RSS

My 2nd Conference in Korea

14 Aug

Alhamdulillah lagi for my 2nd conference. Baru selang empat bulan dari conference pertamaku, pada hari ini aku sudah merasakan conference keduaku. Conference kali ini merupakan suatu simposium bilateral antara Korea dan China yang rutin diadakan setahun sekali pada musim panas (summer) dan ini adalah kali ke-12 diselenggarakan. Namanya adalah the 12th Korea-Chine Quality Symposium sponsored by National Research Foundation of Korea dan National Natural Science Foundation of China. Tema yang diambil adalah Business Excellence through Quality Innovation. Venue ada di Seoul National University (SNU), Seoul dan diselenggarakan pada Hari Senin-Rabu, 12-14 Agustus 2013.

Scope dari conference ini sebenarnya hampir sama dengan conference pertamaku, yakni meliputi: Quality Management; Organizational Performance Measurement; Knowledge Management; Productivity Improvement; Quality Engineering; Quality Evaluation & Quality Prize; Statistical Engineering; Process  Implementation; Organizational Learning; E-business Quality Study; Statistical Process Control; Six Sigma; Quality Design; Technology Innovation; Concurrent Engineering; Standardization Requirements; Building up People, Teams and Excellence. Inti dari conference ini adalah hari ke-2, karena hari pertama adalah penyambutan tamu (terutama yang baru datang dari China), dan hari ke-3 adalah Tour.

Ada tiga keynote speaker yang diundang, yakni: Prof. Zhen HE dari Tianjin University yang membawakan presentasi dengan judul Enhancing the Future Impact of Six-Sigma Management. Keynote Speaker yang kedua berasal dari KSA (Korean Standards Association), Kyung Geun Lee, Center Direction, dan yang terakhir adalah Kyung Bin Chun, Vice President dari Samsung Electronics. Yang terkesan adalah yang terakhir sih menurut gw, si Mr. Chun ini menjelaskan mulai dari sejarah Samsung untuk mengedepankan kualitas, bagaimana prosesnya sampai menjadi seperti yang sekarang ini. Ternyata jalannya sangat terjal dan butuh usaha keras dan mandi keringat buat menjadi Samsung yang kita kenal sekarang, hohoho.

Untuk presentasinya dibagi tiga sesi: A dan B dengan masing-masing subsesi ada empat presentasi. Namun banyak yang tidak datang pada presentasi kali ini, terutama yang dari China.

  • A1: Statistical Quality Control/Statistical Process Control (I);
  • A2: Design of Experiment;
  • A3: Quality Management/Service Quality (I);
  • B1: Statistical Quality Control/Statistical Process Control (II);
  • B2: Quality Measurement;
  • B3: Quality Management/Service Quality (II);
  • C1: Statistical Quality Control/Statistical Process Control (III);
  • C2: Product Design/Technology;
  • C3: Reliability/Product Liability.

Aku masuk ke Sesi A1 dengan judul presentasi “Efficient Average Run Length Computation for ARMA Chart”. Kalau pada conference yang pertama sangat sangat dan sangat nervous, maklum ngomong bahasa Inggris didepan banyak professor gitu kan, takut g bisa ngomong, takut salah, beribet, dkk dll, namun sekarang Alhamdulillah nervousnya udah agak ilang, dah mendingan lah.. Emang bener koq… pengalaman itu mahal harganya (kagak nyambung).

 
4 Comments

Posted by on 14 August 2013 in Beasiswa, Diary, Korean's Life

 

Tags: , , , , , , ,

4 responses to “My 2nd Conference in Korea

  1. Sally yustisiana

    27 December 2015 at 14:14

    Ass. Nama aku sally yustisiana. Aku mahasiswa jurusan pertanian fakultas pertanian dan peternakan universitas islam negeri sultan syarif kasim riau. Aku di sini mau menanyakan bagaimana cara kita agak mendapatkan beasiswa di negara gingseng korea. Karena setelah selesai s1 ini aku ingin melanjutkan pendidikan ku disana. Mohon sarannya. Terimakasih. Wassalam.

     
    • Mujiya Ulkhaq

      2 January 2016 at 13:31

      ada banyak kok beasiswa ke korea…. misal LPDP, KGSP, dan yg lainnya

       
      • Sally yustisiana

        6 March 2016 at 15:49

        Aku rencana nya mau coba masukin di UST. Beberapa petunjuk sudah aku dalami. Belajar bahasa korea juga sudah aku mulai walau otodidak. Jadi untuk kakak. Aku mohon bimbingannya. Kalau ada info tentang beasiswa s2 di korea konfirmasi aku ya kak. Terimakasih. Wassalam.

         

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: