RSS

Variasi Jumlah Jam Puasa di Berbagai Negara

11 Jul

sumber gambar: nabdapp.com/t/4380716

Waktu puasa (jumlah jam puasa) di Korea Selatan untuk saat ini bisa dikatakan lumayan lama dibandingkan dengan waktu puasa di Indonesia. Tentu saja karena saat ini sedang musim panas, sehingga siang akan lebih panjang daripada malam. Untuk orang yang sudah lama tinggal di negara tropis, yang tidak terpengaruh dengan hal yang beginian, hal ini bisa mengakibatkan shock ringan (lebay), hehehe.

Di Korea Selatan, (saat ini), sholat Shubuh dimulai sekitar pukul 03.22 (imsyak sekitar 10 menit sebelumnya), sehingga praktis sahur ya sebelum jam itu lah ya. Kalau informasinya hanya jam waktu shubuh mungkin tidak begitu berarti alias orang akan mengatakan ah biasa aja, namun mereka akan terperangah ketika tahu kapan waktu berbuka, kkk. Waktu maghrib adalah sekitar jam 20.00. Jadi lama waktu puasa adalah sekitar 16,5 jam! Wow, jauh dibandingkan dengan di Indonesia yang hanya sekitar 12 jam. Waktu shalat isya (alias tarawih) adalah sekitar jam setengah 10, sehingga kalau misal secara kasar shalat isya dan tarawih memakan waktu 1 jam, selesai semuanya adalah sekitar jam setengah 11 dan kita hanya punya waktu sekitar 4 jam untuk tidur dan kemudian bangun untuk makan sahur.

Namun tunggu dulu, lamanya waktu puasa di Korea tidak ada apa-apanya dibandingkan dengan apa yang dialami oleh saudara-saudara kita di Eropa. Di sana, rentang waktu puasa adalah antara 16,5-21 jam! Di Italia, Inggris, Perancis, dan Jerman sama seperti di Korea, naik ke Spanyol waktu puasa sekitar 17,5 jam, di Belanda dan Belgia sekitar 18,5 jam, di Islandia, Swedia, dan Norwegia jumlah jam puasa sekitar 20 jam, dan rekor tertinggi jumlah jam puasa adalah di Denmark selama 21 jam!

Sebagai perbandingan, jumlah jam puasa di Timur Tengah rata-rata berkisar antara 14-15 jam. Di Irak, Kuwait, Suriah, Libya, Aljazair, Maroko, dan Sudan, waktu puasa sekitar 14 jam. Di Qatar, Yaman, Arab Saudi, Bahrain, Lebanon, dan Palestina sekitar 15 jam, di Iran sekitar 16 jam dan Mesir sekitar 16,5 jam. Untuk negara di belahan bumi bagian Selatan, waktu puasa cenderung sangat singkat, di Brazil misalnya hanya 11 jam, di Afrika Selatan sekitar 10,5 jam, di Australia 10 jam dan rekor terpendek adalah Argentina: 9 jam.

Semua waktu ini akan berubah 180 derajat jika puasa jatuh saat matahari ada di belahan bumi bagian selatan. Beruntunglah bagi kita yang tinggal di Indonesia yang notabene adalah negara tropis sehingga tidak begitu kena dampak dari yang beginian, hehhe.
Wallahu a’lam bish showab.

Sumber: http://nabdapp.com/t/4380716

 
Leave a comment

Posted by on 11 July 2013 in Diary, Islam

 

Tags: , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: