RSS

1st Time Skiing

19 Dec

476587_533011883377493_1253178421_oAkhirnya aku merasakan ski juga. Udah di Korea pas winter pula, ya ga lengkap rasanya kalau g nyobain main ski, hahaha. Kali ini aku dengan temen-temen Indonesia lainnya (total berjumlah 7 orang) berkunjung ke 양지파인리조트 (Yangji Fine Resort) yang terletak di daerah Yongin, Gyenggi-do.

Sebenernya agenda ski ini sudah direncanakan jauh-jauh hari. Karena maunya rame-rame so harus nemuin waktu yang tepat buat semuanya. Dan terpilihlah tanggal 19 Desember 2012, karena tepat hari ini Korea mengadakan pemilihan presiden, so dapet libur. Plus hari itu g weekend, and biaya masuk menjadi lebih murah. Temen kami dapat tiket promo sehingga bisa dapat diskon 70% asal bukan di hari weekend. Wow, keren…

But, ternyata eh ternyata banyak dari temen kami yg g bisa ikut dihari ini, karena terbentur beberapa agenda, terutama untuk ujian akhir, maklum, tanggal-tanggal ini adalah waktunya ujian. So rombongan di-split menjadi dua, di tanggal 19 dan 25 Desember. Ada yang bisanya tgl 19 ada yg 25, karena g bisa dicocokin, so di split menjadi dua. But I hope ini g mengurangi keharmonisan, wkkk.

Kami bertujuh (aku, mbak vita, bang mike, ghani, ayu, teh qonith, and fania) rencana kumpul jam 8 di depan Hotel Ramada tempat shuttle bus jemputan menunggu. Fasilitas shuttle bus jemputan ini gratis, menjemput para visitor yang mau ke Yangji, cuman g banyak yang tahu. Caranya adalah dengan menelepon dan pesen tempat duduk sejumlah orang yang mau ke sana. Bus rencana berangkat jam 8.10. Di Korea ini terkenal tepat waktu dan kejem, so, ati-ati bisa ditinggal.

Pukul 7 tepat aku dan mbak vita sudah siap dan menunggu bus yang mau ke arah Ajou Univ. Empat orang lainnya pada tinggal di sekitar Ajou Univ, hanya aku, mbak vita and bang mike yang datang dari luar Ajou. Sumpah, dingin banget, suhu mencapai -10 derajat celcius! Waktu nunggu bus dateng, rasanya dah mau mati membeku (lebay). Dan akhirnya sekitar jam setengah delapan kami sampe di Ajou Univ. Dan jam setengah 9 kami sudah ada di Shuttle Bus untuk berangkat ke Yangji… Go…

Ternyata eh ternyata shuttle bus nya juga menjemput di daerah Yeongtong, depan Homeplus. Dan itu sangat deket dengan kosanku, tinggal ngesot. Ketika tahu bus berhenti di sana, aku dan mbak vita langsung ngerasa….ngapain kita jauh2 ke Ajou, dingin-dingin pagi-pagi, kalau jam 9 kita bisa nunggu bus tepat di depan kosan… such like in vain action

Satu jam perjalanan akhirnya kita sampe di Yangji. Melihat hamparan salju, gondola, wow.. kaya di drama-drama korea.. wkwkwk.. Untuk tiket masuk sekitar KRW 90.000 ~ Rp 700.000, but karena kita dapat promo, so cuma bayar KRW 27.500 ~ Rp 220.000, sudah include makan siang seharga KRW 10.000 dan tiket masuk naik gondola. Untuk harga sewa kostum seharga KRW 10.000 dan sewa peralatan ski seharga KRW 9,000 untuk setengah hari (aku lupa untuk yang satu hari berapa), dan sewa helm seharga KRW 3,000. Total aku mengeluarkan KRW 46.500 (tanpa helm).

Pelajaran berharga ketika berski adalah JATUH. hahaha. Sudah berapa kali Anda jatuh? itu yang ditanyakan. Semakin banyak jatuh berarti semakin menikmati pula Anda berski. Hahaha.
Ada sekitar 6 tracking, yang buat beginner, bener-bener beginner, intermediate and upper, and advanced (challenge). Karena ini pertama, so pilih yang bener-bener beginner, dan itu pun sering jatuh juga. hahaha.

G gampang main ski. G semudah yang dilihat, kiranya enak gitu ya tinggal meluncur, but it’s very difficult. Jalan aja susah. Kaki kita terlalu panjang, g nyaman, dan butuh adaptasi dengan salju. Aku sering g bisa jalan naik, hanya stuck dan merosot terus. Nabrak orang karena g bisa kontrol itu udah biasa. Hahaha. Ketika udah ada di puncak (yang buat bener-bener beginner), kita diajarin meluncur oleh Bang Mike. Dia udah sekitar 5 tahun kerja di Korea, udah mahir ski dia. Intinya kalau meluncur, kaki membentuk huruf V terbalik, badan dicondongin ke bawah, nanti akan berhenti sendiri. Kalau mau jalan, kaki membentuk huruf V dan jalan dengan zig-zag. So simple kalau diomongin, but kalo dipraktikkan,, susah banget….

Cara paling ampuh agar g nabrak orang or pagar or apapun itu ketika meluncur dan kehilangan kendali adalah…menjatuhkan diri, hahaha.
It’s so funny though.

Pada postingan berikutnya akan aku posting foto-fotonya, hahaha. Silakan menikmati fotonya di sini.

Salam dingin dari Yangji ^_^

 
5 Comments

Posted by on 19 December 2012 in Diary, Korea, Korean's Life, Travelling

 

Tags: , , , ,

5 responses to “1st Time Skiing

  1. intan

    16 September 2013 at 23:43

    Hi mba Mujiya.. itu dapet diskonanannya gimana caranya? Terus boleh dishare telfon untuk pesen tempat di shuttle busnya ? Hehe..awal november besok aku rencananya kesana, saljunya udah nongol belom yah..

     
  2. wulan

    13 January 2014 at 03:10

    Hi.. anyeong mas… mau tanya sy ke korea 3-10 april 2014 ini. Pgn sekali bs ngrasain ski.. itu kira2 msih bs gak ya? Karna yg sy bc kok cm des-maret. Tmohon infonya rims

     
  3. Mujiya Ulkhaq

    13 January 2014 at 10:28

    Setahuku g bisa deh itu dah musim semi…. klo ke sini april..malah banyak cherry blossom… bagus2 pemandangannnya, and g dingin tentunya

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: