RSS

Menjelajahi 화성행궁 (Hwaseong Palace)

23 Nov

1466227_10152024801398826_455758302_n

Kalau buka situs tripadvisor, dari 41 tempat yang patut dikunjungi di Korea, Hwaseong Fortress mendapatkan ranking yang pertama (Hwaseong Fortress juga sudah ditahbiskan sebagai UNESCO World Cultural Heritage Site pada 6 Desember 1997). Uwow. So, bayangkan ketika berkunjung ke Korea, terutama ke kota Suwon, sungguh rugi rasanya jika tidak menyempatkan diri mampir ke objek wisata bersejarah ini. Aku sendiri yang tinggal di Suwon, baru kali ini berhasil masuk ke Hwaseong setelah dua kali kesorean alias sudah ditutup kkk memalukan banget yak. Kali ini aku berhasil mengunjungi ini Palace karena mengantarkan seorang tamu jauh dari Busan, hehehe. Bersama dengan ketiga orang warga Suwon lainnya, total berlima kami menjelajahi Hwaseong Haenggung ini.

Nah, mengapa judul postingannya adalah Hwaseong Palace padahal di awal aku menyebut Hwaseong Fortress? Apakah ada bedanya? Hmm.. begini, kalau kita lihat di gambar bawah, bahwa Hwaseong Fortress (benteng) adalah keseluruhan dinding yang mengeliling kota Suwon (sebagai benteng pertahanan) dan Hwaseong Haenggung adalah suatu istana (palace) yang ada di tengah-tengah dan didirikan sebagai pusat pemerintahan baru untuk memindahkan pusat pemerintahan kerajaan ke Kota Suwon. Haenggung ini didirikan pada masa Raja Jeongjo dari Dinasti Joseon dari tahun 1794-1796 M.

Hwaseong Haenggung terletak di Kota Suwon, jangan salah kira ya soalnya ada Kota yang namanya Hwaseong dan letaknya di dekat Kota Suwon. Untuk mencapai ke Hwaseong Haenggung dari Seoul memang agak repot karena dia ada di luar kota. So, bisa naik Subway (kereta) dari Seoul Station berhenti ke Suwon Station (Line 1). Setelah itu bisa naik bus no. 11-1, 7, 7-2, atau 32-1 dan turun di Hwaseong Haenggung. Meskipun agak lama tapi worthed kok hehehe. Biaya masuknya adalah 1.500 Won (Dewasa), Remaja 1.000 Won, dan Anak-anak 700 Won. Kalau datang rombongan lebih dari 20 orang bisa lebih murah, yakni: Dewasa 1.200 Won, Remaja 800 Won, dan Anak-anak 500 Won. Jam bukanya adalah jam 09.00-18.00 dari Maret sampai Oktober dan 09.00-17.00 dari November sampai Februari.

Oh ya, bagi penggemar Drama Korea, Hwaseong Haenggung ini juga merupakan tempat syooting film-film ternama, macam Dae Janggeum, Yisan, Warrior Baekdongsoo, The Moon that Embrace the Sun, Rooftop Prince, dan masih banyak lagi. Oh ya kalau ke sini selain melihat si palace, juga ada beberapa atraksi yang cantik yang disuguhkan. Misalnya ada 24 Martial Arts Trial Performance setiap hari kecuali hari Senin pada jam 11.00 dan 15.00. Lokasinya ada di depan Sinpungnu (pintu gerbang), so bisa nonton performance gratisan kalau mau hemat tanpa masuk hehehe. Selain itu ada Nalkseongyeon, acara nari, nyanyi, dan semacam akrobatik, yang merupakan acara perayaan pembangunan Hwaseong Fortress, di lokasi yang sama dengan martial arts tadi setiap Sabtu pukul 14.00. Ada juga guards ceremony setiap hari Minggu pukul 14.00 di tempat yang sama. So, biasanya rutenya adalah pagi datang melihat pertunjukan martial arts, kemudian masuk mengelilingi, siang keluar dan disambut dengan kalau enggak Nalkseongyeong ya guards ceremony (itu pun kalau ke sini hari Sabtu atau Minggu hehehe).

And finally, dokumentasi akan aku posting di sini. Credit for Johan, Mas Favian, dan Mas Bangun atas foto-fotonya kkk ^_^

Scan_20140722_165104

 
Leave a comment

Posted by on 23 November 2013 in Diary, Korea, Travelling

 

Tags: , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: