RSS

제부 (Jebu), Tidak Sama dengan 제주 (Jeju)

20 Oct

391600_158489177626082_1077449228_nKetika mendengar kata “Jebu” kemudian dikaitkan dengan fakta bahwa Jebu adalah sebuah pulau di Korea Selatan, maka biasanya pertanyaan yang terlintas adalah, apakah Jebu sama dengan Jeju? Maklum, karena Jeju notabene adalah sebuah daerah wisata yang sangat terkenal di Korea Selatan. Nah, bagaimana dengan Jebu? Seperti sudah aku tulis di atas bahwa Jebu tidak sama dengan Jeju, hehehe. Jebu atau lengkapnya Jebu-do (do adalah bahasa Korea untuk pulau), adalah sebuah pulau yang terletak di Jebu-ri, Seosin-myeon, Hwaseong-si, Gyeonggi-do.

Aku ke sini diajak Bang Mata, si Presiden PERPIKA saat itu. Dia juga diajak oleh Pak Lim, seorang Korea yang tertarik dengan Indonesia. Jadi ceritanya ini Pak Lim ini pernah diajak oleh Bang Mata ke suatu seminar tentang Indonesia, dan dia excited banget. Katanya dia mau ke Indonesia. Dia juga sudah agak fasih ngomong bahasa Indonesia, karena sudah belajar selama 4 atau 5 tahun begitu, otodidak. weleh2. So, sebagai tanda terima kasih, beliau ngajak Bang Mata pergi ke Jebu-do. Bang Mata pun ngajak aku dan Bang Arfan, walhasil kita berempat jalan-jalan ke Jebu-do.

Kita berempat ke Jebu by mobilnya Pak Lim. Ini adalah kali pertama aku traveling di Korea dengan mobil pribadi, biasanya kan pake mobil umum, alias bus, atau kalo enggak subway, hehehe. Kita bertiga (aku, Bang Mata, Bang Arfan) berangkat dari Suwon Station dan berhenti di Sungkyungkwan Station. Dari sana kami bertemu dengan Pak Lim. Then, kami melaju ke Jebu-do. Kalau mau ke Jebu via transportasi umum, bisa naik bus nomor 1004 dari Suwon Station. Itu destinasi akhirnya adalah Jebu-do. Jadi g perlu khawatir berhenti di mana. Kalau sudah sampe ujung, turun dah, hehehe.

Sebelum kita mengunjungi pantainya, kita ditraktir makan dulu oleh Pak Lim, 왕새우소금구이, atau artinya udang raja yang dibakar dengan garam. Wah, enak banget ini, dan mahal tentunya, hehehe. Harga satu kilo-nya adalah 40rb won, Wow, dan karena kita berempat, dengan nafsu makan yang wow juga, so g cukup kalau cuma beli 1 kg, hahaha. Dasar. Udangnya ini bener-bener gila deh gedhenya. Cara memasaknya juga unik. Jadi udang yang masih hidup (beneran masih idup), dicemplungin ke wajan yang isinya hanya garam, udah gitu doang, terus ditutup tuh wajan. Jadi kita melihat si udang menggelinjang kepanasan menunggu dijemput malaikat maut. Meskipun begitu, kami tetep lahap menyantap si udang tanpa belas kasihan, hahaha. Bener-bener enak banget.

20121020_123902Selesai menyantap udang raja plus hidangan penutup 새우칼국수 (mi udang), ini juga enak, porsi besar, dan mahal, kkk, kami pun melanjutkan perjalanan ke Jebu-do. Perjalanan ke sana tidak begitu istimewa, kkk, ya mau gmana lagi, cuma duduk di mobil, ngobrol-ngobrol gitu, apa yang Anda harapkan? kkk. Yang menarik adalah fakta bahwa jalur masuk ke Jebu-do tidak sepanjang hari dibuka. Apabila air pasang, maka jalan satu-satunya yang menghubungkan ke Jebu-do akan ditutup. Wew. Jadi di jalan menuju Jebu-do, di kanan-kiri ada remaja (mungkin volunteer kali ya), yang membagikan jadwal air pasang. Tanggal dan perkiraan jamnya, sehingga kalau misal kita ke sana, pas jadwal air pasang, dan kita masih di Jebu-do, sudah lah siap-siap kita akan terjebak di sana, menunggu air surut kembali, baru bisa pulang, hehehe.

Sesampai di Jebu-do, ternyata…. begitulah, tidak begitu istimewa kalau boleh aku bilang, kkk. Meski kalau kata lifeinkorea.com Jebu-do itu pulau yang romantis, mereka bilang “The drive to Jebu-do is pretty and there are many romantic cafes and restaurants in and around Jebu-do”. But kalau aku boleh bilang, so so lah, kkk, tidak terlalu cantik-cantik amat. Memang banyak kafe dan restoran di pinggir pantai. Memang asyik ketika menghabiskan waktu di pinggir pantai, menanti sunset dengan kekasih, so romantic. Namun dari pemandangan pantainya, not so good I think. Satu yang cukup mengesankan adalah adanya batu-batu raksasa, yang kata Pak Lim itu adalah pemecah gelombang.

Untuk lebih jelasnya, beberapa foto hasil jepretan kameraman amatiran sudah diabadikan di sini. Hehehe, check that out! ^_^

 
1 Comment

Posted by on 20 October 2012 in Diary, Korea, Travelling

 

Tags: , , , , ,

One response to “제부 (Jebu), Tidak Sama dengan 제주 (Jeju)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: