RSS

Everland

19 Sep
sumber gambar: wikipedia.com

sumber gambar: wikipedia.com

Mungkin bagi traveler yang mau ke Korea, Everland merupakan suatu objek wisata yang wajib dan kudu untuk dikunjungi, hehehe. Tidak salah koq memang kata wajib disematkan di depan kata dikunjungi. Everland merupakan theme park/amusement park terbesar di Korea dengan 6.6 juta total pengunjung dan mendapatkan ranking ke-13 di dunia sebagai amusement park terramai pada 2011. Kalau kita lihat sejarahnya, Everland yang dimiliki oleh Samsung Everland ini (yang merupakan anak perusahaan dari Samsung Group) dibuka pada tahun 1976 sebagai the first family park in Korea dengan nama Yongin Jayeon Nongwon. Kemudian diganti menjadi Everland untuk memudahkan pengucapan dan agar lebih familiar buat para foreigner.

Kalau mau ke Everland, ini juga agak ribet karena berada di luar kota Seoul, tepatnya di Kota Yongin. Sebenernya si deket dari kota tempat gw tinggal (Suwon), hehehe. Kalau dari Suwon, tinggal naik subway (kereta) naik dari Yeongtong Station ke arah Wangsimni, kemudian transfer dari Giheung Station, terus nyambung lagi ke Ever Line dan berhenti di Jeondae Everland Station keluar Exit 3. Dari sini kita bisa naik Shuttle Bus gratis ke Everland. Shuttle bus ini melayani dari pukul 05:30-23:30, jadi hati-hati dengan waktu ya, jangan sampai keenakan maen terus ketinggalan bus terakhir deh hehehe.

Jam buka Everland beragam, per hari dan per season beda-beda, saat ini si pas weekdays buka dari 10.00 sampai 22.00, sabtu dari jam 10.00-20.00, dan minggu serta hari libur dari jam 09.30 sampai 22.00. Kalau mau lebih detailnya bisa lihat di sini. Kemudian mengenai tiket masuk, sebenernya agak mahal si, kalau biasanya full satu hari untuk dewasa harga tiket masuk bisa mencapai 46.000 Won, anak-anak dan remaja 36.000 Won, sedangkan untuk tiket setengah hari (mulai jam 17.00) adalah 38.000 untuk dewasa dan anak-anak dan remaja sebesar 29.000. Dan ini tidak termasuk beberapa wahana yang harus bayar lagi kalau masuk T_T, misalnya rumah hantu, hohoho. Namun tenang, untuk foreigner kadang ada diskon kok, biasanya 40% dari harga asli (37.000 Won untuk dewasa dan 29.000 untuk anak-anak dan remaja – tiket full one day).

Everland menawarkan “the world of festival” yang bertema berbeda di tiap bulannya. Pada Bulan Januari dan Februari, ada Snow Festival, kebayang kan kaya apa, di mana Everland, tertutuo dengan salju, wow, pasti indah. Kemudian di bulan Maret dan April ada Tulip Festival, wah pasti keren and very beautiful, bagi yang suka bebungaan wajib nih datang ke sini di bulan Maret atau April hehehe. Next di bulan Mei dan Juni, ada Festival Mawar, di mana pada bulan ini, bunga mawar sedang merekah dengan indahnya. Pada Bulan Juni dan Agustus ada Summer Splash, di mana akan ada water splash di mana-mana untuk “berperang” melawan panasnya musim panas. Kemudian pada Bulan November dan Desember adalah Christmas Fantasy, dan saat ini ada Halloween & Horror Night yang diadakan setiap Bulan September dan Oktober. So pemandangan horor sudah menghantui kami pas masuk ke Everland, hehehe.

Kali ini gw bersama enam orang lain, ada There, Mas Fadhil, Johan, Jane, Titus dan Mbak Riska, dua orang pendatang dari Busan, hohoho. Kita memanfaatkan libur Chuseok sehingga bisa ke sini saat weekday. Meski begitu, tapi di sini ramai banget, bahkan sebelum dibuka pun kita masih harus mengantre. E buset dah. Masuk ke Everland, kita langsung tancap gas, wahana bergenre “thriller” kita sambangi, misalkan, Hurricane, Double Rock Spin, Let’s Twist, Rolling X-Train, Rotating House, dst. Yang paling keren tentu saja adalah T Express, yang merupakan the first wooden roller coaster and the largest di Korea Selatan, atau wooden roller coaster yang terpanjang ke-6 di dunia dengan panjang 1.779 m, dan juga paling curam dengan sudut mencapai 77 derajat! Dan untuk naik ini, kita harus antre selama 2 jam! Dan kerennya adalah kita naik T Express di malam hari. Wow, thriller banget lah pokoknya, hahaha. Sungguh pengalaman yang tak terlupakan.

Credit untuk koh Johan atas foto-fotonya yang bisa dilihat di sini.

 
1 Comment

Posted by on 19 September 2013 in Diary, Korea, Travelling

 

Tags: , ,

One response to “Everland

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: