RSS

Berkunjung ke 인사동 (Insa-dong)

13 Jul
sumber gambar: travelblog.org

sumber gambar: travelblog.org

Kali ini aku akan bercerita tentang pengalamanku mengunjungi salah satu pusat perbelanjaan barang-barang seni tradisional khas Korea. Yap, namanya adalah Insa-dong atau dalam hangeul: 인사동. Mungkin ada yang pernah ke sini saat liburan ke Korea, atau minimal pernah tahu. Kalau g pernah tahu pun juga g apa-apa koq.

Buat para pelancong alias foreigner, mengunjungi Insa-dong adalah hal yang wajib. Heem, biasanya para foreigner membeli oleh-oleh di sini. Yep, ini adalah salah satu tempat favorit membeli oleh-oleh tradisional Korea. Sekitar 40% dari kerajinan Korea ada di Insa-dong. Beberapa produk bahkan adalah produk kuno seperti produk zaman Periode Tiga Kerajaan (57 SM-668 M). Item yang paling populer adalah keramik Korea dengan harga mulai dari ratusan ribu sampai jutaan won! Item lainnya yang ada di Insa-dong meliputi hanbok (baju khas Korea), kerajinan tembikar, kaligrafi kuno, mebel antik, hanji (kertas zaman dulu), teh tradisional, souvenir, dan aksesoris lucu khas Korea. Selain itu juga ada kafe, restoran, ateliers, dan galeri khusus kerajinan tangan khas Korea. Bagi para foreigners kompleks semacam ini memang terlihat menggiurkan. Kalau pulang ke negara asal, pasti yang ditagih oleh kerabat adalah OLEH-OLEH, hahaha. Dan Insa-dong adalah salah satu tempat yang aku rekomendasikan.

Sejarahnya, dulu, saat Dinasti Joseon, sepanjang jalan di Insa-dong didominasi oleh Dohwawon, atau tempat studi bagi pelukis. Tidak hanya pelukis saja, para pecinta seni seperti pengrajin kerajinan tangan juga berkumpul di sini. Para pecinta seni ini kemudian mendirikan toko di sepanjang gang-gang sempit dan menjadikannya tempat yang unik dengan penuh kerajinan rakyat, tembikar, dan lukisan. Itulah sebabnya sekarang, di Insa-dong banyak toko-toko yang menjual kerajinan tangan khas Korea (tradisi yang masih dijaga sampai sekarang).

Insa-dong membentang sepanjang lebih dari 700 meter antara Anguk-dong Rotary dan Taman Tapgol (Jongno 2-ga). Saat weekend, tepatnya tiap Sabtu mulai pukul 14.00 – 22.00 dan Minggu pukul 10.00 – 22.00, kendaraan tidak diperbolehkan masuk, sehingga hal ini sangat disukai oleh para pelancong. Bagi yang mau ke sini, sangat mudah, tinggal ke Anguk Station (안국역) di Line 3 keluar exit nomor 6 kemudian jalan sekitar 50 meter. Kalau dari Seoul Station ke Anguk Station, bisa via Subway ke Jongno 3 ga (종로 3가) kemudian transfer ke Anguk. FYI, Insa-dong juga dekat dengan tempat wisata lainnya seperti Sungai Cheonggyecheon dan Gyeongbokgung (istana kerajaan selama Dinasti Joseon).

 
 

Tags: , ,

3 responses to “Berkunjung ke 인사동 (Insa-dong)

  1. feby famela

    24 July 2013 at 15:34

    안 녕하셔요 , 오빠 ^^.. untuk mdptkan beasiswa LN, hrs toefl ibt ya oppa? karena saya msh awam nih ttg info beasiswa LN hhe. 감 사함니 다🙂

     
    • Mujiya Ulkhaq

      25 July 2013 at 09:48

      tergantung itu mah. Tergantung persyaratan yg dikeluarkan di empunya beasiswa, tapi biasanya 80, tapi ada juga yang 85

       

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: