RSS

Berburu Oleh-Oleh di 남대문 시장 [Namdaemun Market]

14 Jul
sumber gambar: english.visitkorea.or.kr

sumber gambar: english.visitkorea.or.kr

Setelah kemaren membicarakan tentang Insa-dong, sekarang kita akan membahas Namdaemun Market. Bagi para wisatawan yang mau ke Korea, Pasar Namdaemun merupakan salah satu spot yang harus dan kudu didatangi. Nah, sebenarnya apa sih keistimewaan dari Pasar ini, mengapa sebegitu terkenalnya, sampai-sampai jadi objek wisata yang wajib dikunjungi saat bepergian ke Korea. Kalau menurutku si pasar ini tidak begitu istimewa, sama seperti pasar-pasar biasanya, hehehe. Dari sisi ukuran, Namdaemun (yang merupakan pasar tradisional terbesar bedasarkan visitseoul.net) berukuran (hanya) 66.116 meter persegi, masih kalah dengan Pasar Tanah Abang. Terdapat sekitar 10.000 toko dengan jumlah pengunjung rata-rata adalah 40.000 per hari (seperempatnya adalah wisatawan asing).

Dari sisi historis, Pasar Namdaemun adalah pasar tertua, mulai beroperasi pada tahun 1414 saat pemerintahan Raja Taejong (1367-1422, raja ketiga di era Joseon). Saat itu, pemerintah membangun pertokoan di sekitar Namdaemun (Namdaemun artinya The South Gate: 남 /nam/ artinya selatan; 대문 /dae-mun/ artinya pintu gerbang). Seiring bertambahnya waktu, pasar menjadi besar sampai tahun 1922 ketika Jepang mengambil alih manajemen pasar pada masa pendudukannya di Korea. Hal ini berlangsung sampai tahun 1945 ketika Warga Korea berhasil mengambil alih kembali. Namun malang, ketika terjadi perang saudara, pasar ini hancur karena mengalami kebakaran pada tahun 1953. Akhirnya pada tahun 1954 didirikanlah Seoul Namdaemun Market Co. Ltd. yang bertujuan untuk membangun kembali pasar sekaligus mengembalikannya dari keterpurukan. Sampai sekarang beberapa renovasi telah dilakukan mulai dari tahun 1968, 1975, 2007, dan yang terakhir pada tahun 2010.

20131102_145611Namdaemun boleh dikatakan pasar serba ada, mulai dari pakaian (anak-anak, dewasa, dan tradisional), makanan, kebutuhan sehari-hari, aksesoris, kerajinan tangan, dll (tapi jangan samin, dikau tidak akan menemukan material di sini, semacam semen, pasir, dan batu bata). So, wajar kalau Namdamun merupakan pasar yang sibuk. Pasarnya mulai buka dari pagi (mulai jam 9 atau jam 10) sampai pagi lagi (sekitar jam 2 atau jam 3 subuh). Buka setiap hari, namun khusus di hari Minggu gedung-gedung nya tutup, hanya pedagang yang ada di jalan dan emperan saja yang masih buka. Untuk ke Pasar Namdaemun sangat mudah, tinggal menggunakan subway (kereta) berhenti di Statiun 회현 /Hoehyeon/ di Line 4. Keluar exit 5 kita sudah berada di depan Gate 5 (total ada delapan gate).

Nah, sedikit tips untuk yang mau berbelanja ke Pasar Namdaemun. Kalau mau belanja di sini, usahakan HANYA belanja oleh-oleh semacam gantungan kunci, hiasan dinding, dan souvenir lainnya khas Korea. Untuk urusan yang beginian, Namdaemun yang paling murah, jangan pernah tergoda untuk beli di Myeongdong (mahal banget), Insa-dong, atau bahkan Dongdaemun. Namun kalau mau belanja pakaian bagi yang suka fashion, Namdaemun bukanlah pilihan yang tepat, namanya juga pasar tradisional. Dan satu lagi tips adalah jangan beli oleh-oleh dari penjual yang ada di pinggir jalan (atau tengah jalan). Namun pergi lah ke Orange Building, suatu bangunan berwarna oranye (kalau di peta adalah D Building), belilah di sana souvenir khas Korea, di lantai 2. Dijamin lebih murah daripada yang ada di luar. Oh ya satu lagi, kalau mau ke sini, bawalah uang cash, di sini tidak menerima pembayaran menggunakan kartu kredit apalagi kartu debet (ada si beberapa toko yang menerima, tapi sebagian besar tidak).

Selamat Belanja ^_^

namdaemun

sumber gambar: namdaemunmarket.co.kr

 
4 Comments

Posted by on 14 July 2013 in Belanja, Diary, Korea, Korean's Life

 

Tags: , , , ,

4 responses to “Berburu Oleh-Oleh di 남대문 시장 [Namdaemun Market]

  1. santi

    3 January 2015 at 22:07

    belajar yah di korea? msh disana? sy ada rencana mah ke korea agustus 2015…mungkin bisa jd guide sy?
    mau tanya utk independence day nya korea (15 agustus) tempat wisata dan pusat perbelanjaannya buka seperti biasa atau tutup?
    thx yah..

     
    • Mujiya Ulkhaq

      6 February 2015 at 14:41

      wah agustus 2015 dah g dikorea lagi….
      u/ hari kemerdekaan ada yg buka ada yg tutup…

       
  2. marsella

    9 January 2015 at 13:43

    hello, bole minta email nya? mau nny”🙂

     
    • Mujiya Ulkhaq

      14 January 2015 at 15:47

      iya… silakan, klo mau nanya seputar travel di korea silakan kirim email ke: ulkhaq@naver.com

       

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: