RSS

Menengok Indahnya 남이섬 (Nami Island) – How to Go There

03 Nov

20121103_154217Musim gugur di Korea identik dengan warna-warni dedaunan yang semarak. Kalau lihat di jalan-jalan, banyak pohon dengan daun berwarna merah marun, kuning, oranye, yang hijau juga masih banyak. Indah sekali. Bersama dengan semangat musim gugur, kali ini aku akan posting mengenai pengalamanku traveling ke 남이섬 (Nami Island) yang memang terkenal cantik saat musim gugur. Bagi kalian yang ingin berwisata ke Nami Island, saranku pergilah saat musim gugur. Soalnya kalau musim dingin bakalan dingin banget, dan musim panas bakalan panas banget, hahaha.

Nami Island merupakan pulau buatan yang terletak di Chuncheon, ibu kota Provinsi Gangwon. Nami Island terkenal berkat drama Korea, Winter Sonata (겨울연가) di tahun 2002. Mungkin para orang tua masih ingat dengan drama ini, hehehe. Soalnya dulu atasanku sering cerita kalau dia seneng banget ama drama ini. Haha. Well, berkat drama ini, jumlah pengunjung di Nami Island meningkat dua kali lipat lebih! Sebagai perbandingan, pada tahun 2001, jumlah wisatawan yang berkunjung ke sana sekitar 270.000, sedangkan di tahun berikutnya mencapai 650.000. Wow. Dan sekarang ini, sekitar 1,5 juta wisatawan mengunjungi Nami Island setiap tahunnya. Wow untuk yang kedua kali.

Yang unik dari Nami Island adalah Nami Island merupakan “negara di tengah negara”, hohoho. Pada tanggal 1 Maret 2006, Nami Island mendeklarasikan “kemerdekaanya”. Nama resminya adalah Naminara (Nara merupakan bahasa Korea dari Negara, jadi Naminara artinya Negara Nami). Jadi kalau mau ke Nami Island harus butuh visa masuk lho. Wait, ini beneran? iya, beneran. Hahaha, tapi tenang aja, ini hanyalah strategi marketing untuk lebih mendongkrak popularitas Nami Island. Jadi, Nami Island merupakan “negara imajiner”, pura-puranya. Kalau mau masuk memang harus meng-issue visa, dan tenang aja, visa di-issue di sini (nama kerennya visa, padahal itu hanya sekadar karcis masuk, hehehe). Untuk menambah kelebayan sebagai negara beneran, di sini juga menjual postcard, perangko, kartu telepon, dan juga mempunya mata uang sendiri.

How to go to Nami Island?

Wah ini pertanyaan direct yang biasanya ditanya travelers. Dan jawabanku adalah naik apa dan dari mana. Di sini aku akan memberi petunjuk ke Nami Island via Subway (kereta) yang biasanya lebih cepet dan comfortable dari Seoul dan dari Incheon. Aku juga akan memberikan petunjuk via shuttle bus, cuman ya g lengkap, setahuku aja, hehehe. Sebagai perbandingan sebenernya lebih murah via subway, dan lebih nyaman juga. But setiap orang kan punya preference sendiri. Oke deh, lanjut.

Dari Incheon (인천) ke Gapyeong Station (가평역) via Subway
Dari Bandara Incheon, kamu bisa naik Subway ke Gapyeong Station (stasiun terdekat ke Nami Island). Namun cara ini tidak langsung, jadi harus transit dulu ke beberapa stasiun jadi lama lah, hehehe.
Incheon -> Hongik University
Dari Incheon ke Hongik Univ. bisa naik AREX (Airport Railroad Express) sekitar KRW 4.000 dan KRW 8000. Yang lebih mahal tentu saja lebih cepet. Kalau yang biasa sekitar 45 menitan, yang cepet sekitar 20 menitan. Ada yang lebih murah lagi yaitu Korail atau subway biasa, seharga subway biasa, KRW 900 dengan waktu tempuh satu jam lebih.
Hongik University -> Wangsimni
Setelah turun di Hongik University, kita bisa transfer ke Line Central dan berhenti di Wangsimni (sekitar 20 menit).
Wangsimni -> Sangbong
12 menit waktu yang dibutuhkan dari Wangsimni ke Sangbong.
Sangbong -> Gapyeong
Perjalanan terakhir via subway berakhir di sini, dibutuhkan sekitar 50 menit dari Sangbong ke Gapyeong. Jadi kalau ditotal semua waktu yang dibutuhkan dari Incheon ke Nami adalah… (itung sendiri lah ya, hehehe)

Dari Seoul Station (서울역) ke Gapyeong Station (가평역) via Subway
Sama seperti dari Incheon, tidak ada subway dari Seoyl yang langsung menuju ke Gapyeong, kita harus transit beberapa kali.
Seoul Station -> Hoegi
Dari Seoul Station (Line 1) kita menuju ke Hoegi sekitar 20 menit.
Hoegi -> Sangbong
Hanya 5 menit waktu yang dibutuhkan dari Hoegi ke Sangbong.
Sangbong -> Gapyeong
Perjalanan terakhir via subway berakhir di sini, dibutuhkan sekitar 50 menit dari Sangbong ke Gapyeong. Jadi kalau ditotal semua waktu yang dibutuhkan dari Seoul Station ke Nami adalah sekitar 90 menit (loh, koq bisa? kalau itungan di atas 20+5+50 = 75 menit. Owh, waktu 90 menit sudah memperhitungkan waktu perpindahan dan menunggu kereta datang).

Dari Seoul Station (서울역) ke Gapyeong Station (가평역) via Shuttle Bus
Dari sini kita bisa langsung naik shuttle bus dengan biaya sekitar KRW 6100 dengan waktu tempuh sekitar 1 jam 30 menit.

Dari Gapyeong Station (가평역) ke Nami Parking Lot
Oke, setelah dari Gapyeong Station perjalanan belumlah berakhir kawan. Kita masih harus menempuh perjalanan ke Nami Parking Lot. Dari sini bisa naik Bus yang ada di depan Gapyeong Station (sekitar KRW 1000) menuju Nami Parking Lot dengan waktu tempuh sekitar 10 menit. Atau mau naik taksi sekitar KRW 4000 dan bisa lebih nyaman karena selain adem, juga bisa langsung turun tidak di halte (kalau dari halte harus jalan lagi). Selain itu, kalau perginya rombongan bisa lebih murah karena bisa patungan bayar biaya taksi.

Dari Nami Parking Lot ke Nami Island
Setelah dari sini, karena Nami adalah pulau, kita harus naik kapal ferry ke sananya. Ferry akan berangkat setiap 20 menit sekali. Biaya naiknya adalah sama dengan biaya visa masuk KRW 8000.

Selamat menikmati Perjalanan ke Nami Island.
Jangan lupa lihat pula keindahan Nami Island dari hasil jepretan cameraman amatiran di sini, hehehe ^_^.

 
1 Comment

Posted by on 3 November 2012 in Diary, Korea, Korean's Life, Travelling

 

Tags: , , , ,

One response to “Menengok Indahnya 남이섬 (Nami Island) – How to Go There

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: