RSS

How Could It Be?

08 Oct

Judul yang aneh. Hahaha. Sebenarnya ceritanya begini. Pada kuliah Advanced CRM (Customer Relationship Management) ada tugas tentang Apple Inc. Tahu kan pastinya, perusahaan elektronik yang didirikan oleh Steve Jobs dan rekannya. Nah, kami diminta untuk menganalisis mengapa perusahaan sebesar Apple Inc mempunyai konsumen yang sangat loyal. Mungkin ini sudah menjadi rahasia umum kali ya, para pengguna Apple seolah-oleh sudah minded dan terikat dengan produk dengan brand ini. Mereka seakan-akan punya ikatan batin. Whatever yang lain pake apa, gw pake Apple dong. Selain itu, misal nih ya, kalau ia sudah punya Mac, besar kemungkinan ia juga punya iPhone atau iPad.

Menarik kalau dilihat dari bagaimana strategi perusahaan sebesar Apple sehingga ia mempunya konsumen yang sangat loyal semacam ini. Meskipun serangan smart phone dari kompetitor semisal Samsung dan LG sangat gencar menerpa, ia tidak gentar. Seakan-akan bilang begini, boleh lah lu menguasai pasar, tapi gw ini APPLE. Mereka tetap menunjukkan identitasnya, dengan tidak memberikan diskon gedhe-gedhean agar pangsa pasar mereka naik. Mereka stel kendo dan kalem. Harga produk mereka juga tetep aja mahal, hahaha. Sebagai informasi mereka memang tidak mengincar pangsa pasar yang gedhe seperti yang dilakukan Samsung pada pasar smart phone.

Nah, begitulah ilustrasi ringannya. Kemudian kami para peserta kuliah Advanced CRM diminta untuk menganalisis mengenai strategi Apple tersebut. Singkat cerita, Alhamdulillah materi presentasi kami terpilih sebagai yang terbaik di antara semua peserta kuliah. Dan aku diminta untuk memberikan semacam kuliah singkat di hadapan siswa undergraduate yang mengambil mata kuliah CRM (g pake Advanced, hehehe). Alhamdulillah dapat kesempatan semacam ini.

Mengapa bisa terpilih? Sebenarnya untuk kuliah semacam ini, yang dicari bukanlah jawaban benar atau salah, karena dalam bidang sosial seperti management semacam ini batasan antara benar dan salah sangat kabur, beda dengan ilmu pasti, sehingga pintar-pintar kita untuk memberikan penjelasan mengenai argumen kita. Plus kalau resep dari aku si, kalau bisa tampil beda, hahaha, lain dari yang lain (judulnya pun nyeleneh). Seperti ini misalnya, kamu akan melihat pada slide pertama, Bagaimana kamu tahu HP temenmu adalah Nokia? Simpel jawabnya, tanya aja, HP mu merk apa. Kedua, pertanyaan yang sama dilontarkan dengan brand yang berbeda, kali ini Samsung. Jawabnya juga sama, tanya aja. Yang terakhir, dengan pertanyaan yang sama namun dengan brand Apple. Jawabannya adalah, g perlu nanya, karena dia akan memberi tahu (alias pamer). Itu sebagai pembuka presentasi. Kemudian bagaimana dengan intinya?

Multiple factors created this amazing loyalty.ย Someone says:

  1. Brilliant design;
  2. Highly original products;
  3. Intuitive user experience;
  4. Creative marketing;
  5. And many more.

But we see one element that get mentioned less
but was a key driver of fanatical loyalty of many Apple owners:
Apple created an enemy: the PC and its users;
and built that enemy into much of its marketing.

Okay, berikut adalah materi yang aku sampaikan. Semoga bermanfaat๐Ÿ™‚
Di slide ke-25 ada dua video tentang iklan Apple, link videonya di sini: pertama; kedua.
Oh ya, FYI Alhamdulillah aku dapat nilai A+ dalam kuliah ini dengan nilai total 97. Alhamdulillah

 
Leave a comment

Posted by on 8 October 2012 in Diary, Lain-lain

 

Tags: , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: