RSS

My 3rd Conference in Korea

15 Nov

1465275_538601072892086_508617121_nMeski bukan international conference (seperti conference keduaku) dan tidak se-deg-deg-an conference pertamaku, namun conference ketigaku ini tetaplah berarti dan terkesan, hehehe. Conference ketigaku ini bertajuk KIIE (Korean Institute of Industrial Engineers) Autumn Conference 2013, atau dalam bahasa Korea: 대한산업공학회 2013 추계학술대회. Seperti sudah bisa ditebak, conference ini mempertemukan para scholar dari bidang ilmu Teknik Industri (Industrial Engineering), namun tidak menutup kemungkinan dari bidang ilmu yang lain, karena sekarang cabang ilmu sudah men-diverse sedemikian hingga. Sebagai penyelenggara conference ini adalah KIIE. Venue-nya ada di Sungkyunkwan University dan tanggal pelaksanaannya adalah 15 Nopember 2013, tepat pada hari Jumat.

Kali ini judul presentasi yang aku bawakan adalah “Parallel Discretization for Computational Efficiency of Average Run Length of ARMA Chart”. Aku dapat jatah sesi ketiga alias yang terakhir dan jadi pembicara yang terakhir juga pada sesi itu. Untuk presentasi dibagi menjadi tiga sesi dan tiap-tiap sesi dipisah menjadi 4 ruangan: Sesi 1 (09.30-10.50), Sesi 2 (11.00-12.40), dan terakhir Sesi 3 (15.50-17.10). Seperti aku sudah bilang di atas, aku ada di Sesi 3 sebagai pembicara terakhir dari 7 pembicara yang ada. Selain presentasi, juga ada sesi poster yang diselenggarakan pada 11.00-12.40.

Yang menarik dari conference ini adalah selain presentasi paper dan juga poster, juga ada kompetisi untuk para undergraduate student, yang berjudul 제5회 산학협력프로젝트경진대회 (The 5th Competition of Industry-University Collaboration Project). Tema yang diusung kali ini adalah tentang Green House Effect, alias efek rumah kaca. Jadi para mahasiswa, selaku calon Industrial Engineers, diminta untuk memaparkan ide-ide mereka untuk mengurangi global warming, yang tentu saja harus ada unsur ke-Teknik Industri-annya. Tentu saja Lab kami tidak mau kalah dengan mengirimkan satu wakilnya yang berjuang untuk mendapatkan peringkat di kompetisi ini. Lumayanlah, juara pertama akan mendapatkan 1 juta won, kedua 500 ribu won, dan ketiga 300 ribu won.

965405_538603586225168_1041203238_oJudul projek mereka adalah SNS 데이터 기반 온실가스 감축 시스템 구현, atau kalau diterjemahkan bebas, The implementation of SNS data-driven to green house emission system. Ah, kagak pas ya, kkk, pokoknya intinya bagaimana mengimplemen-tasikan data yang didapat dari SNS untuk mengurangi efek green house. Satu tim terdiri dari 7 orang, dengan 6 orang mahasiswa undergraduate Kyung Hee University jurusan Industrial & Management System Engineering (selaku ketua tim ada 윤도원 /Dowon Yoon/; dan anggota tim ada: 신영준 /Youngjun Shin/;  석승훈 /Seunghoon Suk/; 박강훈 /Kanghoon Park/; 강민우 /Minwoo Kang/) dan 1 siswa SMA (우지상 /Jisang Woo/). Kehadiran 1 murid SMA ini dikarenakan tim ini ingin mendapatkan tambahan nilai, soalnya kalau mengikutsertakan siswa SMA ke dalam proyek, maka dianggap ikut memperkenalkan disiplin keilmuan Teknik Industri jadi point tambahan akan didapatkan, hehehe.

Namun sayang, meskipun sudah membawa siswa SMA, tim ini tidak mendapatkan apa pun di kompetisi ini. Begitulah yang namanya kompetisi, ada yang kalah dan ada yang menang. Hidup memang berat Jenderal. Tetap Semangat ^_^

 
Leave a comment

Posted by on 15 November 2013 in Beasiswa, Diary, Korean's Life

 

Tags: , , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: