RSS

Daily Archives: 5 April 2014

Menengok Rumah Tradisional Korea di Namsangol Hanok Village (남산골 한옥마을)

sumber gambar: www.backpackboy.com

sumber gambar: backpackboy.com

Ternyata, blog gw tentang pengalaman jalan-jalan di Korea lumayan laku juga kkk. Berikut adalah cerita mengenai gw dan salah satu pembaca blog gw yang traveling ke Korea. Jadi si dia, namanya Wulan dan temennya Rani, berrencana untuk ke Korea pada akhir Maret sampai awal April. Karena dia membaca blog gw, so dia menghubungi gw via e-mail dan nanya-nanya tentang itinerary lah, penginepan lah, dan segala macemnya. Of course gw bantu dong, sebagai seorang yang baik hatinya kkk. Setelah mengalami masa-masa ngobrol-ngobrol akhirnya tiba juga mereka di Korea. And then kita ketemuan, dan sampai akhirnya kita memutuskan jalan-jalan bareng dan gw jd guide-nya.

Kali ini gw nemenin mereka untuk melihat rumah tradisional Korea, namanya Hanok (한옥), di Namsangol Hanok Village (남산골 한옥마을). Namsangol ini terletak di Chungmuro, di kaki Gunung Namsan, Seoul (di bawahnya Namsan Tower). Paling enak si naek subway, di Line 3 atau 4 (Chungmuro Station), kemudian keluar exit 4. Kalau mau naik Bus, bisa naik Bus No. 104, 105, 263, 604, atau 7011 dan turun di Twegye 3 (sam)-ga Hanongmaeul. Kemudian jalan ke exit 4 Chungmuro Station. Tidak perlu bayar untuk masuk ke sini alias gratis, hoho, enak lah. Jam bukanya dari mulai pukul 09.00-21.00 (pada bulan April-Oktober), dan 09.00-20.00 (November-Maret). Dan jangan sampai ke sana di hari Selasa karena tutup, hehehe.

Di sini, terdapat koleksi lima Hanok dari Dinasti Joseon (1392-1910) yang merepresentasikan lima jenis “kehidupan”, mulai dari kelas menengah sampai yangban (pejabat tinggi kerajaan). Lima hanok tersebut adalah:

  1. Rumah orang tua Ratu Yun, yang merupakan istri dari Raja Sunjong (raja ke-27 dari Dinasti Joseon);
  2. Rumah Yun Taekyeong, yang merupakan mertua Raja Sunjong;
  3. Rumah Park Yeonghyo, menantu Raja Cheoljong (raja ke-25 dari Dinasti Joseon);
  4. Rumah Lee Seungeop, arsitek dari pembangunan Gyeongbokgung;
  5. Rumah Kim Chunyeong, pejabat militer dari Dinasti Joseon.

And finally, dokumentasi dari kegiatan ini akan aku posting di sini. Credit for Wulan atas foto kkk ^_^

 
Leave a comment

Posted by on 5 April 2014 in Diary, Korea, Travelling

 

Tags: , ,