RSS

Berpetualang di Pantai Pelabuhan Ratu

26 Dec

pelabuhan ratuLiburan panjang kali ini gw akan bercerita tentang pengalaman gw traveling ke salah satu pantai eksotis nan mistis di pesisir Jawa Barat, yap, Pantai Pelabuhan Ratu. Pantai ini terletak di kecamatan Palabuhan Ratu, yang merupakan ibu kota dari Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Letaknya di Barat Daya Jawa Barat, 60 km dari Kota Sukabumi. Liburan ini gw berencana mengunjungi tempat tinggal adik gw yg bekerja di Indonesia Power di PLTP Kamojang, Sukabumi. Ya, sekalian aja lah ya traveling di salah satu objek wisata yang wajib dikunjungi ketika kita tiba di Sukabumi.

Untuk sampai di Pantai Pelabuhan Ratu kita bisa naik kendaraan umum, g susah kok untuk sampai ke sana. Kalau dari Bogor (dari terminal Baranang siang), kita bisa naik bus jurusan Pelabuhan Ratu-Bogor. Ada berbagai bus, namun gw lebih suka Bus MGI yang punya dua alternatif: AC dengan tarif Rp 40.000 dan ekonomi (non-AC) dengan tarif Rp 35.000. Durasi perjalanan lumayan lama, yakni 4 jam hehehe.
Kalau dari Terminal Sukabumi, bisa langsung naik Bus MGI arah Pelabuhan Ratu. Dari Jakarta juga ada, semisal dari Kampung Rambutan atau Kalideres, cari aja yang arah Pelabuhan Ratu, kemudian berhenti di pemberhentian terakhir, yakni di Terminal Pelabuhan Ratu. Dari sini, kita bisa naik ojek sampai ke salah satu pantai di sana, semisal Pantai Citepus, yang merupakan pantai paling deket. Ya kasih lah Rp 5.000 atau kalau kasihan ya tambahin dikit. Karena memang g jauh kok dari terminal ke pantainya, tapi ya kalau jalan kaki lumayan pegel hehehe.

Ombak di Pantai Pelabuhan Ratu tergolong keren alias kenceng banget, jadi tidak disarankan untuk berenang di sini. Dan katanya, di sini merupakan basisnya Nyai Roro Kidul, makanya tadi di atas gw bilang pantai beraroma mistis, hehehe. Pantai ini memiliki keindahan panorama yang khas, yakni perpaduan antara pantai yang curam, pantai yang landai, karang yang terjal yang dilatar belakangi cagar alam hutan dan gunung serta sungai yang aliran derasnya dapat digunakan untuk arung jeram. Kecantikan Pantai Pelabuhan Ratu ini sudah dikenal sejak jaman dulu, sampai-sampai Sang Proklamator kemerdekaan RI, Bung Karno menjadi inisiator untuk bangunan hotel mewah yang menjadi ikon Pantai Pelabuhan Ratu yakni hotel Samudera Beach Hotel.
Meskipun objek wisata ini cukup terkenal sampai ke mancanegara berkat keindahan panorama alamnya, namun jalanan ke sini belum cukup baik, jalanannya masih sempit dan ada perbaikan di sana-sini, bahkan ada salah satu ruas jalan yang dilakukan buka-tutup. Tapi tenang saja, katanya tahun 2017 akan ada proyek pembangunan Bandara Sukabumi, wuih, bisa tambah maju aja nih. Iya si, ini memang usaha yang harus dilakukan mengingat banyaknya objek wisata yang ada di wilayah Sukabumi.

Selain Pantai Citepus (Pantai Pelabuhan Ratu), di Sukabumi masih banyak objek wisata berbasis pantai yang wajib dikunjungi (kapan2 lah kalau gw ke Sukabumi lagi hehehe). Ada Pantai Ujung Genteng, yang juga tidak kalah terkenal dari Pantai Pelabuhan Ratu (dengan durasi perjalanan 3 jam dari Pantai Pelabuhan Ratu). Kemudian ada Pantai Karang Hawu yang mempunyai keunikan berupa batu karang yang menyerupai tungku (dalam bahasa Sunda hawu = tungku), dan juga Pantai Cimaja yang jadi primadona buat para surfer. Selain pantai, di kawasan Pelabuhan Ratu juga ada objek wisata lain yang kudu dikunjungi antara lain: Goa Lalay dan Pemandian Air Panas Cisolok.

 
Leave a comment

Posted by on 26 December 2015 in Diary, Travelling

 

Tags: , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: