RSS

Menyibak Sisi Eksotis 용인 MBC 드라미아 (Yongin MBC Dramia)

06 Jun

964810_10201129378378353_1264260967_o

Kalian penggemar drama? Hmm, tunggu, postingan ini pasti akan membuat kalian iri, hahaha (PeDe). Mengapa? Karena kali ini aku akan posting mengenai lokasi syuting drama kolosal Korea (yang ditayangkan di televisi lokal MBC). Kalau pada posting sebelumnya terkait 세트장 (tempat syuting) agak mengecewakan (bisa dilihati di sini), namun kali ini dijamin bakalan puas, hahaha…apasih g jelas.

Setelah melewatkan pengalaman yang berharga namun tidak mengenakkan saat mengunjungi Full House, kali ini kami bertiga (aku, Ahong, Indah, dan Mas Bangun) bertekat untuk kembali mengunjungi lokasi syuting drama Korea. Saat itu, di salah satu televisi Korea, MBC (Munhwa Broadcasting Company) tengah menyiarkan drama yang berjudul Gu Family Book (구가의 서), mungkin kalian ada yang tahu, ini drama bagus dan punya rating yang tinggi. Drama ini dibintangi Lee Seung-gi sebagai Choi Kang Chi dan si cantik Suzy Miss-A sebagai Dam Yeo Wool. Drama ini mengisahkan tentang perjalanan Choi Kang Chi yang merupakan Gumiho (manusia setengah siluman rubah) yang ingin menjadi manusia lewat perantara Gu Family Book (Buku Keluarga Gu). Saat kami mengunjungi lokasi tersebut, drama ini masih airing sehingga kami berkesempatan melihat syutingnya, Wow.

Si Indah-lah yang mengusulkan untuk mengunjungi lokasi ini, sebagai penggemar berat Lee Seung-gi. Aku si ngiku-ngikut saja, hahaha. Awalnya aku g tahu tentang drama Gu Family Book, jadi ketika ke sana tidak ada perasaan apa-apa. Beda dengan yang sudah pernah menonton, pasti akan langsung teriak, oh, ini kan tempat si A dibunuh, eh ini kan tempat dia latihan silat, eh ini kan di mana dia dipenjara, dan komentar-komentar lainnya. Poor me. Aku hanya melihat keindahannya saja, hahaha. Namun gara-gara perjalanan kali ini, selepas dari sini, aku langsung kepo lihat drama Gu Family Book, hahaha. Komentarku tentang drama ini.. bagus, recommended lah, ratingnya juga tinggi. Meskipun di awal-awal episode ratingnya masih di kisaran 10-11%, namun di akhir-akhir ratingnya melonjak di atas 20% dan sering menempati posisi pertama. Hebat.

Memanfaatkan liburan Memorial Day (현충일), kami berempat, plus ketambahan satu lagi anggota baru, Ria, dengan semangat berangkat ke sini. Karena tidak tahu rute yang efisien, kami memutuskan untuk kumpul di Nambu Terminal Station dan pergi naik Bus ke 백함 (Baekham). Itu adalah satu-satunya rute yang kami tahu dari internet. Dari Baekham bisa naik bus kecil nomor 35-1 yang datang tiap 2 jam sekali ke Yongin MBC Deramia. Namun alih-alih menunggu bus, kami memilih menggunakan taksi ke sana, hehehe. Untuk ke Baekham, aku rekomendasikan naik Bus nomor 10 dari Suwon Station (waktunya sekitar 2 jam), dari pada harus ke Nambu Station, plus lebih murah, hehehe. Atau kalau kalian dari Kyung Hee, bisa naik Subway dari Yeongtong Station ke Giheung Station, setelah itu naik Bus nomor 10 tadi ke Baekham, tidak perlu ke Suwon Station dulu, jadi lebih cepet, paling sekitar 1 jam lebih sedikit lah (aku pakai rute ini ketika pulang). Nah, dari Baekham, aku rekomendasikan naik taksi ke dalam. Memang taksi agak mahal (sekitar 8000 Won) karena agak jauh, tapi kalau bareng-bareng dengan yang lain kan jatuhnya lebih murah. Selain itu, kalau naik bus 35-1 hanya berhenti di halte bus terdekat (용천/Yongcheon), kemudian setelah itu jalan kaki sekitar 1 km! Hwehehe, pilih mana?

981344_10201129387938592_1462511837_oYongin MBC Dramia dibangun pada bulan Agustus 2005 berlokasi di Yongcheong-ri, Baekam-myeon, Yongin-si, dengan luas total 29.421m². Berbeda dengan lokasi syuting drama lainnya, Yongin MBC Dramia dibangun berdasarkan urutan historis dan sangat akurat menggambarkan struktur dan kultur Korea masa lalu. Selain itu, Yongin MBC Dramia TIDAK dibangun untuk sekali pakai, artinya bangunannya masih kokoh berdiri meski dramanya sudah tidak lagi tayang (mengingat pengalaman kelam Full House, T_T). Jadi jangan sedih meski drama kesayanganmu sudah tidak lagi ditayangkan, namun tempat syutingnya masih ada koq, hahaha. Drama yang mengambil lokasi syuting di sini antara lain, “Dae Janggum”, “Jumong”, “Queen Seon-deok”, “Isan”, “Dong Yi”, “The Moon that Embraces the Sun”, dan tentu saja “Gu Family Book”.

Yongin MBC Dramia mempunya waktu operasi yang unik, Bulan Maret-Oktober (musim semi dan gugur) buka dari pukul 10.00-18.00 (loket ditutup pukul 17.00). Sedangkan musim dingin (Nopember-Februari) dibuka dari pukul 10.00-17.00 (loket ditutup pukul 16.00). Harga tiket masuk bervariasi, untuk Dewasa: Individual 7.000 Won, sedangkan Group dengan minimal 20 orang, seharga 5,000 Won (per orang). Remaja: Individual 6.000 Won, Group 4.000 Won. Anak-anak: Individual 5.000 Won, Group 3.000 Won.

Selain dapat melihat lokasi syuting, kamu juga bisa mencoba Hanbok (pakaian tradisional Korea) yang dipakai di drama-drama yang dimainkan. Tempat meminjam Hanbok ada di banguan sebelah kiri setelah belokan yang pertama, susah ya, begitulah kalau bingung ngasih ancer-ancer, hahaha. Biaya meminjam adalah 20.000 Won dan hanya bisa dipakai di ruangan tersebut saja, tidak bisa dipakai ke luar ruangan. Hu.

Pada postingan berikutnya akan aku posting hasil jepretan kameraman handal, Mas Bangun, terima kasih atas foto-fotonya, hahaha. Silakan lihat fotonya di sini, selamat travelling ^_^.

 
1 Comment

Posted by on 6 June 2013 in Diary, Korea, Travelling

 

Tags: , , , , ,

One response to “Menyibak Sisi Eksotis 용인 MBC 드라미아 (Yongin MBC Dramia)

  1. vitashinee

    7 August 2013 at 15:35

    mupeng peng peng

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: