RSS

Sholat Idul Adha 1433 H di Korea Selatan

27 Oct

20121026_083334Allahu akbar, Allahu akbar, Allahu akbar, Laa ilaha illallah huwallahu akbar, Allahu akbar walillahil-hamd. Seperti sudah dibayangkan suara takbir akan menggema untuk menyambut hari raya umat Islam, Idul Fitri dan Idul Adha. Namun suasana hari ini berbeda dengan yang biasanya terjadi di Indonesia, yang notabene adalah negara dengan masyarakat muslim terbesar di dunia. Di sini, di Korea, there is no such “celebration” like that. Sepi? Iya, jelas. Masyarakat masih melakukan pekerjaan seperti biasa. Tidak ada tanda-tanda “kesepian” dan “kelengangan” di jalan, masih sama seperti biasa. Seperti tidak terjadi apa2. Yah, maklumlah, ane sudah mafhum dengan hal seperti itu dan sudah memprediksi hal ini.

For me, Idul Adha kali ini adalah kali kedua secara berturut-turut aku bareng dengan keluarga. Tahun lalu, aku melaksanakan sholat Idul Adha di Jakarta, karena aku sudah bekerja dan tinggal di sana. Yang membedakan adalah tahun ini aku terpisahkan jarak ribuan kilometer, sedang tahun lalu hanya ratusan kilometer, hehehe.

Sholat Id di negeri orang, merupakan pengalaman pertama bagiku. I’ll remember this one. Dan entah kebetulan apa enggak, tahun ini, di Korea Selatan, merupakan yang pertama kalinya kegiatan shalat Idul Adha tidak dilaksanakan di KBRI Seoul seperti biasanya. Tahun ini, WNI yang ada di Korea Selatan khususnya yang berada di wilayah Seoul dan sekitarnya melaksanakan shalat Idul Adha di Hwarang Park, Ansan. Jumlahnya tidak tanggung-tanggung, ada sekitar tujuh ratus jamaah! Di antara mahasiswa dan pekerja, hadir juga para staff KBRI beserta keluarganya.

Acara dimulai pukul 09.00 WKS didahului oleh sambutan dari KBRI Seoul yang disampaikan oleh perwakilan Duta Besar Indonesia untuk Korea Selatan. Sambutan selanjutnya diberikan oleh Saudara Nur Sito Aji, ketua Ikatan Keluarga Muslim Indonesia (IKMI). Ia  mengajak para jamaah untuk terus saling berbagi antara sesama dan meningkatkan amal ibadah sholat kita walaupun sedang berada di negeri orang. Shalat Idul Adha dipimpin oleh Imam sekaligus khotib saudara Gilar Budi Raharja. Suasana panas matahari dengan udara yang cukup dingin tidak menurunkan semangat para jamaah yang terlihat sangat serius dalam mendengarkan khutbah.

wpid-c360_2012-10-26-09-06-54

 
1 Comment

Posted by on 27 October 2012 in Diary, Islam, Korean's Life

 

Tags: , , ,

One response to “Sholat Idul Adha 1433 H di Korea Selatan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: