RSS

2nd Gaonchart KPop Awards 2012 – Part I

13 Feb

45726_10200156691511386_2053986364_nSudah sekitar enam bulan aku di Korea tapi belum pernah sekalipun nonton yang namanya konser KPop atau Korean Pop, wkwkwkwk. Mungkin bagi penggemar KPop di Indonesia, hal ini bisa dikatakan “memalukan”. Bagaimana tidak, mereka (penggemar KPop) yang sangat mendambakan pergi ke negeri ginseng ini tentu saja tidak akan menyia-nyiakan kesempatan untuk bertemu dengan idola mereka, baik lewat konser, melihat variety show, melihat lokasi syuting, spot-spot terkenal, mengunjungi agensi, ataupun mengunjungi usaha bisnis, semisal restoran atau kafe (siapa tahu kalau beruntung akan bertemu).

But, di sini, kehidupan mahasiswa graduate tidaklah seindah yang dibayangkan, wkwkwkwk. Jadwal ngelab setiap hari dari pagi sampe malem praktis membelenggu kami, sehingga tidak heran banyak mahasiswa graduate yang ngelab seperti berada di dalam tempurung, cupu istilahnya, haha. Selain itu, mereka juga tidak begitu mengidolakan KPop, sehingga hal seperti itu tidak begitu menjadi soal buat mereka.

Hmm, alright, aku memang bukan penggemar KPop yang gila, tapi ya sekali-kali nonton konser boleh lah, hahaha. Dan kali ini aku akan berbagi pengalamanku nonton konser, bukan konser si tepatnya tapi penghargaan atau award bagi industri musik di Korea, namanya Gaonchart KPop Awards. Kali ini adalah penyelenggaraan kedua, sehingga namanya 2nd Gaonchart KPop Awards.

2nd Gaonchart KPop Awards diselenggarakan di Olympic Hall, Jamsil, Seoul, 13 Februari 2013 mulai pukul tujuh malam sampe jam setengah sepuluh malam. Harga tiket masuk beragam, biasanya berkisar antara 40.000 Won sampai 100.000 Won! Mahal gila, namun kali ini ada tiket istimewa. Komunitas Red Cap Indonesia mendapatkan 100 tiket gratis yang dibagikan cuma-cuma kepada orang Indonesia di sini. Keren. Pas tahu ada woro-woro ini, siangnya tepatnya, aku and Mbak Vita langsung dengan sigap, confirm tiket dan bilang kalau kita akan ikut (alias in). Kalau acara jam 7 mulai, paling tidak jam 5 atau setengah 6 harus cabut dari lab soalnya perjalanan ke Seoul membutuhkan waktu kurang lebih 1 jam. Bagaimana dengan jadwal lab? Oh, kita langsung ngabur saja, ini kesempatan langka bro, wkwkwkwk.

Alhasil sekitar jam lima lebih seperempat kita cabut dari lab dan langsung dandan and ready to go to Seoul. Naik bus ke Seoul seperti biasa dengan semangat 45 kami melawan cuaca dingin di luar di mana salju masih menghiasi jalan-jalan Kota Suwon. Sampai di Jamsil, kami masih harus mencari lokasi. Telpon temen yang sudah ada, tanya orang di jalan, dan itu dilakukan dengan buru-buru (hosh hosh), lari-lari takut g bisa masuk. Maklum orang Korea terkenal tepat waktu, katanya jam setengah 8 pintu sudah ditutup dan kita tidak bisa masuk (bisa masuk lagi saat jam 8 apa setengah 9 saat acara memasuki jeda session).

539346_10200156704551712_1584362369_nAnd finally, kami sampai ke lokasi di mana sudah ramai sekali para penggemar KPop berdatangan. Teman-teman kami sudah menunggu dan langsung memberikan kami tiket gratisan tersebut. Saat kami tiba, sesi red carpet sudah habis. Sesi red carpet adalah sesi di mana para Idol disambut dan para fans dipersilakan mengambil foto. Katanya bisa ngelihat artis jarak dekat. Ah gpp, meski sudah habis yang  penting tiba di lokasi g pake telat, wkwkwkwk. Satu hal yang aku kagumi adalah tiket yang dibagikan. Awalnya aku kira ini tiket ekonomi karena gratisan, hehehe. Namun ketika masuk, aku takjub dengan “dekatnya” lokasi tempat dudukku dengan stage. Wow, ini mah kaya VIP, keren.

Aku masuk, duduk dengan tenang, sambil menunggu acara dimulai. Satu hal yang aku sayangkan di sini adalah…. tidak boleh mengambil gambar alias memfoto. WHAT? Kata temenku kalau ajang award-award kaya gini itu udah dibeli hak siarnya oleh Perusahaan Penyiaran, sehingga segala bentuk pengambilan gambar akan dilarang. Wah, g kira-kira tuh. Alhasil aku dan beberapa orang temenku yang pengen dan keukeuh ingin mengambil gambar, harus kucing-kucingan dengan petugas sangar berbaju hitam yang setiap menit keliling patroli untuk mengawasi.

Awalnya aku kira mereka hanya gertak sambal dengan memperingatkan saja. Namun ternyata ada beberapa penonton yang dikeluarkan! Diambil memory kameranya atau memory HP dan dihapus! Gila. Pertama kedua mereka memang mengingatkan, namun kalau dinilai “parah”, si petugas akan mengambil tindakan. Kira-kira sudah tiga orang Korea didekatku (di depan dan di samping) dikeluarkan selama acara. Aku g mau dong udah susah-susah ke sini tapi ujung-ujungnya dikeluarin. Fyuh. But, apakah berarti aku g mengambil gambar satu pun? Oh tentu tidak, tetep bisa, namun ya begitulah, karena kucing-kucingan dengan petugas, hasilnya jadi g bagus, plus pake kamera HP. Yah, daripada g ada, hehehe.

Lihat hasil jepretan kameraman amatir di sini, hehehe.

 
4 Comments

Posted by on 13 February 2013 in Diary, Korea, Korean's Life

 

Tags: ,

4 responses to “2nd Gaonchart KPop Awards 2012 – Part I

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: