RSS

Melawat ke Universitas Tertua di Korea: Sungkyunkwan Univ. – 성균관 대학교 (Seoul Campus)

05 May
sumber gambar: wikipedia.org

sumber gambar: wikipedia.org

Mungkin para penggemar Korean Drama banyak yang tahu nama universitas ini, yang memang beken karena ada drama (yang dibintangi oleh Park Yoo-chun, Park Min-young, dan Song Joong-ki) yang namanya langsung mencomot nama universitas ini: Sungkyungkwan Scandal. Namun kali ini gw g mau ngomongin drama itu, tapi gw mau menceritakan pengalaman gw berkunjung ke universitas tertua di Korea ini. Cerita bermula karena gw ngerasa bosen hari libur g ada kegiatan apa-apa, kemudian gw ingat ada salah seorang mahasiswi kampus ini yang menawarkan jadi guide gratis kalau gw pergi ke SKKU (singkatan dari Sungkyungkwan University). Okelah tancap gas, sekalian gw juga ingin tahu seperti apa si SKKU itu, bagus mana dengan kampus gw yang terkenal lebay kkk.

Sejarahnya, SKKU didirikan pada tahun 1398 pada era Joseon, dan seperti sudah aku singgung di atas merupakan univ. pertama saat itu dan menjadikan sebagai univ. tertua di Korea. Awalnya SKKU didirikan sebagai tempat bagi para penganut Konfusius untuk berdoa, belajar, dan mempromosikan ajaran Konfusius. Pada tahun 1895, SKKU kala itu yang sudah terpengaruh modernisasi, mulai membuka program tiga tahun untuk major geografi, sejarah, dan matematika. Pada masa pendudukan Jepang, SKKU hampir ditutup karena dianggap sebagai lambang liberalisme. Puncaknya pada tahun 1910 SKKU diubah namanya menjadi Kyonghagwon. Setelah masa pendudukan Jepang, SKKU kembali dibuka pada tahun 1945 sebagai Myeongnyun College. Pada tahun 1953, College ini diakui sebagai Universitas dan resmi kembali menyandang nama kebesarannya, Sungkyungkwan University. Perkembangan terakhirnya, pada tahun 1979, dibuka SKKU cabang Suwon, yang melayani program ilmu eksakta (Natural Science), sedangkan yang di Seoul dibuka untuk program Humanities dan Social Science.

Oke, untuk mencapai SKKU kampus Seoul, kita bisa naik Subway dan berhenti di Hyehwa Station (Subway Line 4) dan keluar Exit 4. Dari sini kita jalan kaki sekitar 10 menit untuk mencapai Kampus yang letaknya ada di bukit, tentu saja cukup melelahkan karena jalannya mendaki kkk. Namun santai saja, perjalanan ke SKKU tidaklah membosankan, karena jalannya ramai, banyak penjual dan atraksi jalanan. Oh ya, salah satu spot asyik buat nongkrong, Daehangno (대학로) ada cukup dekat dengan SKKU. Mungkin akan aku bahas pada postingan mendatang kkk, di mana Daehangno menawarkan straight theaters, play, pertunjukan musisi jalanan, dan non-verbal performances. Bisa dikatakan anak-anak gahol Korea sering nongkrong di sini. 

Setelah melewati perjalanan nan menanjak dan melelahkan, tiba juga gw di pintu gerbang SKKU. Meski bangunan-bangunannya sudah modern, namun SKKU tetap menjaga bangunan lama yang menjadi ciri khas cikal bakal SKKU hingga menjadi seperti sekarang ini. So, masih ada bangunan kuno yang bisa dinikmati keindahannya, meskipun sudah tidak digunakan sebagai tempat untuk belajar para sholars. Iya dong, kasihan ntar bangunannya dah reot gitu kkk. Penasaran kan, seperti apa dalemnya SKKU? Paduan dari bangunan tua dan modern? Lihat Gallery alias foto-foto dari SKKU di postingan selanjutnya: di sini.

 
 

Tags: , , ,

2 responses to “Melawat ke Universitas Tertua di Korea: Sungkyunkwan Univ. – 성균관 대학교 (Seoul Campus)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: