RSS

Alien Card (2 – Pengambilan Alien Card)

03 Oct

alien_3Setelah kemaren aku posting tentang pengajuan alien card, dokumen apa-apa saja yang dibutuhkan, dan ke mana lapornya, sekarang aku akan posting tentang pengambilan alien card serta hak dan kewajiban apa saja yang melekat bagi si empunya alien card.

Ketika selesai proses pengajuan alien card, maka petugas imigrasi akan memberikan kita tanggal pengambilan alien card. Kira-kira sekitar 14 hari atau 2 minggu, bisa jadi lebih. Proses pengambilan ini lebih gampang dari pada pengajuan. Tinggal masuk ke kantor imigrasi, kemudian ambil jalur yang “berbeda” dengan saat kita mengajukan alien card. Kalau di kantor imigrasi Suwon, setelah pintu masuk, belok kiri, itu ada tulisannya pengambilan alien card, tapi dalam bahasa Inggris tentu saja, hehehe. Dari situ tinggal sebut saja nama kita, kemudian si petugas akan mengambilkan alien card kita. Meanwhile dia mencari alien card, kita diminta ngisi semacam form pengambilan, di sebuah buku, nama kita, tanggal pengambilan, dan tanda tangan. Sudah deh, beres. G perlu apa-apa lagi.

Seperti dilihat di gambar, bahwa di alien card terdapat informasi berupa nomor aliencard, nama dan foto, kewarganegaraan, jenis visa, alamat kita, tempat issuing alien card (kantor imigrasi mana), dan masa berlaku alien card.

Kita HARUS membawa alien card kemana pun kita pergi, in case terjadi apa-apa. Tapi jangan naif juga, sampai mandi pun ikut dikalungin tu alien card. Misal ada pemeriksaan dari pihak imigrasi, kita bisa menunjukkan alien card ini dan membuktikan kalau kita bukan orang “ilegal” kkk. Dan JANGAN PERNAH memberikan nomor alien card kepada siapa pun dengan tanpa alasan yang jelas. Anggap ini seperti nomor keramat, kkk.

Reissuance alien card harus dilakukan paling lambat 14 hari dalam kasus berikut:

  • Apabila alien card hilang;
  • Apabila alien card rusak;
  • Apabila terjadi perubahan informasi di alien card, misal pindah alamat. Kita harus melaporkan hal ini ke kantor imigrasi yang punya hak yuridiksi tempat kita tinggal/pindah dengan membawa dokumen bukti kita pindah, misal perjanjian kontrak antara kita dengan si “empunya” apartemen (kalau kita pindah ke apartemen);
  • Apabila sudah tidak tersedia “tempat” untuk meletakkan informasi kita, misalkan apabila kita pindah alamat beberapa kali, di mana hanya tersedia dua slot tempat untuk alamat.

Apabila dalam keadaan tersebut kita tidak melapor dalam waktu 14 hari, maka kita akan kena “peringatan”. Peringatan ini bisa berupa denda, sebanyak berapa hari keterlamnbatan kita, atau yang lebih parah kita bermasalah dengan kantor imirgasi dan itu akan berimbas ke “masa depan” misal kita mau ke Korea lagi.

Pengembalian alien card dilakukan dalam keadaan berikut:

  • Apabila akan meninggalkan Korea dan tidak kembali dalam waktu dekat. Alien card harus diserahkan ke petugas imigrasi di bandara sebelum departure;
    Namun apabila kita memperoleh ijin re-entry, maka kita tidak perlu menyerahkan alien card. Ketika kita mau kembali lagi juga tidak perlu menyerahkan alien card, misalnya di liburan musim panas, pengen balik Indonesia selama 1 bulan, dan nanti mau balik Korea lagi.
  • Ketika memperoleh Korean nationality (dilakukan paling lambat 14 hari setelah memperoleh kewarganegaraan Korea);
  • In case kalau kita meninggal, yang tentu saja ini tidak dilakukan oleh kita sendiri.
 
2 Comments

Posted by on 3 October 2012 in Diary, Korea, Korean's Life, Travelling

 

Tags: , , , , , , , ,

2 responses to “Alien Card (2 – Pengambilan Alien Card)

  1. Chita Lim

    14 November 2016 at 23:49

    Hallo kak salam kenal…
    Aku mau nanya,kalo misalkan kita udh dapat alien card trus balik ke indonesia,nah kalo balik ke koreanya lagi pas di imigrasi harus nunjukin alien card nya kah ?atau tetep harus memperbaharui visa nya ? Soalnya aku ngajuin visa F6 (menikah) … terima kasih 😊

     
    • Mujiya Ulkhaq

      27 November 2016 at 20:52

      kondisi nya udah dapat alien card.
      saat pulang ke Indonesia itu masa berlaku alien card tggal berapa lama? kalau kurang dari 3 bulan (klo g salah) akan diambil di imigrasi sebelum meninggalkan korea. Kalo misal masih lama, kalau mau balik lagi g perlu apply vsa tggal nunjukin alien card aja pas masuk ke korea

       

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: