RSS

Jumlah Ayat dalam Alquran

05 Aug

Postingan kali ini gw ambil dari status Facebook (tanpa proses edit) tertanggal 5 Agustus 2015.
Berikut tautan link-nya: https://goo.gl/MRq84C.

ayat
Suatu ketika pas gw numpang tidur di salah satu kos mahasiswa #dosenkere, si doi membanggakan kecepatan internet di situ–gw g usah bilang berapa yes karena bukan kecepatannya yg mau gw bahas, tapi pasword wifi-nya. Passwordnya: 1301146666. Mungkin angka itu terkesan random dan susah diingat. Namun ternyata makna dbalik itu adalah: 1 Alquran 30 juz 114 surat 6666 ayat. Subhanallah. Tapi bukan itu kata pertama gw, melainkan kok 6666? Kan jumlah ayat Alquran bukan 6666. Dia terkejut, dan seperti sudah gw kira banyak orang mengira bahwa jumlah ayat Alquran adalah 6666. But wait, it’s not true. Coba aja buka Alquran, jumlahin semua ayatnya. See, hasilnya bukan 6666 (bisa dilihat di foto).

Then, angka itu dapatnya dari mana? Ada yg bilang jumlahin 1+2+3…+114. Well, kita g bodoh, jumlahnya 6555, tambahin lagi semua bismillah yg ada di permulaan setiap surat kecuali di Surat Attaubah (gw pernah bahas hal ini) dan Alfatihah. Tidak 6666 juga. Ada juga blog yg menuliskan “selisih” (6666-6236 = 430) yg ada adalah penjumlahan dari nama Nabi Muhammad (mim huruf ke-24: surat ke-24 jumlah ayatnya 64, ha: 6 dan 165, mim: 24 dan 64; dan dal: 8 dan 75). Kalau dijumlah 430. Wow, kebetulan yang kereeen. =_=#maumandipakeoli

Ibnu Katsir dalam tafsirnya mengatakan, “Tentang jumlah ayat al-Quran ada 6000 ayat. Kemudian ulama berbeda pendapat yang lebih dari angka itu. Diantara mereka berpendapat, tidak lebih dari 6 ribu ayat. Ada yang mengatakan, 6204 ayat. Ada yang mengatakan, 6014 ayat. Ada juga yang mengatakan, 6219 ayat. Ada yang mengatakan, 6225 atau 6226 ayat. Dan ada yang mengatakan, 6236 ayat. Pendapat terakhir ini disampaikan oleh Abu Amr ad-Dani dalam kitab al-Bayan.”

Loh loh loh kok bisa beda2 gmana ini, apa Alquran beda2 versinya? kok bisa g sama si. Santai bro, santai.
Ingat bahwa Alquran tidak diturunkan dalam bentuk gelondongan. Tapi berangsur-angsur dan TIDAK TERTULIS. Rasulullah seseorang yg buta huruf. Beliau mambacakan ulang apa yg “diajarkan kepadanya” kepada shahabatnya. Terkadang diriwayatkan Beliau berhenti membaca dan menarik nafas. Pada saat itu timbul asumsi di situlah ayat itu berhenti dan habis. Sementara yang lain berpandangan bahwa Beliau hanya sekedar berhenti menarik nafas dan tidak ada kaitannya dengan berhentinya suatu ayat. Rasulullah tidak jarang tidak menjelaskan kenapa menarik nafas dan berhenti, apakah menunjukkan penggalan ayat, atau hanya semata-mata menarik nafas karena ayatnya panjang.

Contohlah gini, dalam QS 6:73

وَهُوَ الَّذِي خَلَقَ السَّمَاوَاتِ وَالأرْضَ بِالْحَقِّ وَيَوْمَ يَقُولُ كُنْ فَيَكُونُ قَوْلُهُ الْحَقُّ وَلَهُ الْمُلْكُ يَوْمَ يُنْفَخُ فِي الصُّورِ عَالِمُ الْغَيْبِ وَالشَّهَادَةِ وَهُوَ الْحَكِيمُ الْخَبِيرُ

Kata كُنْ فَيَكُونُ muncul 8 kali dalam Alquran dan semuanya (kecuali ayat ini) merupakan akhir ayat. Tafsir-e-Fazli kemudian menyatakan kalau ayat ini dipecah di kata ini sehingga ada dua ayat. Hal yg sama juga berlaku pada QS 4:173 di mana ayat dipecah pada kata عَذَابًا أَلِيمًا.
Beberapa “variasi” lain juga banyak dan tak elok kalau semua gw kasih di sini.

Tapi itu semua tidak menjawab pertanyaan dari mana muncul angka 6666? Ibnu Huzaim dalam buku “An Nasih wa’l Mansuh” menyatakan bahwa Alquran terdiri dari 1000 ayat tentang wa’ad; 1000 ayat tentang wa’id; 1000 ayat tentang amr; 1000 ayat tentang nahy; 1000 ayat tentang informasi dan kisah-kisah; 1000 ayat tentang larangan dan contoh; 500 ayat tentang kekuasaan; 100 ayat tentang doa dan memuliakan; dan 66 ayat nasih and mansuh. Namun jujur, gw agak sangsi dengan “indahnya” angka ini. Harus diverifikasi lagi kah? G tahu ah gw bukan ahli tafsir. Sementara anggap 6666 berasal dari sini (atau kalau ada yg tahu dari mana sumber angka 6666 itu sila gw dikasih tahu).

Intinya gw mau ngasih tahu bahwa … apa ya, gw juga bingung ama status kali ini. Gw g bilang gini loh ya, angka 6666 itu rekayasa kaum zionis (apa pula yg dimaksud dengan ini) yg ingin memecah belah umat Islam karena itu adalah bilangan setan. Oh please,,, mau main cocok2an lagi? Sini, gw bisa kok main itung2an, mau pake sempoa atau kalkulator?

*MU

 
1 Comment

Posted by on 5 August 2015 in Diary, Islam

 

Tags: , ,

One response to “Jumlah Ayat dalam Alquran

  1. Vixalexa @Watch movie HD

    24 March 2016 at 19:23

    Izin save ya kak makasih🙂

     

Leave a Reply

 
