RSS

Healing at 포천아트밸리 (Pocheon Art Valley)

16 Aug

20140816_110245

Pocheon merupakan suatu kota, masih di Provinsi Gyeonggi. Aku tertarik mengunjungi daerah rural ini karena ingin merasakan lagi nikmatnya berada jauh dari hingar-bingar Korea, terutama Seoul yang semakin padat penghuninya. Plus menghirup udara bersih nan nyaman di daerah pedesaan. Bagi yang tertarik dengan ini, Pocheon merupakan salah satu alternatif (so aku beri judul posting ini… healing, hehehe). Aku berangkat dengan Mas Favian, yang juga memang pengen menghirup udara segar pedesaan, Sabtu pagi, kita berangkat jam delapan dari Suwon Bus Terminal. Salah satu alternatif kalau mau ke PAV via Suwon adalah dengan menggunakan 시외버스 (Intercity Bus). Berangkat dari 수원버스터미널 (Terminal Suwon) ke 포천터미널 (Terminal Pocheon). Harga tiket satu orangnya saat itu 8,000 Won. Agenda saat itu adalah ke Pocheon Art Valley (PAV), yang memang sangat terkenal dan menjadi ikon kota Pocheon. Dari Terminal Pocheon kita bisa naik Bus 67 atau 67-1 ke 포천아트밸리 (Pocheon Art Valley).

20140816_112010Ternyata, lama parah nunggu busnya. Kadang busnya cuma datang 1 jam sekali, ada juga yang datang 4 jam sekali! Pas kita tanya sopir taksi di sana, karena Pocheon kota kecil dan sedikit penduduknya, sehingga frekuensi bus datang tidak secepat yang ada di Seoul atau Suwon. Dan satu informasi lagi yang kita dapatkan, bus 67 atau 67-1 yang seharusnya mengantarkan kita sampai ke depan gerbang PAV tenyata kalau weekend hanya berhenti di satu halte sebelum PAV! Okelah semua yg ingin ke PAV harus turun di sono (gw lupa nama haltenya, tapi untungnya dg pengetahuan bahasa Korea kita bisa tahu klo sopirnya bilang yg mau ke PAV turun depan, bus g belok!) Ah sial, turunlah kita bareng2 dg pengunjung lain di belokan apa gt g tahu namanya. Tapi di belokan itu ada Semacam info kalau ini sudah masuk area PAV (lihat foto heading posting). Kita pikir kalo 1 halte doang paling barang jalan 10 menit atau kurang. Terus kita lihat kok orang2 Korea barengan kita yang mau ke PAV pada naik taksi. Hmm ada yg tidak beres ini, padahal orang Korea terkenal g males kalao jalan (beda dg orang Indonesia :-p). Dan ternyata jarak dari belokan tadi ke PAV adalah 2.5 km lebih! Untung kita pake taksi … fyuh.

PAV awalnya merupakan tambang granit yang beroperasi pada tahun 1960an sampai 1990an. Kemudian menjadi teronggok tidak terurus karena produksi dihentikan. Mungkin sayang kali ya, pemerintah kota pun membangun kembali pada tahun 2009 dan jadilah PAV ini. Di dalamnya dibangun exhibition rooms, cafe, outdoor performance stage, walking paths, dan.. monorail! Ada juga danau buatan, namanya Danau Cheonjuho, digali dari batuan granit yang airnya diisi dari air hujan dari mata air. Kedalaman paling dalam adalah 20 meter dan tidak terbuka untuk umum (karena alasan menjaga kualitas air dan juga keselamatan pengunjung).

Harga tiket masuk adalah 3,000 Won per orang (dewasa); untuk pelajar 2,000 won; dan Anak-anak 1,000 won. Untuk sampe ke atas, di mana Danau Cheonjuho terletak, kita bisa jalan kali atau naik monorail seharga 4,500 Won per orang PP (kalau one way 3,500 Won). Kalau jalan kaki katanya 15-20 menitan gitu nyampainya (dan nanjak). Sungguh wisata fisik, apalagi kalau tadi kita jalan kaki wkwkwk. Pemandangannya kalau dikatakan bagus, ya g bagus-bagus amat si kayaknya kkk. Tapi g jelek2 juga. Capek kali y di perjalanan.Di atas selain ada Danau buatan tadi, juga ada taman yang penuh dengan patung-patung yang mengejutkan! Kemudian ada Astronomical Science Museum, Outdoor Performance Hall, dan 소원의 하늘정원, kalau diterjemahkan bebas adalah Wishes’ Sky Park. Di sini ada ratusan permintaan yang ditulis pada kertas berbentuk hati dan digantungkan di dinding-dinding. Selain itu juga ada 막걸리 미글루 (Makkeolli Iglo), yang merupakan rumah Iglo yang terbuat dari Makkeolli (anggur tradisional Korea).

Sudah puas setengah hari di PAV, kemudian kita akan melanjutkan perjalanan ke Pocheon Herb Island yang juga masih terdapat di Kota Pocheon. Namun sekarang terganjal dengan ke sananya gmana. Keluar dari PAV kita harus nyari taksi karena g ada bus kan, semua pada pake mobil. Oke. Udah dapet taksi eh, si sopir “mengkhianati” kita, katanya ntar, mau ke luar bentar nganter pelanggan (sampe ke pertigaan tadi). Kita diminta nungguin, Oke lah. Karena lama (pake banget) akhirnya kita memtuskan untuk jalan aja, siapa tahu ketemu taksi laen atau taksi yg tadi. Dan ternyata sepanjang jalan dari PAV ke pertigaan macet total! Oke ini menjelaskan kenapa taksinya lama banget. Terlaksana dong jalan sepanjang 2.5 km dan belum makan siang pula. Di sana tidak ada restoran yg jual nasi. Sedih, adanya cuma cafe yang jual roti and brownies gitu, Kalo kata orang Jawa, g nendang cuy, perut nasi dikasih roti kkk.

Foto-foto dari Pocheon Art Valley ada di posting berikut ya.

10628010_10203035990833926_7117676225951518697_n

10577005_10203035990593920_8705318807210418186_n

 
5 Comments

Posted by on 16 August 2014 in Diary, Korea, Travelling

 

Tags: , ,

5 responses to “Healing at 포천아트밸리 (Pocheon Art Valley)

  1. rekno

    4 February 2015 at 22:36

    Wah mantepp bgtt tulisannya bang🙂

     
    • Mujiya Ulkhaq

      6 February 2015 at 14:37

      terima kasih ^_^

       
  2. Jastis Arimba

    23 April 2015 at 15:35

    Keren tulisan nya. sangat membantu saya, karena inshaa Alloh saya akan ke Seoul pada senin besok. by the way dirimu masih stay di korea atau sudah kembali Ke Indonesia. oh iya perkenalkan, Saya Jastis Arimba, saya kerja di Eagle Institute Indonesia, Metro TV dan mulai senin besok saya ada kunjungan worksop, sendiri mewakil Metro TV di KBS Seoul.
    seandainya anda dikorea mungkin kita bisa bersilaturahim..hehehhe. oh iya ini alamat email saya : punyajastis@gmail.com.Terimakasih sebelumnya..

     
    • Mujiya Ulkhaq

      1 August 2015 at 20:13

      sayang sekali saya sudah di indo hehehe

       

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: