RSS

Kyung Hee University – Colllege of Engineering

01 Oct

ccc

Setelah kemaren kita tahu departemen apa aja di Kyung Hee, baik undergraduate or graduate, sekarang kita akan “berkenalan” dengan salah satu “college” di Kyung Hee tempat di mana aku menimba ilmu, i.e. College of Engineering. Sistem perkuliahan di Korea Selatan sama dengan di Amerika, di mana mereka memakai nama “College of” atau “School of” alih-alih menggunakan “Faculty of” seperti di Indonesia yang menganut sistem perkuliahan a la Eropa.

Setelah melewati pintu gerbang Kyung Hee yang super lebay, maka College of Engineering ada tepat di sebelah kiri. Gedung yang kelihatan tua dengan desain yang biasa aja, kkk. Di depannya ada lapangan sintesis buat olahraga hockey dan biasanya juga dipakai buat futsal, kemudian ada dua buah lapangan basket dan di sampinya ada empat buah lapangan tenis outdoor. Letaknya sangat gampang, g perlu peta kampus Kyung Hee buat menemukan College of Engineering. Tinggal masuk gerbang kemudian lihat sebelah kiri, udah deh, itu kampusnya, dengan deskripsi yang aku tunjukin barusan.

Ada sembilan departemen (atau jurusan atau program studi) di College of Engineering (seperti terlihat di gambar). Atau list selengkapnya ada di bawah:

  • Mechanical Engineering/기계공학과
  • Industrial & Management Engineering/산업경영공학과
  • Nuclear Engineering/원자력공학과
  • Chemical Engineering/화학공학과
  • Advanced Materials Engineering for Information & Electronics/정보전자신소재공학과
  • Civil Engineering/사회기반시스템공학과
  • Architecture Engineering/건축공학과
  • Environmental Science & Environmental Engineering/환경확 및 환경공학과
  • Architecture/건축학과

College of Engineering dibagi menjadi 5 bagian: Gedung A, B, C, D, dan E. A merupakan Gedung utama, Gedung B sering disebut sayap kiri, dan Gedung C adalah sayap kanan. Lantai satu didominasi oleh ruang kelas dan hanya terdapat beberapa laboratorium, seperti laboratorium nuklir dan laboratorium pencahayaan. Selain itu, ruangan buat student association atau himpunan kalau di Indonesia juga ada di lantai 1. Di lantai 2 terdapat bagian administrasi, atau kalau di Indonesia mungkin mengatas-namakan Dekanat, kkk, tempat semua administrasi dan tata usaha per jurusan ada di lantai dua. Di sayap sebelah kiri ada ada bagiannya Desain Arsitektur di mana desain ruangannya “berbeda” sendiri. Tahu lah anak arsitek, kkk. Ruang kelas tidak berasa seperti ruang kelas, namun dibuat studio-studio dengan sekat kaca yang transparan. Maket ada di mana-mana, kertas, stereofoam berceceran, emang bener terasa hawa “arsitek” di sana, hehehe.

Lanjut ke lantai 3 adalah Teknik Kimia yang isinya yah, tahu lah teknik kimia kayak gimana, tabung-tabung elemeyer, kemudian preparat-preparat hasil reaksi kimia (g tahu apa namanya), pokoknya kelihatan keren aja kalau masuk lab pake baju putih pegang tabung reaksi dan ada asap yang keluar dari tabung, kaya scientist beneran, kkk. Untuk jurusan lainnya labnya seperti “menyebar”. Teknik Industri sendiri sebagian besar labnya ada di lantai 5 (hanya satu yang ada di lantai 4). Oh ya, puncak tertinggi adalah lantai 5, namun ada satu lantai “tambahan” yang terletak di gedung A yang merupakan Laboratorium Radiasi Nuklir.

“Penampakan” dari dalam Gedung College of Engineering akan aku posting pada kesempatan berikutnya ^_^

 
3 Comments

Posted by on 1 October 2012 in Beasiswa, Diary, Korea

 

Tags: , , , , , , , , ,

3 responses to “Kyung Hee University – Colllege of Engineering

  1. desya

    9 July 2014 at 11:37

    blognya bagus banget kak, aku baru menjelajah blog kaka hehe jadi makin semangat lagi buat belajar😀
    kaka dapetnya beasiswa tipe apa kak ? yg full biaya hidup kah atau yg lain ?
    mohon dijawab kak, makasih kak🙂

     
  2. desya

    9 July 2014 at 11:39

    blognya bagus banget kak, aku baru menjelajah blog kaka hehe jadi makin semangat buat belajarnya..
    oiya beasiswa yg kaka ambil itu tipe apa ya ? yg full biaya hidup kah atau yg lainnya kak ?
    semoga dijawab ya kak, makasih sebelumnya🙂

     
    • Mujiya Ulkhaq

      24 July 2014 at 17:29

      aku dapet beasiswa dari DIKTI, iya biaya hidup ditanggung juga.. ada pula biaya u/ penelitian dan buku

       

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: