RSS

Transportasi di Korea – Kereta (Railroad)

15 Oct
sumber gambar: english.visitkorea.or.kr

sumber gambar: english.visitkorea.or.kr

Jenis transportasi di Korea yang dapat digunakan untuk travelling antarkota dan antarprovinsi adalah kereta (railroad). Jadwal kereta di Korea sangat tepat dan strict. Jarang terjadi keterlambatan, kalaupun terlambat kadang g terlalu lama, biasanya 2 menit, 5 menit, atau 10 menit. Kereta di Korea dibagi berdasarkan kecepatan dan pelayanan yang ditawarkan. Ada KTX, Saemaeul, Mugunghwa, dan Nuriro, dengan harga tiket yang tentu saja berbeda.

Terdapat dua line utama di Korea: Gyeongbu Line (경부선), yang menghubungkan kota terbesar Seoul dan kota terbesar kedua, Busan; kemudian Honam Line (호남선), yang menghubungkan Seoul dengan Gwangju dan berakhir di Mokpo. Line yang lain meliputi Gyeongjeon Line (경전선), Jeolla Line (전라선), dan seterusnya (bisa lihat di gambar).

Korea Train Express (KTX)
KTX resmi beroperasi pada tanggal 1 April 2004. KTX sanggup melintas dengan kecepatan 350 km/jam dengan kecepatan rata-rata 300 km/jam. Dengan KTX, kita bisa menghemat waktu sampai setengahnya, misalkan dari Seoul ke Busan bisa dicapai hanya dalam waktu 2 jam 58 menit. KTX dibagi menjadi dua kelas: standard dan first class, tentu saja first class lebih mahal daripada standard. Berikut adalah perbandingan harganya:

  1. Gyeongbu Line (Dari Seoul Station):
    1. ke Gwangmyeong: Standard: 8.100 Won; First Class: 12.700 Won, dengan waktu tempuh 15 menit.
    2. ke Cheonan/Asan: Standard: 13.600 Won; First Class: 19.000 Won, dengan waktu tempuh 37 menit.
    3. ke Daejeon: Standard: 22.900 Won; First Class: 32.100 Won, dengan waktu tempuh 59 menit.
    4. ke Dongdaegu: Standard: 41.100 Won; First Class: 57.500 Won, dengan waktu tempuh 1 jam 47 menit.
    5. ke Miryang: Standard: 39.700 Won; First Class: 55.600 Won, dengan waktu tempuh 2 jam 19 menit.
    6. ke Busan: Standard: 44.800 Won; First Class: 62.700 Won, dengan waktu tempuh 2 jam 58 menit.
  2. Honam Line (dari Yongsan Station):
    1. ke Cheonan/Asan: Standard: 13.300 Won; First Class: 18.600 Won, dengan waktu tempuh 35 menit.
    2. ke Seodaejon: Standard: 22.700 Won; First Class: 31.800 Won, dengan waktu tempuh 59 menit.
    3. ke Iksan: Standard: 29.600 Won; First Class: 41.400 Won, dengan waktu tempuh 1 jam 51 menit.
    4. ke Gwangju Songjeong: Standard: 37.500 Won; First Class: 52.500 Won, dengan waktu tempuh 2 jam 41 menit.
    5. ke Naju: Standard: 38.900 Won; First Class: 54.500 Won, dengan waktu tempuh 2 jam 51 menit.
    6. ke Mokpo: Standard: 43.300 Won; First Class: 60.600 Won, dengan waktu tempuh 3 jam 17 menit.

KTX

Saemaeul (새마을)
2qwrSaemaeul bisa disebut first class train (di bawah KTX) dan di atas Mugunghwa yang merupakan second class train. Nama Saemaeul (yang secara literal berarti desa baru) diambil dari Saemaeul Undong, suatu gerakan revitalisasi pedesaan yang dipelopori Park Chunghee di era 70an. Tarif Saemaeul lebih murah dari KTX dan lebih mahal dari Mugunghwa, dengan waktu tempuh yang tentu saja di bawah KTX dan lebih cepat dari Mugunghwa.

Destinasi Saemaeul:

  • Gyeongbu Line: Seoul-Busan. Seoul-Masan, Seoul-Bujeon;
  • Janghang Line: Yongsan-Iksan;
  • Honam Line: Yongsan-Mokpo;
  • Jeolla Line: Yongsa-Yeosu;
  • Jinhae Line: Daegu-Jinhae.

Mugunghwa (무궁화)
OLYMPUS DIGITAL CAMERADibanding KTX dan Saemaeul, Mugunghwa merupakan kelas terakhir, yang paling murah dan paling tidak cepat. Mugunghwa menawarkan pemberhentian yang tidak dijangkau oleh keduanya. Mungunghwa menawarkan standing passengers alias penumpang berdiri (aku sering g dapat tempat duduk dan harus berdiri) dengan tarif yang sama dengan penumpang yang duduk! Sakit hati rasanya ketika tahu kita berdiri tapi bayarnya sama, hahaha. Nama Mugunghwa diambil dari bunga nasional Korea: Mugunghwa. Line yang dilewati Mugunghwa: Gyeongbu, Janghang, Chungbuk, Honam, Jeolla, Gwangju, Gyeongbuk, Daegu, Jungang, Taebaek, Yeongdong, Donghae Namu, dan Gyeongjeon.

Intercity Train Express (ITX), Nuriro (누리로), dan Tonggeun (통근)
ITX-Gyeongchun merupakan kereta yang beroperasi di Gyeongchun Line (lihat Seoul Subway) dari Yongsan ke Chuncheon Station. Kereta ini mulai beroperasi pada 28 Februari 2012 dan berkecepatan 180 km/jam. ITX merupakan kereta tercepat kedua setelah KTX. Harga tiketnya (dari Yongsan) ke Cheongnyangni: 3.000 Won; ke Gapyeong: 6.900 Won; ke Chuncheon: 9.800 Won. Namun saat ini berlaku diskon 30% untuk destinasi tersebut. Rute ITX: Yongsan Station → Cheongnyangni → Sangbong → Toegyewon  Sareung Pyeongnaehopyeong → Maseok → Cheongpyeong→ Gapyeong → Gangchon → Namchuncheon → Chuncheon (warna biru: hanya berhenti saat rush hour saat weekday, warna hijau: hanya berhenti ketika kereta dari arah Cheongnyangni).

Nuriro mulai beroperasi pada 1 Juni 2009 yang beroperasi dari Seoul Station ke Shinchang Station. Fasilitas yang ditawarkan Nuriro hampir sama dengan Mugunghwa.

Sementara Tonggeun, kalau di Indonesia dikenal dengan commuter. Hanya melayani rute-rute pendek yang berjarak belasan kilometer. Tonggeun hanya terdapat di desa-desa (di Seoul tidak ada). Rutenya hanya ada dari Dongducheon ke Baengmagoji (Gyeongwon Line) dan Munsan ke Dorasan (Gyeongui Line).

keretaKorea Rail (KR) Pass
KR Pass merupakan jenis tiket yang dijual untuk foreigners yang menawarkan jasa travel via semua jenis kereta yang dioperasikan oleh KORAIL, termasuk KTX, Saemaeul, dan Mugunghwa. KR Pass sangat berguna karena harganya lebih murah dari tiket biasanya. Namun KR Pass tidak bisa digunakan saat hari libur maupun peak season, seperti libur musim panas. Berikut adalah jenis dan harga KR Pass (harga dalam Won):

  1. 1 day use: Dewasa: 58.200; Remaja (13-25 tahun): 46.600; Anak-anak (4-12 tahun): 29.100; Saver Pass (2-5 Orang): 52.400.
  2. 3 days use: Dewasa: 84.600; Remaja (13-25 tahun): 67.700; Anak-anak (4-12 tahun): 42.300; Saver Pass (2-5 Orang): 76.100.
  3. 5 days use: Dewasa: 127.000; Remaja (13-25 tahun): 101.600; Anak-anak (4-12 tahun): 63.500; Saver Pass (2-5 Orang): 114.300.
  4. 7 days use: Dewasa: 160.400; Remaja (13-25 tahun): 128.300; Anak-anak (4-12 tahun): 80.200; Saver Pass (2-5 Orang): 144.400.
  5. 10 days use: Dewasa: 185.100; Remaja (13-25 tahun): 148.100; Anak-anak (4-12 tahun): 92.500; Saver Pass (2-5 Orang): 166.600.

How to take a train
Kamu bisa memesan tiket kereta di Station-Station yang menyediakan service kereta tersebut, misalkan, untuk KTX bisa dipesan di Seoul Station, Yongsan, dan Yeongdeungpo. Ingat tidak semua stasiun menjual tiket kereta. Jadi pastikan dulu kereta yang akan digunakan dan tempat membeli tiketnya. Kalau kereta tersebut berhenti di stasiun itu, maka tiket bisa dipesan di situ. Tiket bisa dipesan via loket tiket dengan antre, atau tidak mau mengantre bisa memesan tiket via automatic ticket seller (mesinnya seperti ATM, dan mudah penggunaannya, karena dilengkapi fitur bahasa Inggris, selain itu, bisa menerima pembayaran dengan cash alias tidak perlu pakai kartu). Kamu juga bisa memesan tiket secara online di http://www.letskorail.com, lebih mudah karena tersedia fitur bahasa Inggris.

Kemudian setelah memesan tiket, jangan sampai salah masuk jalur kereta karena jalur kereta untuk KTX, Saemaeul, dan Mugunghwa berbeda dengan Seoul Metro. Ada tulisannya si jadi jangan sampai salah ya, ntar berabe, dipastikan jalur berapa keberangkatan kapan, sampai mana. Uniknya adalah tidak ada pemeriksa tiket di sini. Ada tulisan yang menyatakan kalau “kita percaya bahwa yang naik kereta adalah yang sudah membeli tiket”. Sungguh trenyuh sistem kepercayaan seperti ini. Bisa saja kan kalau ada orang nakal yang tidak memesan tiket kemudian masuk begitu saja. Oh ya, kalau dapat jenis tiket 입석 (berdiri) untuk Mugunghwa, kamu bisa masuk ke gerbong depan, untuk restoran, dan game. Di sana akan banyak berkumpul orang-orang seperti kita yang malangnya dapat tiket berdiri. Daripada duduk di bagian penghubung antar gerbong, mending ke sana aja hahaha (sudah pengalaman berkali-kali T_T).

 
8 Comments

Posted by on 15 October 2012 in Diary, Korea, Korean's Life, Travelling

 

Tags: , , , , , , , ,

8 responses to “Transportasi di Korea – Kereta (Railroad)

  1. in in

    1 November 2014 at 02:45

    Hai… bagaimana cara menuju gyeongbu line kalo kita dari seoul station untuk menuju busan dgn Ktx? Tq

     
    • Mujiya Ulkhaq

      4 November 2014 at 12:29

      klo dari seoul station mau ke busan via ktx ya tggal pesen tiket aja di seoul station,

       
  2. rizka

    15 December 2014 at 13:31

    hai, saya berencana dari busan ke seoul naik mugunghwa dan book yang standard class . kalau sudah book itu sudah terjamin pasti dapat tempat duduk gak? oh iya kalau book via online, nanti kita tunjukkin tiketnya pas di station di bagian apa?
    saya masih buta banget nih soalnya..🙂
    terima kasih

     
    • Mujiya Ulkhaq

      17 December 2014 at 12:52

      kan di tiketnya ada tulisannya kalau 입석 berarti berdiri alias g dapet tempat duduk… biasanya sebelum beli ada informasi masih ada tempat duduk apa enggak.
      Tidak ada pemeriksaan saat masuk ke kereta (g kaya di Indonesia kkk) tapi kadang ada pemeriksaan di dalam (kadang dan setahuku jarang, karena penduduk sini pada jujur2 kkk). Biasanya pemeriksaan dilakukan pada orang2 yg g dapet tempat duduk

       
  3. Titin

    24 August 2015 at 17:34

    Halo, sy berencana lebih kurang seminggu ke South Korea dan ingin mengunjungi Sokcho, Jeonju, Busan, and Gyeongju. Lebih baik menggunakan bus or beli KR Pass ya? Kindly advise ya… Thanks in advance🙂

     
    • Mujiya Ulkhaq

      2 January 2016 at 13:44

      oh wilayah selatan ya.. tinggalnya di seoul?
      kalau di seoul ya pake kereta..soalnya jauh

       
  4. nicky elvia

    14 September 2016 at 18:13

    Saya suka artikel anda. Ini sangat menarik!
    Membuat saya lebih semangat menabung untuk berlibur ke korea.
    Terima kasih🙂

     
    • Mujiya Ulkhaq

      20 September 2016 at 19:41

      Sama2

       

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: