RSS

Cara Bermain UNO

23 Dec
sumber gambar: wikipedia

sumber gambar: wikipedia

Kali ini aku akan posting sesuatu yang sedikit berbeda, kkk, g penting. Hal ini bermula ketika aku dan Agawon maen UNO dari malem sampe pagi, mungkin 8 jam lebih, kkk. Memang maen UNO itu mengasyikkan, hahaha, apalagi kalau berbanyak orang, rame, plus kalau yang maen pada nyolot, wuih tambah panas suasana. Hahaha. Ngomongin tentang UNO, mungkin tidak sedikit dari kalian yang tidak mengerti bagaimana cara main UNO. Santai saja, jangan bersedih hati, g akan dibilang gaptek kok kalau g bisa maen UNO. Aku saja baru bisa maen UNO pas di Korea, di Indonesia, boro-boro maen, tahu aja enggak. Dan kabar baik bagi kalian yang belum bisa maen UNO, aku akan posting cara maen UNO. Asyikkan, hahaha.

UNO diciptakan oleh Merle Robbins, seorang barbershop owner asal Reading, Ohio, pada tahun 1971. So, UNO berasal dari US ya, bukan dari Spanyol or Italia, meski memang UNO berasal dari bahasa Italia atau Spanyol yang artinya satu. Mr. Robbins, yang suka bermain kartu, kemudian memperkenalkan ini kepada keluarganya dan ternyata mereka suka. Sampai akhirnya Robbins dan keluarganya membuat 5000 pack kartu UNO (dengan biaya US$ 8000). Awalnya UNO hanya dijual di barbershop miliknya, namun lama kelamaan UNO juga dijual di toko-toko di daerahnya. Later, Robbins menjual copyright UNO kepada seorang pemilik funeral asal Joliet, Illinois seharga US$ 50.000 plus royalti sebesar 10 sen per gamenya. Untuk mendongkrak pasar dibentuklah International Games Inc, dan pada tahun 1992 menjadi bagian dari Mattel product line.

Jenis Permainan
Permainan ini diperuntukkan bagi usia di atas 7 tahun dengan jumlah peserta 2-10 orang. Kalau lagi sendiri mending jangan maen UNO. sedih. Kalau kebanyakan bukan maen UNO namanya, tapi arisan.

Jenis Kartu
Satu pack kartu UNO berjumlah 108 yang terdiri dari “kartu biasa” dan “kartu aksi” dengan pembagian sbb:

  • 76 kartu biasa dengan empat warna bernomor 0 sampai 9. Tiap angka terdiri dari dua kartu kecuali 0, maka total ada 19 kartu merah, 19 kartu hijau, 19 kartu biru, dan 19 kartu kuning;
  • 32 kartu aksi yang terdiri dari:
    • 8 kartu draw two (+2): 2 tiap warna;
    • 8 kartu reverse: 2 tiap warna;
    • 8 kartu skip: 2 tiap warna;
    • 4 kartu wild draw four (+4); dan 
    • 4 kartu wild.

Mulai Permainan
Pertama-tama seperti biasa, baca basmalah dulu sebelum bermain. Kemudian kartu dikocok (boleh siapa aja, tapi biasanya yang kalah yang ngocok, tapi kalau baru pertama, yang paling mudalah yang ngocok *bullying). Terus kartu dibagi per orang dengan tiap orang mendapat 7 kartu (jangan tanya mengapa 7, mungkin itu tanggal lahir si Robbins). Sisa kartu kemudian diletakkan tertutup untuk membuat “kartu ambilan”, ya kayak maen kartu lah, pernah maen cangkulan kan ya, kkk. Jangan lupa ambil satu kartu untuk memulai (kita sebut “kartu buangan”). Oh ya, kartu buangan harus kartu biasa, bukan kartu aksi, kalau misal itu adalah kartu aksi, ya ambil lagi lah sampai terbuka kartu biasa, jangan dibuat repot.
Next satu pemain mengawali, biasanya si yang menang yang mengawali, tapi untuk pertama kali, bisa pake gambreng aja. hahaha. Pemain pertama tersebut harus “membuang” kartu yang SAMA WARNA atau SAMA ANGKA dengan kartu buangan tersebut. Misal kartu buangan adalah 7 Merah, maka kamu harus membuang kartu dengan angka 7 (misal 7 biru) atau yang berwarna merah (misal 8 merah). Jika tidak ada, maka silakan “nyangkul” ambil satu kartu dari kartu ambilan, ingat hanya satu kartu. Apabila kartu yang kamu ambil ternyata bisa “dibuang”, maka buanglah kartu itu. Misal kamu ambil kartu dan ternyata dapet 9 merah, maka ia bisa dibuang (karena kartu buangannya 7 Merah). Kalau g bisa, tetep simpan kartu itu, dan lanjut pemain berikutnya. Pemain berikutnya bergerak searah jarum jam. Urut ya, jangan berebut, ini bukan bagi-bagi sembako.
Permainan dilanjutkan terus seperti itu sampai ada salah satu pemain yang kartunya habis. Jadi, inti dari permainan ini adalah menghabiskan kartu ya, jangan bangga apabila kartunya buanyak banget, hehehe.

sumber gambar: unochallenge.asia

sumber gambar: unochallenge.asia

Kartu Aksi
Oh ya, sebelumnya dijelaskan kalau ada dua tipe kartu: kartu biasa dan kartu aksi. Lantas apa kegunaan kartu aksi? Ngaruhnya ke permainan itu apa? O ngaruh banget, ini kartu “bermerek” kalau kataku, kkk. Akan aku jelasin di bawah sesuai dengan jenis-jenis kartu ya (lihat gambar di atas):

  • Kartu Wild Two (+2): Kartu ini hanya bisa dikelaurkan apabila kartu buangan teratas berwarna sama. Misal kartu buangannya merah, maka hanya Wild Two warna merah yang dikeluarkan. Efeknya, pemain yang mengeluarkan kartu ini, pemain sesudahnya harus mengambil dua kartu dari kartu ambilan.
  • Kartu Reverse: kartu ini hanya mengubah arah permainan,misalnya yang awalnya searah jarum jam menjadi berlawanan arah jarum jam. Sama dengan wild two, kartu ini hanya bisa digunakan bisal warnanya sama dengan kartu buangan teratas.
  • Kartu Skip: Apabila ada pemain yang mengeluarkan kartu ini, maka pemain sesudahnya akan dilewati atau di-skip, jadi dia kehilangan kesempatan membuang kartu. Sama dengan wild two dan reverse, kartu ini hanya bisa digunakan bisal warnanya sama dengan kartu buangan teratas
  • Kartu Wild: Enaknya dari kartu ini adalah kartu ini bisa digunakan untuk warna apa saja. Jadi misal kartu buangan teratas adalah merah dan kita kebetulan tidak mempunyai warna merah, maka kartu ini bisa menjadi kartu “penyelamat”. So, ada yang bilang kalau kartu ini adalah kartu yang perlu “diselamatkan”. Mau tahu kenapa? Main UNO dulu, ntar baru tahu kenapa, hahaha. Oh ya, setelah membuang kartu ini, si pemain kemudian menentukan warna apa yang akan digunakan selanjutnya.
  • Kartu Wild Four (+4): Kartu paling OKE. Kita tidak usah ragu-ragu dengan warna kartu buangan teratas. Sama dengan kartu wild, kita bisa mengeluarkan kartu ini regardless warna kartu buangan teratas apa. Dan satu lagi keuntungannya, pemain berikutnya harus mengambil empat kartu dari kartu ambilan. Selanjutnya, pemain yang mengeluarkan wild four harus menentukan warna apa yang akan digunakan selanjutnya.

Nilai
Sebenarnya aku tidak terlalu suka UNO yang ada nilai-nilainya, suka ribet, kkk. Jadi misal ada pemain yang sudah kelar alias menang, maka permainan diakhiri dan dilakukan perhitungan nilai. Pemain dengan nilai paling besar itu yang kalah. Namun kami biasanya tetap melanjutkan permainan dan akan terlihat siapa yang kalah terakhir, hahaha. Apabila peraturan nilai ini dipakai, maka nilainya adalah sebagai berikut: Untuk kartu biasa, maka nilai adalah yang tertera di kartu tersebut, regardless warnanya. Untuk kartu aksi, nilainya berbeda-beda. Draw two, skip, dan reverse bernilai 20 sedangkan wild dan wild four bernilai 50. Jadi kalau main UNO dengan scoring hati-hati aja ya yang “menyimpan” kartu bermerek. Hahaha.

UNO
Then, mengapa dinamakan UNO? Terus terang I don’t know why, but dalam satu peraturannya adalah apabila ada pemain yang hanya tersisa satu kartu, maka ia harus berteriak UNO. Apabila ia tidak berteriak UNO, dan ada pemain lain yang tahu “kelalaiannya”, maka pemain lain bisa berteriak UNO, dan efeknya pemain yang punya satu kartu tersebut harus mengambil dua kartu dari kartu ambilan. Selain itu, jangan pernah berteriak UNO kecuali dalam kondisi di atas: kartu tinggal satu atau mengingatkan “kelalaian” pemain karena kartunya tinggal satu. Efeknya adalah apabila kita berteriak UNO tanpa dua kondisi di atas, maka ia harus mengambil du kartu dari kartu ambilan. So, UNO adalah kata “terlarang”.

Harga UNO
Sudah jelas kan semuanya cara main UNO. Sekarang tinggal beli dah kartunya, hahaha. Harga kartu UNO yang asli lumayan mahal. Kalau di Korea si seharga 12.000-an Won (silakan di-kurs-kan sendiri). Kalau di Indonesia katanya Rp 60 ribuan. Tapi yang KW (selalu ada yang KW) bisa seharga 20-25 ribuan. Bisa dibeli di toko mainan, toko buku, misal Gramedia, departement store semacam Matahari dan Carrefour.

Selamat Bermain ^_^

 
105 Comments

Posted by on 23 December 2013 in Diary, Korean's Life, Lain-lain, Tips

 

Tags: , , , ,

105 responses to “Cara Bermain UNO

  1. Oliva Desfitri

    8 May 2014 at 15:56

    Krrenn

     
  2. kadek wardana

    15 June 2014 at 00:32

    min misalnya ngeluarin 7 biru, temen ku ngeluarin 7 merah. yang menang siapa?

     
    • Mujiya Ulkhaq

      16 June 2014 at 14:14

      lha kan muter itu modelnya.. yg penting ngeluarin kartu sesuai dg nomor atau warna,,, yg ngeluarin berikutnya g masalah mau lebih gedhe atau lebih kecil

       
  3. irvan

    19 June 2014 at 23:03

    thanks min…
    tutorial main unonya sngat membntu..
    up up Hhe

     
    • Mujiya Ulkhaq

      7 November 2014 at 16:52

      terima kasih hehehe

       
  4. arini

    27 July 2014 at 02:13

    kalau si A membuang kartu draw +2, dan si B jg punya draw +2, apakh si B tetap harus mengambil 2 kartu dari kartu ambilan, ataukah si B bisa membuang kartu draw +2 dan tidak perlu mengambil 2 kartu dr kartu ambilan?

     
    • Mujiya Ulkhaq

      28 July 2014 at 00:13

      Tergantung peraturan awal… klo UNO internasional biasanya g bisa membuang kartu.. si B harus mengambil 2 kartu … tp biasanya si anak2 mainnya “si B bisa membuang kartu +2”, istilahnya “ditambahin” hahaha biar seru gt

       
  5. Lag

    8 September 2014 at 14:14

    gan ane main game uno pke android, ane masih bingung kartu yg +4. misalnya lawan ngasih kartu +4 ke ane trus ane dikasih pilihan “ambil” dan “tantang”. klo ane klik tantang trus kalah ane ngambil kartu 6x gan. gimana tuh??

     
    • Mujiya Ulkhaq

      22 September 2014 at 15:59

      ya… untuk UNO&friends, emang ada peraturan kaya gtu….

       
  6. tksdsmpsmakuli

    7 November 2014 at 11:33

    kartu reverse maksudnya gimana ya gak ngarti ane, beri contoh gan dengan pemain A-B-C

     
    • Mujiya Ulkhaq

      7 November 2014 at 16:52

      urutan main (muter) berubah.. misal awalnya muter dari A ke B ke C ke A lagi. kemudian ada B buang kartu reverse, so akan berbalik B ke C ke A ke B lagi

       
      • oura

        23 September 2017 at 21:01

        Itu berlaku seterusnya,atau cuma satu putaran?

         
      • Mujiya Ulkhaq

        6 September 2018 at 15:57

        seterusnya, sampai ada yg ngeluarin reverse lgi

         
  7. zaa

    15 November 2014 at 14:30

    mau post tentang kartu uno nih, boleh ijin ambil buat referensi ya kakak?

     
    • Mujiya Ulkhaq

      23 November 2014 at 17:42

      Silakan… ^_^

       
  8. Faris

    23 December 2014 at 02:28

    gan, ada kejadian nih… si A ngeluarin kartu 4 merah… trus s B ngk punya tuh kartu no 4 ato kartu warna merah, dia punya wild, sama wild+4, dan beberapa kartu selain 4 merah lah… yg anehnya, dia ngk ngeluarin tu kartu wild ato wild+4. dia milih nyangkul. padahal kan dia masih bisa ngeluarin kartu wild ato wild+4nya.
    emang boleh ya kayak gitu gan?

     
    • Mujiya Ulkhaq

      24 December 2014 at 13:22

      boleh2 aja si… hak dia buat menahan tuh kartu buat dikeluarin di saat “yg tepat”, hehehe.
      gw dulu punya temen anak batak,,, klo gw boleh minjem istilahnya dia… dia akan bilang ini kartu yang harus “diselamatkan”, jangan buru2 dibuang dulu maksudnya

       
      • putra

        3 January 2015 at 15:15

        Kak kalau minsalnya cangkulannya udah habis .yang dinyatakan kalah itu yang mana?

         
      • Mujiya Ulkhaq

        5 January 2015 at 15:39

        kalau biasanya si pas abis,, kartu2 yg udah kebuang dikocok lagi,,, trs jadi kartu ambilan

         
  9. Hafid

    9 January 2015 at 23:48

    gan, kalau gini gmna?
    kita ngeluarin wild 2+ , kata agan td org selanjutnya mngambil 2kartu cangkulan.
    kalau saya & tmn2 mainnya ; jika saya ngeluarin 2+ , tp org selanjutnya juga pny 2+ , dan org selanjutnya tidak pnya .. maka org yg ke-3 tsb mencangkul 4kartu..

     
    • Mujiya Ulkhaq

      14 January 2015 at 15:46

      iya…. ada yg pake aturan “nambahin”… so orang yg g punya 2+ lah yg bakal nyangkul sebanyak berapa orang yg ngeluarin 2+ dikali 2
      *dalam game uno&friends peraturan ini g berlaku

       
  10. Nur Azizah (@NurNura7718)

    24 March 2015 at 21:54

    aku suka nihh permainan

     
    • Ahmad Padli

      22 July 2015 at 10:35

      Ane cri posting mau bljar cra main uno, akhirx ktmu lh di dsni, singkat, stlh sya bca ptunjuk cra brmainx smpai hbs aq mlah ga pham2 so ngejlsin ny malah tmbul ngakak lucu bget bro wkwkwkwk…mntaapp lnjutkn..

       
      • Mujiya Ulkhaq

        1 August 2015 at 19:47

        terima kasih sudah mampir hehehe

         
  11. Rikudou Rafli Sugiarto

    4 May 2015 at 05:56

    min kalo misalkan yang main 2 orang.lalu mulailah pertama yang keluar angka7 merah (misalkan)
    nahhhh temen saya ngeluarin kartu wild dia milih warna merah nahhhh saya ikutin wana merah angka 8,tapi 8 saya banyak tapi berwarna beda apakah itu boleh ngikut?

     
    • Mujiya Ulkhaq

      1 August 2015 at 20:15

      ya keluarin gini aja…. 8 merah terus dirangkep sama warna yg laen, misal 8 merah-8 kuning-8 biru, kartu buangan terakhirnya adalah 8 biru, so lawan harus mengeluarkan biru or angka 8

       
      • Joko

        30 November 2015 at 12:46

        Kalau si A ngeluarin dua skip. adakah giliran si B dan si C dihentikan atau skip hanya boleh diletakkan sekali

         
      • Mujiya Ulkhaq

        4 December 2015 at 14:51

        ya dua orang yg di skip

         
  12. Agen Permainan Kartu

    15 July 2015 at 00:39

    Thx tutorialnya. Sekarang gantian gw ajarin temen – temen yang lain

     
  13. Winda

    23 September 2015 at 12:59

    min mau tanya aku beli kartu uni itu ada kyk karu kosong warna ungu 2 biji. ga ada angkanya gt. beli kartuny emang yg kw sih, tpi apakah di uno seri baru itu ada ya klo mimin tau kira2 artinya apa. mkasi

     
    • Mujiya Ulkhaq

      2 January 2016 at 13:39

      oh ya ada memang ungu dua yg g ada gambarnya apa2.. setahu ane g buat apa2an hehehe

       
      • Wulan

        13 June 2016 at 08:13

        Ungu : Kartu Dewa. bisa dibilang kartu serba salah. apabila memainkan kartu ini maka wajib untuk bertukar setumpuk kartu yang kita pegang dengan setumpuk kartu lawan.

         
    • Wulan

      13 June 2016 at 08:15

      Ungu : Kartu Dewa. bisa dibilang kartu serba salah. apabila memainkan kartu ini maka wajib untuk bertukar setumpuk kartu yang kita pegang dengan setumpuk kartu lawan.

       
    • .

      30 October 2017 at 18:24

      Kartu ungu : miror jadi klo lawan ngeluarin kartu (+4 -+2 ) malah kena lawan yg sebelumnya

       
  14. Juragan

    24 September 2015 at 07:17

    Akhirnya ada yang bisa bikin saya mengerti … belajar UNO karena anak dapat kartu dari tempat les nya … Thanks om

     
  15. Early junita

    21 November 2015 at 21:14

    Pengen banget tapi punyanya uno gambar frozen

     
  16. farhan

    28 November 2015 at 04:31

    Baru tau UNO haha nice info
    Btw aku mo nanya pertama kali main kan satu kartu dibuka misal 7 merah pemain 1 ngluarin kartu 7 hijau lantas pemain kedua harus nyamain kartu yg 7 merah ato yg 7 hijau, klo kartu yg buat nyangkul habis trus nglanjut permainannya gimana? Sorry newbie haha

     
    • Mujiya Ulkhaq

      4 December 2015 at 14:51

      yg disamain yg terakhir… kalau kartu pertama 7 merah, pemain 1 ngeluarin 7 hijau, pemain kedua nyamain 7 hijau, bisa 7 biru atau 8 hijau… *asal 7 bisa warna apa aja atau hijau bisa angka apa aja..
      kalau kartu ambilannya habis biasanya diambilin dari kartu yg sudah g kebuang (dikocok ulang)

       
  17. Nadiah khairunnisa

    26 December 2015 at 07:56

    Min, misalnya kartu buangannya warna merah, trus kita punya kartu 4 merah, 3 merah, dan 9 merah. Sama salah satu kartu aksi warna merah. Kalau semuanya dibuang, itu sah kah?

     
    • Mujiya Ulkhaq

      2 January 2016 at 13:33

      g bisa… kalau mau buang lebih dari 1 kartu, maka harus sama angkanya.. misal 4 merah dan 4 biru, atau 3 merah 3 biru 3 kuning…

       
  18. dustin

    8 January 2016 at 18:51

    gan bukan nya kartu yang warna ungu itu buat tuker kartu

     
    • Mujiya Ulkhaq

      9 January 2016 at 12:02

      Ini kartu serba salah gan… kalau buang kartu ini wajib tukeran kartu, setumpuk kartu punya kita dengan setumpuk kartu lawan.
      kalau kami yg maen biasanya g dipake… wkwkwk. kesepakatan aja si

      but thanks koreksinya

       
  19. Andy

    7 March 2016 at 22:20

    min mau tanya, ane beli kartu uno h2o, masa jenis kartunya aneh. ada draw +2, wild +2, wild +1, wild dan wild +4…
    mungkin kartu barukah??

    tolong bantu jelasin min..makasiiiiiii

     
    • Mujiya Ulkhaq

      16 February 2018 at 21:24

      wah baru tahu ada wild +1 hehehe

       
  20. nathan

    14 April 2016 at 03:36

    Min Kalo kita kartunya tinggal satu kan bilang UNO trus kita udah menang?.
    Tapi kalo aku sih nggak klo satu bilang UNO kalo abis UNO GAME

     
    • Mujiya Ulkhaq

      6 September 2018 at 16:05

      enggak, kan masih ada satu kartu
      dan untuk ngeluarin satu kartu tersebut, harus match antara kartu buangan dg kartu kita (alias sama warna atau sama angka)
      bilang UNO cuma buat seru2an aja tapi bukan brarti lgsg menang. Bisa aja dia g jadi menang kalau kartu buangannya beda dg kartu di tangan, kan harus “nyangkul” hehehe

       
  21. Septi

    28 April 2016 at 08:06

    Klo ngeluarin beberapa kartu uno sekali jalan bisa gak?

     
    • Mujiya Ulkhaq

      5 August 2016 at 16:38

      boleh saja.. asal sama warna atau sama angka

       
  22. mosesokta

    27 September 2016 at 10:11

    Ask, misalkan si A ngeluarin +2, trus apa bisa si B ngeluarin +4 ?, Trus kalo bisa, apa si C draw 6 kartu ?

     
    • Mujiya Ulkhaq

      2 October 2016 at 10:45

      iya, bisa… dan selanjutnya draw 6

       
  23. sugeng

    1 October 2016 at 14:03

    min…klo arah gilirannya si A si B si C, D dan E. trus si B buang kartu reverse utk mengubah arah…tuh yang jalan berikutnya siapa ya…si A atau si B lagi.

     
    • Mujiya Ulkhaq

      2 October 2016 at 10:44

      sudah ane jawab ya…. di atas: giliran A

       
  24. sugeng

    1 October 2016 at 14:16

    min misalnya urutan mainnya tu A, B, C, D, E tru giliran si C buang kartu reverse utk si D, tu ngerubah arah permainan…mulainya dari mana tuh min… C dulu sebangai pemain yg buang kartu reverse kmudian B-A-D-E atau B dulu kemudian A-E-D-C

     
    • Mujiya Ulkhaq

      2 October 2016 at 10:43

      urutan A-B-C-D-E… kemudian C buang reverse … so giliran berikutnya adalah B kemudian ke A ke E ke D … dst

       
  25. gujlak gajluk

    4 October 2016 at 17:26

    min klo gue naroh kartu biru angka 5 dibarengin merah angka 5 ,turn selanjutnya itu ikutin warna biru apa merah ya,sedangkan di tun sebelum saya naroh double angka 5 itu kartu warna biru

     
    • Mujiya Ulkhaq

      7 January 2017 at 13:48

      ceritanya naruh dobel kartu ya?
      tggal yg ditaruh di atas apa? Kalau 5 Biru kemudian diikuti 5 Merah, ya selanjutnya ikut warna Merah.

       
  26. Anonim

    14 December 2016 at 15:35

    Min kalo si A ngeluarin +4. Si B cukup nambah +2 atau harus nambah +2 (2x) biar bisa ketangkis tuh +4?

     
    • Mujiya Ulkhaq

      7 January 2017 at 13:37

      g bisa… harus +4 (+2 dan +2 juga g bisa)

       
  27. Alif

    22 December 2016 at 17:38

    min misalkan si A ngeluarin +2, trus si B ngeluarin +4, Trus bisa gak si C ngeluarin +2? Atau harus +4? satu lagi, bisa gk sih ngeluarin kartu reverse sekaligus 2 dan stlh itu arah jalannya kemana?

     
    • Mujiya Ulkhaq

      7 January 2017 at 13:37

      – A ngeluarin +2 B ngeluarin +4… bisa karena “naik grade. Tapi si C HARUS ngeluarin +4 (tidak bisa ngeluarin +2)
      – bisa… jadinya g ada perubahan perputaran sama.. 1 reverse untuk balik arah 2 reverse ya balik lagi. Strategi itu hanya untuk mengurangi jumlah kartu kita aja

       
  28. IndraJS

    31 December 2016 at 00:14

    Halo,admin. Gue pmain newbie nih. Mau tanya dong soal Uno Card. Kalo gue ngeluarin kartu reverse sekali 3 gimana perputaran giliran pemain selanjutnya??? Thanks.

     
    • Mujiya Ulkhaq

      7 January 2017 at 13:33

      ya tggal dilogika aja.
      Misal awalnya permainan berputar searah jarum jam, kamu ngeluarin 3 reverse… jadi 1 reverse jadi berlawanan jarum jam, 2 reverse: searah (balik lagi), 3 reverse: berlawanan.. so jawabannya: berbalik arah hehehe

       
  29. Den

    10 January 2017 at 00:28

    Min mau nanya kalo misalkan permainan sisa 2 org, kartu terakhir si A +2, lalu dia keluarkan tapi B lawan pakai +2 juga.
    Apakah A harus draw 4 atau permainan selesai?

     
    • Mujiya Ulkhaq

      31 January 2017 at 10:04

      si A dan B tinggal berapa kartu?
      Kalau kartu A yang +2 itu kartu terakhirnya si A, ya yg menang si A lah karena setelah A ngeluarin +2, kartu dia kan udah habis

       
  30. dirdaelika

    5 March 2017 at 15:34

    trus kalo ngomong uno itu udh dianggap menang? soalnya temenku mainnya kayak gitu.. setiap bilang uno dianggap pemain yang ngomong itu udh selesai..

     
    • dirdaelika

      5 March 2017 at 16:07

      daaannn…. kalo si pemain A dan B punya kartu wild two, trus si A ngeluarin kartu wild two, trus kalo si B ngeluarin wild two juga, nah itu boleh apa nggak?

       
      • Mujiya Ulkhaq

        13 March 2017 at 22:11

        boleh2 aja… “nambahin” itu mah istilahnya, nanti pemain yg setelah itu yg kasihan

         
    • Mujiya Ulkhaq

      13 March 2017 at 22:13

      dianggap menang kalau kartunya abis. kalau cuma bilang uno berarti kartunya masih tinggal 1 dong, berarti belum menang.

       
  31. Rifqi

    8 March 2017 at 00:32

    min, kalo misalkan pemain tinggal 2 orang, dan kartunya masih lebih dari 2. salah satu pemain ngeluarin refresh, itu modelnya gimana?

     
    • Mujiya Ulkhaq

      13 March 2017 at 22:10

      reverse to, bukan refresh =__=, ya g ngefek… cuma buang kartu aja jatohnya

       
  32. Shb

    24 March 2017 at 13:05

    Misal kartu yang ditumpuk habis gmna kak ?

     
    • Mujiya Ulkhaq

      16 February 2018 at 21:22

      biasanya kartu yg udah dibuang dikumpulin lagi, dikocok, dan dijadikan kartu ambilan

       
  33. TheGamer

    24 March 2017 at 20:06

    Min misalnya kita keluarin skip/reverse.kartu yg warnanya sama dengan kartu tsb bisa ikut di buang ga??

     
    • Mujiya Ulkhaq

      16 February 2018 at 21:22

      tidak bisa

       
    • Aziz

      4 September 2020 at 12:14

      Bang apa ada aturan uno yg kalo kelurakan kartu 0 tumpukan kartu akan berputar sesuai arah putaran kalo keluarkan kartu 7 bisa pilih tukaran tumpukan kartu dengan pemain lain

       
      • Mujiya Ulkhaq

        10 December 2021 at 21:44

        eh emang iya ya,baru tau ada aturan kek gt

         
    • Mujiya Ulkhaq

      10 December 2021 at 21:43

      ndak bisa

       
  34. krisna

    24 April 2017 at 16:05

    Untuk kartu wild two dan wild four, pamain setelahnya harus ambil kartu dan bisa turunin kartu atau lanjut pemain sepanjutnya? Terima kasih

     
    • krisna

      24 April 2017 at 16:13

      Satu lagi, misal saya turunin kartu wild two/four bisa ga pemain selanjutnya turunin kartu reverse, dan kalo itu bisa gimana efeknya?

       
      • Mujiya Ulkhaq

        16 February 2018 at 21:21

        tidak bisa

         
    • Mujiya Ulkhaq

      16 February 2018 at 21:20

      harus ambil kartu +2 atau +4
      then lanjut pemain berikutnya

       
  35. Aladin Ware

    27 May 2017 at 18:02

    wah ada-ada ja ya permainan ini, ruwet cara mainnya

     
  36. nandi719

    2 June 2017 at 19:03

    Min kalau kartu buangannya misalnya 2 merah, trus saya punya 3 kartu 2 berbagai warna itu bisa di kelurin semua

     
    • Mujiya Ulkhaq

      16 February 2018 at 21:13

      bisa

       
  37. arjun266

    8 June 2017 at 22:59

    Min apa boleh ngeluarkan kartu urut ( 1-2-3-4-5 dst) ??

     
    • Mujiya Ulkhaq

      16 February 2018 at 21:13

      silakan saja hahaha

       
  38. ahnaf haidar syakur

    10 July 2017 at 19:09

    Kalo si A punya kartu wild+4 dan si B punya juga habis itu ditaroh dua-duanya nanti bagaimana tuh

     
    • Mujiya Ulkhaq

      19 July 2017 at 21:37

      Pertanyaan serupa pernah saya jawab sebelumny…
      Ini tergantung peraturan awal… kalo UNO internasional biasanya g bisa membuang kartu.. si B harus mengambil 4 kartu … tp biasanya si anak2 mainnya “si B bisa membuang kartu +4”, istilahnya “ditambahin” hahaha biar seru gt.. misal gini.. kalau cuma dua pemain… A buang +4 B buang +4…, kalau A tidak punya +4 lagi.. maka A harus ambil 8 kartu

       
    • Mujiya Ulkhaq

      10 December 2021 at 21:43

      ada aturan yg bilang gini: klo si A ngeluarin +4, setelahnya, B jg ngeluarin +4, maka pemain setelah itu (misalkan C) klo g punya +4 maka ia akan mengambil 8 kartu

       
  39. Raven

    20 August 2017 at 04:56

    Kalo buang kartu wild +2 atau kartu wild +4 lebih dari satu disaat bersamaan boleh gak?

     
    • Mujiya Ulkhaq

      6 September 2018 at 15:58

      let say boleh2 aja…
      namanya “nambahin” hahaha

       
  40. birahitki.blogspot.com

    14 September 2017 at 07:47

    TErus Berkarya artikel nya bermanfaat banget

    birahitki.blogspot.com mampir mapir ya sekali sekali 🙂

     
  41. RadhyA

    17 September 2017 at 12:56

    Kalo misalnya kita keluarin biru 7 tapi musuh g punya kita g punya boleh di buang g kartu kita

     
    • Mujiya Ulkhaq

      16 February 2018 at 21:10

      tidak bisa
      kita jg harus ngambil kartu sampai ketemu nomor 7 atau warna biru

       
  42. RadhyA

    17 September 2017 at 13:38

    Boleh tdk jika kita harus membuang kartu merah tapi kita tidak punya tapi teman juga tidak punya apakah kita boleh mengeluarkan kartu yg berbeda

     
    • Mujiya Ulkhaq

      16 February 2018 at 21:10

      tidak bisa
      harus ngambil kartu … sampai ketemu dg warna atau angka yg sama

       
  43. Panji

    26 October 2017 at 09:39

    Terima kasih min atas penjelasan nya.. Setelah membacanya saya merasa masih tidak paham.. 😑😑

     
  44. andi

    27 November 2017 at 11:38

    min mau tanya ni , klo pemain yg tinggal satu kartu , itu buangnya harus sama angka atau warna juga ? atau langsung aja gitu d buang pas tinggal satu , atau gimana / ane kurang paham hh sorry newbie

     
    • Mujiya Ulkhaq

      6 September 2018 at 15:56

      sama aja, harus sama warna/angka, jangan lupa bilang UNO ya kalau tggal 1

       
  45. Dzakki Alvanno Luke Evendy

    9 December 2017 at 17:15

    Mantap bro bagus hebat sekali trimakasih dah ngasih tau cara maen UNO 🙄

     
  46. Kiana

    3 January 2019 at 22:48

    Makasih info nya kak, aku jadi tau cara main nya

     
  47. Ai

    8 June 2019 at 20:34

    Kalok ngeluarin 0 iguana?

     
    • Mujiya Ulkhaq

      10 December 2021 at 21:41

      ya gk gmna2 haha

       
  48. Mohammad Alif Maulan Hizbullah

    7 January 2020 at 17:32

    Terimakasih ilmunya

     
  49. Kiram Nizam

    6 September 2020 at 09:55

    sangat mengasyikan memang bermain kartu uno… terlebih lagi tahu Cara Bermain Uno

     

Leave a comment