄉ /s/, ᄋ, ᄌ /j/, ᄒ /h/ , ᄎ /ch/, ᄏ /k/, ᄐ /t/, ᄑ /p/. Untuk konsonan glottal atau ganda, semuanya bisa ditempatkan di atas (sebagai konsonan awal), yaitu: ㄲ /kk/, ㄸ /tt/, ㅃ /pp/, ㅆ /ss/, ㅉ /jj/, namun hanya konsonan ㄲ dan ㅆ yang bisa ditempatkan di bawah (sebagai konsonan akhir), mengingat tidak ada kata dalam bahasa Korea yang menggunakan konsonan ganda lain sebagai huruf akhir. Dan konsonan yang terakhir, konsonan kombinasi, hanya bisa ditempatkan di bawah (sebagai konsonan akhir).

Contoh: 화 /hwa/, 왜, /wae/, 귄 /gwin/, 되 /doe/, 늬 /nui/, 원 /won/

So, so far kita sudah bisa merangkai kata dalam Hangeul completely (dengan tiga aturan: aturan segitiga dan traffic light yang telah kita bahas kemarin dan aturan WA yang kita bahas hari ini). Ada berapa kombinasi? Mari kita berhitung lagi, hehehe. Di atas kita bisa menempatkan semua konsonan kecual konsonan kombinasi (total ada 19). Di tengah-kanan kita hanya  bisa menempatkan 7 huruf vokal, dan di bawah kita bisa menempatkan semua konsonan dasar dan aspirasi (14), dua konsonan ganda, 11 konsonan kombinasi, serta satu lagi kita bisa tidak menempatkan apa-apa alias tanpa huruf di bawah, total ada 28. Kalau ditotal kita bisa membuat 19x7x28 kombinasi alias 3724 kombinasi! WoW! Kalau digabung dengan aturan segitiga dan traffic light yang telah kita pelajari sebelumnya, total kita bisa membuat 11.162 kombinasi! Super Duper!

Mari Berlatih!

  1. Coba tuliskan kata berikut dalam Hangeul!
    “wang” – “gwi” – “huip” – “joe” – “dwae” – “swe” – “wong” – “twa” – “jwin” – “mwing”
  2. Coba tuliskan kata berikut dalam romanisasi!
    왕 – 귀 – 힆 – 죄 – 돼 – 쉐 – 웡 – 톼 – 쥔 – 뮝
 
1 Comment

Posted by on 24 September 2012 in Bahasa Korea, Diary, Korea

 

Tags: , , ,

One response to “Belajar Bahasa Korea (11 – Hangeul-Aturan WA)

  1. dgazella

    9 June 2015 at 13:05

    izin belajar hangul dan mengutip beberapa bagian ya:) terimakasih.
    postingannya bermanfaat buat saya

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: