RSS

Transportasi di Korea – T-Money

09 Oct

Berbicara mengenai transportasi, di Korea tentu saja lebih modern daripada di Indonesia. Bukan bermaksud understimate dengan sistem pertransportasian negara sendiri, tetapi (yang pertama memang fakta berbicara demikian) hal ini punya maksud terselubung yakni agar sistem transportasi di Indonesia menjadi lebih baik. Amin. Posting ini akan sangat membantu bagi travelers yang berencana pergi ke Korea. Transportasi harus menjadi pertimbangan yang penting selain akomodasi tentu saja.

tmoney11

sumber gambar: seoulistic.com

Okeh, sebelum kita mulai membahas macam-macam transportasi yang ada di Korea, aku akan mengenalkan yang namanya T-money. Ini adalah semacam “kartu” yang dipergunakan sebagai sarana pembayaran transportasi nontunai. Awalnya T-money diperkenalkan oleh pemerintah Korea pada tanggal 22 April 2004 dan hanya bisa digunakan di wilayah Kota Seoul. Namun sekarang sudah bisa dipergunakan di wilayah Gyeonggi-do, Daejon, Incheon, dan Busan (tidak semua wilayah menerima T-Money). Huruf “T” sendiri merupakan singkatan dari kata: travel, touch, traffic, and technology. Wah keren.

Sebagai alat pembayaran transportasi, T-Money bisa dipergunakan untuk membayar bus, subway (kereta bawah tanah), dan juga taxi (tidak semua taxi menerima T-Money, hanya yang berlogo T-Money saja). Fungsi dari T-Money sama seperti debit card. Jadi kalau pake debit card kita punya sejumlah uang di rekening kita, kemudian kalau mau belanja kita tinggal gesek saja, dan secara otomatis uang di rekening kita akan berkurang sesuai dengan jumlah belanjaan kita. Nah, sama seperti itu sifatnya. Jadi kita tinggal “isi ulang” atau recharge T-Money dengan sejumlah uang, kemudian ketika akan naik bus atau subway kita tinggal “menyentuhkan” atau istilah kerennya “ngetap”.

Ketika menggunakan T-Money, kita bisa mendapatkan “diskon” sampai 100 Won. Misalkan sekali naik bus adalah 1100 Won kalau bayar cash, namun karena pada T-Money kita hanya dikenakan tarif 1000 Won. Selain itu, kita akan mendapatkan “gratisan” saat “transfer”. Yang dimaksud transfer adalah ketika kita pindah dari subway line A ke subway line B, atau bus A ke bus B, atau bus ke subway dan juga sebaliknya. Namun ingat, ada batas waktunya, yaitu 30 menit. Maksudnya ketika kita turun dari bus dan naik subway, maka selang waktunya harus di bawah 30 menit, di atas itu kita dikenai tarif normal. So, mending purchase T-Money saja kalau mau ke Korea, selain lebih murah juga bisa digunakan sebagai oleh-oleh nantinya, hehehe.

Jenis T-Money
Meskipun awalnya adalah kartu, namun T-Money ada banyak jenisnya seiring dengan kemajuan zaman. Seperti terlihat di gambar, T-Money ada yang berbentuk kartu (original), kemudian ada yang bentuknya gantungan kunci atu gantungan HP. Jadi bisa ditaruh di HP biar lebih praktis, g perlu ngeluarin semacam kartu. Ada juga yang sudah tersambung dengan kartu telepon, semacam SK Telecom dan LG. Jadi kalau mau ngetap tinggal nyentuhin HP (bagian belakang yang ada kartunya) ke alat tap. Selanjutnya adalah yang embedded dengan kartu debit atau kartu kredit. Aku memakai yang jenis ini. Awalnya aku pake yang jenis kartu, kemudian karena kurang nyaman sering isi ulang atau recharge, maka aku pake debit card. Jadi sama modelnya dengan debit card, tagihan transportasi kita akan diambil dari rekening kita.

Membeli T-Money
Kita bisa membeli T-Money di semua convenience store, semacam GS25, 7-eleven, CU, Ministop, Buy The Way, asal mereka ada logo T-Money. Harganya sekitar 2500-3000 Won, itu yang kartu biasa, kalau mau yang “aneh-aneh” misal gantungan kunci, ya harganya lebih mahal, bisa sekitar 8000 Won.

Recharge T-Money
Semua convenience store di mana yang ada logo T-Money, kita bisa mengisi ulang atau recharge T-Money. Tinggal bilang 충전 /chungjeon/ ke penjaganya, atau kalau susah, sodorin aja tuh T-Money, lalu bilang berapa kita akan ngisi, mulai dari misal 5.000 Won atau 10.000 Won. Ingat bahwa isi ulang T-Money hanya bisa pakai uang cash, artinya tidak bisa menggunakan kartu debet atau kartu kredit. Maksimal isi T-Money adalah 500.000 Won.
Selain itu, kita juga bisa recharge sendiri (self-service) di beberapa anjungan pengisian T-Money di Subway Station. Kalau merasa kesulitan, mending saranku ke convenience store aja, tinggal bilang, bayar, kkk, daripada repot plus kalau salah gmana. Hahaha.

sss

sumber gambar: seoulistic.com

Menggunakan T-Money
Setelah kita beli dan isi ulang T-Money, sekarang saatnya “praktik”, hahaha. Bagaimana menggunakan T-Money? Gampang saja. Tempatkan T-Money di pada alat yang ada di pintu masuk Subway atau bus, alat itu dilengkapi dengan sensor yang akan mendeteksi T-Money serta langsung menguras isi T-Money kita. Di alat itu, akan tertera dua “angka”, yang atas merupakan nominal berapa tarif-nya, sedangkan yang bawah menunjukkan berapa sisa uang yang ada di T-Money kita. Jadi kita bisa tahu berapa tuh uang yang tersisa. Jangan sampai malu, g ada uang di T-Money namun nekat naik bus, kkk. Setelah turun subway atau turun dari bus, jangan lupa untuk ngetap lagi. Ini akan sangat berguna ketika kita transfer, ke bus atau subway (lihat penjelasan soal diskon transfer di atas).

sumber gambar: visitseoul.net

sumber gambar: visitseoul.net

Lain-lain
Karena tarif untuk anak-anak, remaja, dan dewasa di Korea dibedakan (bedanya sekitar 200-500 Won), maka ketika membeli T-Money dan diperuntukkan bagi anak-anak dan remaja, juga ada peraturan tambahannya. Setelah kita membeli T-Money dari convenience store, maka kita harus meregistrasi alias mendaftarkan T-Money (apabila T-Money tersebut diperuntukkan bagi anak-anak dan remaja) ke http://www.t-money.co.kr/. Klik di Foreigner Guide, kemudian pilih Step 2. Ikuti petunjuknya.

 
4 Comments

Posted by on 9 October 2012 in Diary, Korea, Korean's Life, Travelling

 

Tags: , , , , ,

4 responses to “Transportasi di Korea – T-Money

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: